Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Banyak Gadis Pelajar Cianjur Terjerumus Prostitusi!

Angga Purwanda

Selasa, 01 September 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Ibarat puncak gunung es,  prostitusi di kalangan pelajar di Cianjur masih banyak yang belum terkuak.  Meski satu dua kali ketahuan,  tetapi  praktik  jual beli kehormatan dengan pelaku berusia belia tersebut terus berjalan. 

Berdasarkan data Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur,  tecatat sedikitnya ada belasan anak perempuan berusia sekolah terjaring dalam razia penyakit masyarakat (Pekat) yang rutin di gelar dari periode Januari hingga Juli 2015.

Belasan anak usia sekolah tersebut terjaring razia disejumlah tempat hiburan di Kota Cianjur dan sejumlah warung remang-remang yang ada di kawasan Puncak Cianjur. Mereka rata-rata pelajar SMP dan SMA di Cianjur.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Cianjur, Sulaeman Madna, menyebutkan, sedikitnya 18 pelajar yang berhasil terjaring razia di sejumlah tempat hiburan di Cianjur.

" Dihadapan petugas mereka rata-rata mengaku hanya sekedar mencari hiburan saja. Tapi untuk memberi efek jera agar para pelajar ini tidak lagi datang ke tempat hiburan  apalagi hingga larut malam, kami memanggil pihak orang tua mereka,”  ujar Sulaeman yang ditemui, Senin (31/8). 

Terpisah, Dewi Anzani (35), seorang ibu rumah tangga mengaku prihatin dengan kondisi banyaknya pelajar, terutama pelajar perempuan yang terjerumus ke bisnis prostitusi. "Ini sangat menyedihkan, bagaimana generasi muda kita bisa maju dan bersaing dengan negara lain, jika kondisinya seperti ini," tutur Dewi.

Dewi meminta, Pemkab Cianjur untuk mengeluarkan kebijakan terkait kegiatan, khususnya pelajar pada malam hari."Harus ada regulasi (aturan, red) yang tegas, agar mereka tidak lagi menjadi korban," ucapnya

Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu menuturkan, terkait dengan pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) yang ada di Cianjur, fungsi lembaganya, ujar Asep, sebagai fungsi pengawasan terbatas yang bekerjasama dengan pihak imigrasi terkait dengan pendataan identitas orang asing.

Namun, kata Asep, apabila orang asing tersebut menjadi pelaku atau korban dari tindak pidana, maka kepolisian berwenang untuk menanganinya. "Kewenagan pengawasan lalu lintas orang asing berada di bawah satuan fungsi Intelijen bidang pengawasan orang asing (POA)," jelas Asep yang dihubungi, Senin (31/8). ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…