Jumat, 22 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Empang Gunung Padang, Tempat Pencucian Bebatuan di Lokasi Situs Gunung Padang

Zenal Mustari

Rabu, 14 Desember 2016 - 15:00 WIB

Kecamatan Campaka memiliki banyak destinasi wisata yang sangat layak untuk dikembangkan, diantaranya empang Gunung Padang yang merupakan lokasi wisata yang mempunyai hubungan erat dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. (Foto : BC/Zenal Mustari)
Kecamatan Campaka memiliki banyak destinasi wisata yang sangat layak untuk dikembangkan, diantaranya empang Gunung Padang yang merupakan lokasi wisata yang mempunyai hubungan erat dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. (Foto : BC/Zenal Mustari)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kekayaan dan potensi alam daerah Cianjur bagian selatan memang sangat luar biasa, sejumlah potensi wisata alam banyak terdapat di wilayah itu. Satu diantaranya, Muara Gunung Padang, yang terletak sekitar 300 meter sebelah barat Situs Megalitikum Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka.

Menurut informasi yang dihimpun, destinasi wisata yang baru terjamah oleh masyarakat itu mempunyai keterikatan sejarah dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. Selain, terdapat bebatuan yang sama persis dengan di lokasi Gunung Padang. Dilokasi Muara Gunung Padang itu, terdapat kolam atau empang.  

"Ya, kalau dari hasil cek lokasi, tepatnya 300 meteran dari kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang. Terdapat pula lokasi yang memang tak kalah menarik dan juga miliki sejarah yang sama, yakni ada empang Gunung padang," ujar Camat Campaka M Fatah Rizal, kepada "BC", Selasa (13/12/2016) kemarin.

Rizal mengatakan, mungkin melalui masyarakat yang memang peduli Gunung Padang. Maka, melalui forumnya mereka membuka lokasi yang memang dapat pula dijadikan objek wisata baru di lokasi yang sama.

"Jelasnya, perlu pengkajian lebih dalam dari peneliti. Hanya untuk jelas kita arahkan semua masyarakat ini untuk berpikir logis, yang artinya tidak menjadikan obyek tersebut kearah mistik dan dapat menjauhkan dari hal-hal kemusyrikan," katanya.

Rizal menuturkan, jika dilihat dari lokasi itu memiliki potensi wisata yang dapat meningkatkan PAD desa setempat yang termasuk tidak menutup kemungkinaan menjadi potensi pariwisata Kabupaten Cianjur, bahkan nasional.

"Yang pasti kalau untuk urusan benar atau tidaknya daerah tersebut sebagai cagar budaya. Yang tak kalah penting bahwa dimulai dari sekarang kalau dikawasan empang Gunung Padang ini segera diamankan untuk dilestarikan. Pasalanya, ada wisatawan berspekulasi bahwa jangan-jangan kalau digali terdapat candi," tuturnya.

Fatah menyebutkan, berdasar informasi dari orang terdahulu. Kalau di Kampung Ciukir dan Kampung Empang itu erat juga hubungan dengan Gunung Padang yang seperti dari unsur budayanya.

"Ya, kalau menurut informasi dari orang tua terdahulu bahwa disana itu (Empang Gunung Padang, red) Ada mitos bahwa dulunya batu-batu yang ada di Pasir Karamat itu di ukir lalu di cuci disebuah empang, lalu setelah bersih. Maka, sebagian batu yang dianggap penting dibawa ke Gunung Padang," ucapnya. (gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…