Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

6 Cara Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi

Rifqi Dahwan Aziz

Selasa, 27 Desember 2016 - 17:30 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Menyikat gigi tidaklah bersifat insting, anak-anak tidak langsung mengerti dan memahami pentingnya rutinitas ini. Karenanya, dibutuhkan proses pengenalan dan pembelajaran sejak kecil. Semakin dini mengenalkan kebiasaan sikat gigi pada si kecil akan semakin mudah pula ia untuk mengadaptasi aktivitas ini sebagai rutinitas harian.

Biasanya anak-anak sangat susah untuk diajak sikat gigi. Tapi sebenarnya, ada banyak yang bisa dilakukan agar ia tidak lagi malas menyikat gigi. 

Dilansir dari klikdokter.com, Selasa (27/12/2016), berikut ini 6 tips agar anak rajin sikat gigi.

1. Beri contoh yang benar
Orangtua merupakan figur ideal bagi anak. Karena itu, berikan kesan pada anak bahwa sikat gigi adalah aktivitas yang menyenangkan.

Saat menyikat gigi bersama-sama anak, pasang wajah gembira. Jangan lupa, jelaskan padanya mengapa sikat gigi penting bagi kesehatan.

2. Gunakan boneka atau makanan
Saat berlatih menyikat gigi, biarkan anak mengajak boneka atau mainannya yang memiliki gigi untuk pura-pura disikat. Jadi anak dapat berlatih sikat gigi sambil bermain.

3. Berikan hadiah kecil jika berhasil
Buatkan kalender dan siapkan sticker yang anak suka. Setiap selesai menyikat gigi, anak akan mendapatkan sticker untuk ditempel di kalender.

4. Buat cerita ala superhero
Karanglah suatu cerita bebas tentang kuman yang menggerogoti gigi dalam mulut. Satu-satunya cara untuk membunuh kuman adalah dengan menyikat gigi.

Jadikan suasana seperti pertempuran antara kuman dan jagoan pembunuh kuman. Supaya lebih seru, pakaikan anak jubah-jubahan agar ia merasa seperti superhero betulan.  

5. Pasang musik favorit
Untuk mendampingi ritual sikat gigi, Anda dapat memasang lagu-lagu favorit anak. Dengan cara ini, ia tidak akan bosan dan menjadi lebih bersemangat untuk menyikat giginya.

6. Biarkan anak memilih sikat gigi

Biarkan anak memilih sendiri sikat gigi yang ia sukai, seperti gambar superheroes, boneka, dan sebagainya

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 32 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 37 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…