Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

4 Kebiasaan Ini Bikin IQ Jongkok!

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 14 Desember 2016 - 19:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Otak dipenuhi dengan beragam otot yang harus dilatih agar memiliki kemampuan yang maksimal baik untuk mengingat, menganalisa, atau menjadi selalu fokus. Penelitian menunjukkan bahwa dua sisi otak bekerja sama untuk memproses setiap informasi yang masuk ke dalam otak. 

Namun beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari bisa membuat IQ menurun. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman merdeka.com, Rabu (14/12/2016).

Konsumsi junk food
Mengonsumsi makanan tidak sehat secara terus-menerus bisa menurunkan IQ. Tingginya glukosa, lemak, atau bahan kimia lainnya di dalam makanan akan memperlambat sel otak dalam mencerna semua informasi. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang berprotein tinggi dan kaya vitamin B yang bermanfaat untuk memperkuat sel otak serta kemampuan untuk mengingat.

Merokok
Kamu bisa memiliki IQ jongkok jika kamu seorang perokok. Sebab merokok akan meningkatkan kadar karbon dioksida dalam tubuh dan mengusir oksigen yang dibutuhkan otak agar bisa berfungsi dengan baik. Terlalu lama merokok mampu menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan neuron di otak.

Stres 
Tingkat stres yang tinggi bisa mengacaukan fungsi otak dan menurunkan IQ. Sekresi hormon stres yang meningkat juga bisa membuatmu berisiko tinggi untuk terkena penyakit Alzheimer.

Multi-tasking
Multi-tasking adalah kebiasaan yang membuatmu melakukan banyak hal secara bersamaan. Namun tanpa disadari multi-tasking akan menempatkan banyak tekanan di otak serta menurunkan IQ. Sehingga solusi terbaiknya adalah fokus pada satu hal dan lakukan hingga selesai.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 33 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 38 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…