Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Empang Gunung Padang, Tempat Pencucian Bebatuan di Lokasi Situs Gunung Padang

Zenal Mustari

Rabu, 14 Desember 2016 - 15:00 WIB

Kecamatan Campaka memiliki banyak destinasi wisata yang sangat layak untuk dikembangkan, diantaranya empang Gunung Padang yang merupakan lokasi wisata yang mempunyai hubungan erat dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. (Foto : BC/Zenal Mustari)
Kecamatan Campaka memiliki banyak destinasi wisata yang sangat layak untuk dikembangkan, diantaranya empang Gunung Padang yang merupakan lokasi wisata yang mempunyai hubungan erat dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. (Foto : BC/Zenal Mustari)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kekayaan dan potensi alam daerah Cianjur bagian selatan memang sangat luar biasa, sejumlah potensi wisata alam banyak terdapat di wilayah itu. Satu diantaranya, Muara Gunung Padang, yang terletak sekitar 300 meter sebelah barat Situs Megalitikum Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka.

Menurut informasi yang dihimpun, destinasi wisata yang baru terjamah oleh masyarakat itu mempunyai keterikatan sejarah dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. Selain, terdapat bebatuan yang sama persis dengan di lokasi Gunung Padang. Dilokasi Muara Gunung Padang itu, terdapat kolam atau empang.  

"Ya, kalau dari hasil cek lokasi, tepatnya 300 meteran dari kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang. Terdapat pula lokasi yang memang tak kalah menarik dan juga miliki sejarah yang sama, yakni ada empang Gunung padang," ujar Camat Campaka M Fatah Rizal, kepada "BC", Selasa (13/12/2016) kemarin.

Rizal mengatakan, mungkin melalui masyarakat yang memang peduli Gunung Padang. Maka, melalui forumnya mereka membuka lokasi yang memang dapat pula dijadikan objek wisata baru di lokasi yang sama.

"Jelasnya, perlu pengkajian lebih dalam dari peneliti. Hanya untuk jelas kita arahkan semua masyarakat ini untuk berpikir logis, yang artinya tidak menjadikan obyek tersebut kearah mistik dan dapat menjauhkan dari hal-hal kemusyrikan," katanya.

Rizal menuturkan, jika dilihat dari lokasi itu memiliki potensi wisata yang dapat meningkatkan PAD desa setempat yang termasuk tidak menutup kemungkinaan menjadi potensi pariwisata Kabupaten Cianjur, bahkan nasional.

"Yang pasti kalau untuk urusan benar atau tidaknya daerah tersebut sebagai cagar budaya. Yang tak kalah penting bahwa dimulai dari sekarang kalau dikawasan empang Gunung Padang ini segera diamankan untuk dilestarikan. Pasalanya, ada wisatawan berspekulasi bahwa jangan-jangan kalau digali terdapat candi," tuturnya.

Fatah menyebutkan, berdasar informasi dari orang terdahulu. Kalau di Kampung Ciukir dan Kampung Empang itu erat juga hubungan dengan Gunung Padang yang seperti dari unsur budayanya.

"Ya, kalau menurut informasi dari orang tua terdahulu bahwa disana itu (Empang Gunung Padang, red) Ada mitos bahwa dulunya batu-batu yang ada di Pasir Karamat itu di ukir lalu di cuci disebuah empang, lalu setelah bersih. Maka, sebagian batu yang dianggap penting dibawa ke Gunung Padang," ucapnya. (gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.