Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Karang Taruna Nagasari Akan Buat Kampung Kelinci di Tahun 2017

Cr1

Kamis, 15 Desember 2016 - 15:30 WIB

BC/CR1
BC/CR1
A A A

BERITACIANJUR.COM - Raihan juara II tingkat nasional, tampaknya tidak membuat Karang Taruna Nagasari Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas berpuas diri. Buktinya mereka sudah mengagendakan membuat program merubah satu kampung, menjadi kampung kelinci di tahun 2017.

Program kampung kelinci itu akan dipusatkan di Kampung Bengkok yang  mayoritas warganya memiliki tingkat ekonomi rendah. "Kita terus bergerakan untuk berkarya dan berinovasi, meski sudah berhasil meraih juara di tingkat nasional," ujar Ketua Karang Taruna Nagasari, Deden kepada "BC", Rabu (14/12/2016).

Dirinya ingin, program kampung kelinci yang akan dilaksanakan tahun depan tersebut bisa menjadi Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi masyarakat dan para pemuda di Kampung Bengkok.

"Taraf ekonomi warga di kampung itu rendah, kita berusaha mendorongnya dengan usaha beternak kelinci di setiap rumah," katanya.

Nantinya, sebanyak 20 kandang akan disiapkan pihak karang taruna yang bisa dikelola langsung secara berkelompok oleh warga.

"Sampai saat ini yang sudah mulai beternak kelinci sebanyak 10 KK, khusus pemasarannya kita sudah ada," katanya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Cipanas, Dikdik mengatakan, meski kalah dari Yogyakarta dan meraih juara ke II dalam lomba karang taruna  berprestasi tingkat nasional. Bukan menjadi penghalang pihaknya untuk terus mendorong Karang Taruna Nagasari menciptakan karya dan kreasi yang inovatif.

"Kita bersyukur raihan juara di tingkat nasional, karena bagaimanapun rekan-rekan karang taruna di desa sudah berjuang maksimal," katanya.

Menurutnya, prestasi tersebut bisa memicu dan memotivasi karang taruna desa lain di Kecamatan Cipanas untuk lebih baik lagi.

"Kedepannya Karang Taruna Nagasari bisa mempertahankan dan lebih baik lagi dalam hal berbahkti kepada masyarakat, termasuk menciptakan inovasi-inovasi lagi," harapnya.

Rencananya, penyerahan penghargaan lomba Karang Taruna berprestasi tingkat nasional akan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah dari 19-21 Desember. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.