Selasa, 26 September 2017 - Pukul 01:52

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Atasi Keracunan dengan Air Kelapa

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Jumat 30 Desember 2016 | 00:05 WIB

Atasi Keracunan dengan Air Kelapa

Net/Ilustrasi Minum Kelapa

BERITACIANJUR.COM - Air kelapa dikenal memiliki banyak khasiat yang dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Pada dunia pengobatan, air kelapa sering dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang baru saja mengalami diare atau muntah berlebih.

 

Dalam hal ini, air kelapa berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama sakit.

 

Dilansir dari laman klikdokter.com, Jumat (30/12/2016). Diare sering diasumsikan akibat keracunan makanan yang tidak bersih atau sudah basi. Saat diare, penderita akan kehilangan banyak kalium bersama feses, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan kalium. Kurangnya kalium pada tubuh akan menyebabkan perut kembung dan sakit.

 

Mengonsumsi air kelapa dapat menggantikan kehilangan kalium ini, sehingga dapat mengurangi gejala kembung dengan cepat. Tampaknya, hal inilah yang dimaksud dengan manfaat kelapa untuk menghilangkan racun, karena membantu penderita diare atau gangguan pencernaan lainnya untuk merasa lebih baik.

 

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia yang disebut dengan tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh, sehingga bermanfaat dalam membantu penyembuhan diare akibat bakteri.

 

Secara langsung, air kelapa tidak benar-benar menghilangkan racun dalam tubuh. Jika Anda mengalami keracunan makanan, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan banyak cairan, terutama dalam 24 jam pertama. Namun, jika keluhan tidak membaik dalam 24 jam pertama, maka penderita perlu dibawa ke dokter untuk ditangani lebih serius.

Komentar