Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Cara Menyelamatkan Diri Ketika Gempa Bumi

Rifqi Dahwan Aziz

Kamis, 08 Desember 2016 - 20:00 WIB

Ilustrasi cara menyelamatkan diri saat gempa. (Foto : socialdiary.pk)
Ilustrasi cara menyelamatkan diri saat gempa. (Foto : socialdiary.pk)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Pada 7 Desember 2016, gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Aceh, berpusat di kawasan Kabupaten Pidie Jaya, atau sekitar 120 kilometer dari Kota Banda Aceh.

Gempa yang terjadi pada sekitar pukul 05.07 wib tersebut mengakibatkan kerusakan parah pada ratusan bangunan di tengah kota Pidie Jaya.

Berkaca dari kejadian tersebut, satu di antara cara terbaik untuk menyelamatkan nyawa adalah mempersiapkan diri dalam situasi terburuk sekalipun. Berikut ini cara-cara menyelamatkan diri saat gempa:

Jika Berada di Dalam Ruangan

1. Jangan berlari
Tujuannya agar Anda terhindar dari benda-benda yang berjatuhan serta risiko terjatuh akibat goncangan lantai.  

2. Posisi merangkak
Saat gempa terjadi, segera jatuhkan badan ke lantai dengan posisi seperti merangkak. Hal ini untuk mengurangi risiko terjatuh dan terhindar dari benda di sekitar.

3. Lindungi kepala dan leher
Dengan posisi tetap merangkak, lindungi bagian kepala dan leher dengan satu tangan.

4. Cari tempat perlindungan
Jika terdapat meja di sekitar Anda, segera merangkak ke sana untuk berlindung. Bila tidak ada meja, merangkaklah mendekati dinding dalam bangunan dan tetap merunduk, lalu lindungi bagian kepala dan leher dengan kedua tangan.

Jika gempa terjadi saat tidur, usahakan tetap berada di tempat tidur lalu lindungi bagian kepala dan leher dengan bantal-bantal. Hal ini dikarenakan pada malam hari, tidak ada cahaya yang cukup terutama untuk berlari menyelamatkan diri.

5. Tunggu sampai gempa berhenti
Saat berada di area tempat perlindungan, sebaiknya tunggu sampai gempa berhenti.

Hindari area yang tidak stabil dan berbahaya

  • Hindari jendela. Saat menunggu gempa berhenti, jauhi area jendela karena terdapat kaca yang mudah pecah.
  • Hindari pintu. Pintu merupakan bagian rumah yang tidak stabil, jadi hindari berlindung di samping pintu untuk mengindari risiko cedera.

Jika Berada di Luar Ruangan

  1. Saat berada di luar ruangan, hindari posisi dekat dengan area gedung bertingkat lalu posisikan tubuh dalam keadaan merunduk. Selain itu, lindungi bagian kepala dan leher dengan kedua tangan dan tunggu sampai gempa berhenti.
  2. Saat berada di dalam kendaraan, segera hentikan kendaraan di tempat yang aman (tidak dekat dengan area gedung, pohon, jembatan layang, dan tiang listrik). Setelah itu, tetap diam di dalam mobil sampai gempa berhenti.

Perlu diperhatikan saat terjadi bencana, hanya anda yang dapat menolong diri sendiri. Karena itu, tetap tenang agar Anda dapat mengambil langkah penyelamatan yang tepat. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 33 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 38 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…