Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:49

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

cianjur selatan

Rempah-Rempah Ampuh Obati Gigitan Tomcat

Oleh: Zenal Mustari - Selasa 01 September 2015 | 07:00 WIB

Rempah-Rempah Ampuh Obati Gigitan Tomcat

digigit tomcat/net

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Akhir-akhir ini banyak ditemukan serangga jenis tomcat di beberapa daerah di Cianjur dan sekitarnya, tomcat tersebut kerap menyerang masyarakat dan dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan bagi siapa saja yang digigitnya.

 

Kepala Balai Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPBTPH) Wilayah Campaka, Dian Ardiansah mengatakan, kalau serangan tomcat kepada manusia sebetulnya tidak begitu membahayakan.

 

“Paling hanya terjadi gatal-gatal, bentol, dan bengkak saja serta terdapat semacam air di dalam bentolan tersebut juga tidak ada serangan tomcat yang menyebabkan korbannya bernanah maupun kejang-kejang,” tuturnya, kemarin.

 

Untuk pengobatannya sendiri sebut dia bisa dengan cara tradisional dengan memanfaatkan tanaman rempah-rempah seperti kunyit, kencur, lengkuas, bawang merah atau cukup dikompres menggunakan air hangat. “Itu saja sudah cukup," kata Dian.

 

Kendati tidak berbahaya, Dian mengingatkan kepada masyarakat karena serangga ini sekarang sudah bermigrasi dari lahan pesawahan ke pemukiman.  "Tomcat ini sangat senang tinggal di bawah sinar lampu. Makanya, kami mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan penerangan di sekitar halaman rumah. Supaya tidak memancing kehadiran tomcat atau bisa juga dibuatkan semacam perangkap dengan cara menyimpan penerangan di sekitar halaman tetapi agak jauh dari rumah," ungkapnya. (rus)

Komentar