Selasa, 16 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Bupati Irvan Tanam Pohon Kelapa di Cihea

Apip Samlawi

Minggu, 25 Desember 2016 - 18:00 WIB

BC/Apip Samlawi
BC/Apip Samlawi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar secara simbolis menanam pohon kelapa di kawasan Cihea, Kecamatan Cianjur. Kegiatan tersebut bertepatan dengan peringatan hari menanam pohon indonesia dan bulan menanam nasional.

Dikatakan Bupati Irvan menyebutkan, dalam memperingati hari menanam pohon Indonesia dan Bulan menanam Nasional, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Cianjur ikut berperan aktif melaksanakan tanam pohon sebanyak mungkin di lahan kritis, lahan kosong, halaman Kantor, Rumah, Sekolah, Kanan kiri jalan (Kakija), Sempadan Sungai, Danau dan Pinggiran Setu.

Ia menambahkan, guna melestarikan alam ini tidak kalah pentingnya menanam pohon kelapa. Lantaran pohon kelapa satu-satunya pohon yang mampu menahan air didalam yang paling banyak.  Apalagi adanya prediksi para ahli bahwa pada beberapa tahun yang akan datang akan terjadi kemarau panjang selama 2 sampai 5 tahun.

“Tapi kenapa tidak, seluruh warga Kabupaten Cianjur dari sejak sekarang harus mampu menanam pohon sebanyak-bantaknya dilahan kritis, kosong, haman kantor, rumah, sempadan sungai, setu dan di sepanjang Kakija, utamanya menanam pohon kelapa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dishutbun Cianjur,  Mamad Nano menjelaskan, gerakan menanam pohon terus digalakan, karena lahan kritis di Kabupaten Cianjur cukup luas. Sekitar  63600 Ha dan kondisi geografis Kabupaten Cianjur sangat bergelombang mulai dari kawasan Puncak sampai dengan ke Cianjur selatan dengan pantai sepanjang 75 Km.

“Dengan itu warga Kabupaten Cianjur diwajibkan melaksanakan menanam pohon di setiap lahan kritis, halaman kantor, rumah, sempadan sungai, pinggiran setu dan di sepanjang Kakija. Soalnya,  pohon keras tersebut, khususnya pohon kelapa akan mampu menahan air didalam tanah, hingga nantinya akan terhindar dari terjadinya longsor dan  banjir yang selalu membahayakan keselamatan manusia,” ucapnya. (ree)  

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Aktualita 15/01/2018 08:00 WIB

Ada Indikasi Penyimpangan, Kapan Ditindak?

DUA permasalahan besar di RSUD Sayang Cianjur, semakin menjadi sorotan bahkan membuat geram sejumlah kalangan. Betapa tidak, meski sudah meresahkan dan mengorbankan banyak masyarakat, namun hingga saat…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.

Cianjur Euy 14/01/2018 22:03 WIB

Rekayasa Jalur dan Trayek Angkum Baru Untuk Urai Kemacetan

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur gencar melakukan sosialisasi terkait rekayasa lalulintas dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Program penataan itu, untuk mengurai kemacetan kendaraan…

Cianjur Euy 14/01/2018 21:02 WIB

Sehari Dua Kecelakaan Lalulintas Terjadi Di Cianjur

DUA kali kecelakaan lalulintas terjadi di wilayah hukum Polres Cianjur, Minggu (14/1/2018). Selain kerugian material, akibat kecelakaan yang terjadi di dua ruas jalan rawan kecelakaan itu juga mengakibatkan…

Cianjur Euy 13/01/2018 19:08 WIB

Polisi Selidiki Penyebab Mahalnya Harga Daging Ayam

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk menyelidiki penyebab terus melambungnya harga daging ayam potong di pasaran.