Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 04:04

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Cara Menyelamatkan Diri Ketika Gempa Bumi

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Kamis 08 Desember 2016 | 20:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri Ketika Gempa Bumi

Ilustrasi cara menyelamatkan diri saat gempa. (Foto : socialdiary.pk)

BERITACIANJUR.COM - Pada 7 Desember 2016, gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Aceh, berpusat di kawasan Kabupaten Pidie Jaya, atau sekitar 120 kilometer dari Kota Banda Aceh.

 

Gempa yang terjadi pada sekitar pukul 05.07 wib tersebut mengakibatkan kerusakan parah pada ratusan bangunan di tengah kota Pidie Jaya.

 

Berkaca dari kejadian tersebut, satu di antara cara terbaik untuk menyelamatkan nyawa adalah mempersiapkan diri dalam situasi terburuk sekalipun. Berikut ini cara-cara menyelamatkan diri saat gempa:

 

Jika Berada di Dalam Ruangan

 

1. Jangan berlari
Tujuannya agar Anda terhindar dari benda-benda yang berjatuhan serta risiko terjatuh akibat goncangan lantai.  

 

2. Posisi merangkak
Saat gempa terjadi, segera jatuhkan badan ke lantai dengan posisi seperti merangkak. Hal ini untuk mengurangi risiko terjatuh dan terhindar dari benda di sekitar.

 

3. Lindungi kepala dan leher
Dengan posisi tetap merangkak, lindungi bagian kepala dan leher dengan satu tangan.

 

4. Cari tempat perlindungan
Jika terdapat meja di sekitar Anda, segera merangkak ke sana untuk berlindung. Bila tidak ada meja, merangkaklah mendekati dinding dalam bangunan dan tetap merunduk, lalu lindungi bagian kepala dan leher dengan kedua tangan.

 

Jika gempa terjadi saat tidur, usahakan tetap berada di tempat tidur lalu lindungi bagian kepala dan leher dengan bantal-bantal. Hal ini dikarenakan pada malam hari, tidak ada cahaya yang cukup terutama untuk berlari menyelamatkan diri.

 

5. Tunggu sampai gempa berhenti
Saat berada di area tempat perlindungan, sebaiknya tunggu sampai gempa berhenti.

 

Hindari area yang tidak stabil dan berbahaya

  • Hindari jendela. Saat menunggu gempa berhenti, jauhi area jendela karena terdapat kaca yang mudah pecah.
  • Hindari pintu. Pintu merupakan bagian rumah yang tidak stabil, jadi hindari berlindung di samping pintu untuk mengindari risiko cedera.

 

Jika Berada di Luar Ruangan

  1. Saat berada di luar ruangan, hindari posisi dekat dengan area gedung bertingkat lalu posisikan tubuh dalam keadaan merunduk. Selain itu, lindungi bagian kepala dan leher dengan kedua tangan dan tunggu sampai gempa berhenti.
  2. Saat berada di dalam kendaraan, segera hentikan kendaraan di tempat yang aman (tidak dekat dengan area gedung, pohon, jembatan layang, dan tiang listrik). Setelah itu, tetap diam di dalam mobil sampai gempa berhenti.

 

Perlu diperhatikan saat terjadi bencana, hanya anda yang dapat menolong diri sendiri. Karena itu, tetap tenang agar Anda dapat mengambil langkah penyelamatan yang tepat. (bbs)

Komentar