Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Potensi Waduk Jangari Tak Dioptimalkan dengan Baik

Apip Samlawi

Rabu, 04 Januari 2017 - 11:30 WIB

BC/Apip Samlawi
BC/Apip Samlawi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Keindahan alam waduk Jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande saat ini kurang dioptimalkan dengan baik. Sehingga tidak sedikit wisawatan dikecewakan karena minimnya sarana parkir , semrawutnya penataan warung hingga sulitnya toilet.

Padahal Jangari juga sekarang sudah mendapatkan perhatian wisatawan asing asal timur tengah yang ingin menikmati wisata air. Namun kondisi tersebut tidak diimbangi dengan pengelolaan wisata jangari yang lebih baik lagi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wisatawan asal Depok, Ujang Muhidin (45) mengeluhkan, tujuannya ke Cianjur untuk berjumpa dengan saudara yang berada di Kecamatan Bojongpicung dan sekaligus ingin berlibur menikmati hamparan genangan air waduk Cirata- Jangari.

“Saya terkejut saat memasuki areal wisata jangari lantaran sulit mencari tempat parkir mobil, hingga memutuskan untuk balik lagi keluar. Tujuannya akan mencari lagi  tempat wisata air lainnya yang sekiranya nyaman, aman dan lokasinya indah dipandang tidak seperi di Jangari,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Bobojong, Ayi Abdul Hakim menjelaskan, tempat wisata Jangari sekarang ini tak seramai waktu lalu, karena lokasinya sudah kurang bersahabat dengan para pengunjung.  Sulitnya lahan parkir, jarangnya toilet, tempat berteduh dan banyak lagi sarana yang harus dibangun.

“Kita akan melakukan pendekatan dengan Pemkab Cianjur, supaya lahan HGU seluas kurang lebih 15 Hektar dibangunkan tempat parkir, toilet umum dan  tempat berteduh. Agar benar-benar para pengunjung betah saat masuk kesini dan nantinya akan mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya meneruskan, Desa Bobojong tidak hanya memiliki tempat wisata Jangari saja, meliliki petani yang melaksanakan mina padi yakni menanam padi disertai tanam berbagai jenis ikan, seperti Ikan Nila, mas, bawal, Patin, Lele dan jenis  lainnya.

“Para petani pengrajin Minapadi perlu pula adanya pembinaan yang konsensus supaya benar mampu untuk meningkatkan ekonominya, bila perlu dibentuk koperasinya supaya menjual hasil ikan tidak terlalu ditekan para spekulan,” ucapnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 33 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 38 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…