Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Manfaat dan Efek Samping Kerokan Bagi Kesehatan

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 28 Desember 2016 - 16:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kerokan merupakan terapi tradisional yang sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kerokan tidak hanya populer di Indonesia, namun juga dikenal di berbagai negara seperti Vietnam dan Tiongkok.

 Kerokan sering dijadikan sebagai pengobatan alternatif masuk angin atau kondisi sekadar tidak enak badan

Dikutip dari laman klikdokter.com, Rabu (28/12/2016). Kerokan dikenal dengan istilah Gua Sha di Tiongkok. Teknik Gua Sha dibawa oleh imigran Tiongkok sampai ke dunia barat. Kerokan biasanya menggunakan batu giok atau benda tumpul lainnya.

Cara Kerja Kerokan

Kerokan dilakukan dengan menggesekkan benda ke kulit secara berulang, sampai timbul warna kemerahan pada kulit. Pada saat dikerok, biasanya orang juga menggunakan sejenis minyak untuk membantu melumaskan kulit.

Apa yang menyebabkan warna kemerahan pada kulit saat dikerok? Warna kemerahan saat dikerok merupakan pelebaran dan pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Kerokan tidak hanya menimbulkan pelebaran pembuluh darah, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah ke otot. Selain itu, kerokan dapat menaikkan endorfin yang membuat perasaan nyaman dan segar.

Kerokan dari Sisi Medis

Layaknya pengobatan alternatif lainnya, sampai saat ini belum ada penelitian skala besar yang mempelajari tentang manfaat kerokan. Sebuah riset kecil pernah dilakukan dan menyimpulkan bahwa kerokan bermanfaat dalam mengurangi nyeri leher kronis, apabila dibandingkan dengan penggunaan thermal pad.

Tidak dapat dimungkiri bahwa kerokan memiliki manfaat yang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. Namun, teknik kerokan yang benar juga perlu diperhatikan. Karena teknik kerokan yang salah bukannya membawa manfaat, tapi malah dapat mendatangkan penyakit.

Kerokan menyebabkan terbukanya pori-pori kulit dan pecahnya pembuluh darah kecil. Jika kerokan dilakukan dengan bahan-bahan yang tidak bersih, maka dapat membuat bakteri masuk ke dalam kulit. Hal ini kemudian bisa menimbulkan infeksi pada kulit.

Selain itu, kerokan lebih baik dihindari pada pasien dengan gangguan darah (misalnya leukemia), karena dapat menyebabkan perdarahan yang sulit dikontrol.
 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Aktualita 14 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…