Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:48

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Mister Clean, Kepergiannya Meninggalkan Banyak Kerinduan

Oleh: kliksaja.co - Senin 12 Desember 2016 | 14:00 WIB

Mister Clean, Kepergiannya Meninggalkan Banyak Kerinduan

Marie Muhammad (Foto : kliksaja.co)

BERITACIANJUR.COM - Namanya sudah jarang muncul di ruang publik. Kabar kepergiannya menyentak. Ucapan duka mengalir memenuhi ruang media. Nadanya hampir sama: banyak yang merindukan sosok ini.

 

Almarhum Mar’ie Muhammad, lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 3 April 1939. Meninggal di Jakarta, pada umur 77 tahun.

 

Jabatan yang paling banyak diingat orang adalah, Menteri Keuangan pada Masa Orde Baru. Publik memberinya gelar paling populer, dan belum ada yang menyandangnya lagi hingga kepergiannya: Mister Clean!

 

Pendidikan terakhirnya Master of Arts In Economics, di Universitas Indonesia. Riwayat pekerjaan pada tahun 1969 – 1972 mengabdi di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI.

 

Pada Tahun 1972-1988 mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Tahun 1988-1993 mengabdi di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen).

 

Pada tahun 1993-1998 sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI. Tahun 2001-2004 sebagai Ketua Oversight Committee (OC) BPPN. Tahun 1999 – 2009, sebagai Ketua Palang Merah Indonesia. Sekarang, masih menjabat sebagai Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI)dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia.

 

Almarhum Mar’ie Muhammad, dimakamkan dalam sebuah prosesi yang dihadiri banyak kerabat, sahabat dan pengagum di Taman Pemakaman Umum (TPU), Tanah Kusir, Jakarta.

 

Meninggal di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta, hari Minggu, 11 Desember 2016, pada pukul 01.37 WIB.

 

Orang-orang tetap mengenangnya sebagai Mister Clean. Sosok yang jujur, bersih dan berani melawan terhadap penyimpangan ini, telah memberikan pelajaran penting bagi bangsa dan negara.

 

Bukan hanya catatan perjalanan yang ditinggalkan dengan baik, tapi juga sosoknya. Republik ini, begitu merindukan Mister Clean-Mister Clean yang baru.

 

Mari mengenang Mar’ie Muhammad, dengan menjadi jujur!

Komentar