Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Banyak Gadis Pelajar Cianjur Terjerumus Prostitusi!

Angga Purwanda

Selasa, 01 September 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Ibarat puncak gunung es,  prostitusi di kalangan pelajar di Cianjur masih banyak yang belum terkuak.  Meski satu dua kali ketahuan,  tetapi  praktik  jual beli kehormatan dengan pelaku berusia belia tersebut terus berjalan. 

Berdasarkan data Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur,  tecatat sedikitnya ada belasan anak perempuan berusia sekolah terjaring dalam razia penyakit masyarakat (Pekat) yang rutin di gelar dari periode Januari hingga Juli 2015.

Belasan anak usia sekolah tersebut terjaring razia disejumlah tempat hiburan di Kota Cianjur dan sejumlah warung remang-remang yang ada di kawasan Puncak Cianjur. Mereka rata-rata pelajar SMP dan SMA di Cianjur.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Cianjur, Sulaeman Madna, menyebutkan, sedikitnya 18 pelajar yang berhasil terjaring razia di sejumlah tempat hiburan di Cianjur.

" Dihadapan petugas mereka rata-rata mengaku hanya sekedar mencari hiburan saja. Tapi untuk memberi efek jera agar para pelajar ini tidak lagi datang ke tempat hiburan  apalagi hingga larut malam, kami memanggil pihak orang tua mereka,”  ujar Sulaeman yang ditemui, Senin (31/8). 

Terpisah, Dewi Anzani (35), seorang ibu rumah tangga mengaku prihatin dengan kondisi banyaknya pelajar, terutama pelajar perempuan yang terjerumus ke bisnis prostitusi. "Ini sangat menyedihkan, bagaimana generasi muda kita bisa maju dan bersaing dengan negara lain, jika kondisinya seperti ini," tutur Dewi.

Dewi meminta, Pemkab Cianjur untuk mengeluarkan kebijakan terkait kegiatan, khususnya pelajar pada malam hari."Harus ada regulasi (aturan, red) yang tegas, agar mereka tidak lagi menjadi korban," ucapnya

Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu menuturkan, terkait dengan pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) yang ada di Cianjur, fungsi lembaganya, ujar Asep, sebagai fungsi pengawasan terbatas yang bekerjasama dengan pihak imigrasi terkait dengan pendataan identitas orang asing.

Namun, kata Asep, apabila orang asing tersebut menjadi pelaku atau korban dari tindak pidana, maka kepolisian berwenang untuk menanganinya. "Kewenagan pengawasan lalu lintas orang asing berada di bawah satuan fungsi Intelijen bidang pengawasan orang asing (POA)," jelas Asep yang dihubungi, Senin (31/8). ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…