Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 01:37

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

10 Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Jumat 02 Desember 2016 | 17:30 WIB

10 Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

Ilustrasi. (Foto : wisegeek.com)

BERITACIANJUR.COM - Sama seperti darah tinggi, darah rendah juga memiliki dampak negatif yang bisa membuat akitvitas sehari-hari kita terganggu.  Gejala yang paling dirasakan adalah sering merasa pusing, mata berkunang-kunang tanpa alasan yang jelas. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi dan mencegah penyakit darah rendah membayang-bayangi hidup anda.

 

Menurunnya tekanan darah membuat aliran darah tidak mampu mencapai otak atau mampu, tetapi tidak mencukupi sehingga oksigen yang seharusnya dibawa darah ke otak juga tidak sampai atau tidak cukup. Pada gilirannya, ini menyebabkan gangguan kontrol terhadap fungsi tubuh sehingga fungsi tubuh tidak bekerja dengan benar. Karena itu, timbullah gejala-gejala seperti terserang kelelahan, rasa kantuk, bahkan pingsan.

 

Dikutip dari laman Liputan6, Jumat (2/12/2016). Berikut adalah 10 tip untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah tanpa mengonsumsi obat.

 

1. Lakukan diet seimbang

Gizi seimbang adalah yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan segar, dan sayuran. Mereka yang menjalani diet rendah kalori lebih rentan terhadap tekanan darah rendah. Demikian juga mereka yang berat tubuhnya kurang karena sistem nadi mereka yang labil. Tekanan nadi tidak cukup untuk memasok seluruh organ dengan oksigen dan nutrisi. Lagipula, sering kali mereka yang melakukan diet ketat, tidak memperhatikan pasokan gizi yang cukup dan seimbang sehingga tubuh kekurangan zat gizi.

 

2. Banyak minum 

Salah satu cara untuk mempertahankan tekanan darah normal adalah dengan memperbanyak cairan, hingga tubuh terhindar dari dehidrasi. Orang dengan tekanan darah yang rendah harus banyak minum. Semakin encer darah, semakin baik peredarannya di dalam tubuh. Dianjurkan minum 2-3 liter per hari, dan lebih banyak lagi ketika cuaca sedang panas.


3. Hindari kondisi kepanasan

Udara panas bisa menyebabkan mereka yang menderita hypotension mengalami pusing. Hindari sebisa mungkin atau gunakan pelindung saat sedang berada di luar ruangan dalam kondisi cuaca panas.


4. Hindari alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bisa menurunkan tekanan darah dan dehidrasi.


5. Aktif bergerak

Saat baru bangun tidur, sebaiknya jangan langsung bangun, terlebih dahulu lekukan gerakan-gerakan ringan. Hal ini membuat aliran darah yang macet mengalir lagi. Bahkan ketika masih di tempat tidur, lakukan gerakan-gerakan ringan, tinggikan kaki atau lakukan gerakan bersepeda di udara, dengan demikian aliran ke kepala terstimulasi.

 

6. Istirahat setiap kali merasa lelah

Harap diingat, mereka yang mengalami tekanan darah rendah, kapasitas aliran darah yang mengalir ke seluruh organ jumlahnya lebih sedikit. Itulah kenapa, mereka butuh lebih sering beristirahat, terutama saat mengalami kelelahan.

 

7. Mandi dengan suhu hangat dan dingin secara bergantian

Saat mandi, memainkan suhu air hangat dan dingin berganti-ganti dapat menimbulkan energi. Siramkan air melalui pancuran mulai dari kaki hingga dada.


8. Tingkatkan asupan sodium

Sodium banyak ditemukan pada makanan. Sodium juga bagian dari garam. Garam dapat meningkatkan volume darah dan menaikan tekanan darah. Penderita hypotension sebaiknya menambah konsumsi garam, tapi juga jangan sampai berlebihan.


9. Lakukan peregangan 

Lakukan latihan yang bisa memberi efek melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Misalnya, dengan latihan gerakan yoga.


10. Jangan sepelekan sarapan

Mereka yang terbiasa sarapan pagi, cenderung untuk tidak terserang kelelahan di siang hari. Makan lima atau enam kali dalam porsi kecil lebih baik dibanding makan tiga kali dalam porsi besar. Setiap kali setelah makan dalam porsi besar, darah akan tertahan di bagian perut untuk melakukan proses pencernaan, ini membuat tekanan darah turun.

Komentar