Sabtu, 20 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkatkan Produksi Tanaman Kopi, LMDH Mekar Sari Manfaatkan Lahan Tegakan Perhutani

Zenal Mustari

Kamis, 08 Desember 2016 - 16:00 WIB

BC/Zenal Mustari
BC/Zenal Mustari
A A A

BERITACIANJUR.COM, CAMPAKA - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mekar Sari Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, terus berupaya membuat terobosan agar bisa meningkatkan produksi kopi dengan memanfaatkan lahan di bawah tegakan. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan milik Perhutani dengan mengajak semua anggota (LMDH).

Wakil ketua LMDH Mekar Sari Desa Sukajadi, Heru (38) mengungkapkan bahwa, guna meningkatkan hasil dari tanaman kopi. Maka, pihaknya bersama anggota LMDH lainnya manfaatkan lahan tanah milik perhutani yang bada di blok Gunung Gelis atau Gunung Beser.

"Ya, hingga saat ini ada sekitar 7 hektar atau sekitar 14 ribu tanaman kopi jenis arabika itu sudah ditanam di bawah tegakan tanaman pohon pinus yang ada di blok tersebut," katanya kepada "BC", belum lama ini.

Dikatakannya, guna percepat proses tanaman hingga terkejar target waktu hitungan bagus disaat dipanen. Upaya penanaman terus dilakukan yang walau masih dalam kondisi hujan. Kata Heru, jika tak terkejar hingga tak dapat tertanamkan semua bibit tanaman kopi itu. Maka, resiko rusak hingga mati bibit akan terjadi.

"Jadi selain dapat tercapai hitungan bagus di waktu panen nanti juga upaya percepat penanaman ini termasuk upaya menyelamatkan kerugian karena tanaman mati sebelum di tanamkan," katanya.

Lalu Heru mengatakan, kalau untuk bibit kopi ini, ia dapatkan dari Dinas Perkebunan dan guna termanfaatkan, tanaman yersebu Ia langsung tanamkan di lahan milik Perhutani yang alasanya karena. Untuk tanaman kopi jenis Arabika itu, 50 persen harus dibawah naungan pohon besar yang ada disekitar hutan (lahan-red).

"jelasnya, dari kerja sama ini baik LMDH maupun perhutani sama sama diuntungkan yang baik dalam menjaga dan merawat lahan maupun mungkin hasilnya nanti bahkan tak hanya pihak tertentu, untuk warga atau pekerja di sekitar ini (Ciranca-red) sama siuntungkan yang seperti dari jasa kulinya," kata heru.

Sementara itu, salah seorang anggota LMDH tersebut, Jajang (30) mengaku, guna namabah penghasilan. Maka, dikesempatan itu ia turut juga membuka lahan sekitar satu hektar. 

"Ya, guna dapat penghaailan dari luar organisasi. Maka, dengan cara modal pribadi saya juga turut buka lahan perhutani untuk ditanami kopi dibawah tegakan. Dan yang pasti tak mendahulukan prinadi ditas kepentingan organisasi," katanya. (gap)
 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 15 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 20 jam yang lalu

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 20 jam yang lalu

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:10 WIB

BPLHD dan Penyidik Polda Jabar Datangi RSUD, Ada Apa?

SEGUDANG masalah terjadi di RSUD Sayang Cianjur. Tak hanya soal limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibiarkan menumpuk di ruangan terbuka, namun juga terdapat dua masalah besar lainnya yang hingga…

Aktualita 18/01/2018 08:05 WIB

Ini Pembohongan Publik, Wajib Diusut Tuntas

TERUNGKAPNYA kebohongan pernyataan pihak RSUD melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan…