Selasa, 16 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

102 Jemaah Umrah Asal Indonesia, Terlantar di Jeddah

Rudi Rusmana

Kamis, 05 Januari 2017 - 23:15 WIB

Foto: kliksaja.co
Foto: kliksaja.co
A A A

Pihak Travel Gagal Urus Tiket

BERITACIANJUR.COM - Sebanyak 102 jemaah umrah asal Indonesia, tidak bisa pulang ke Tanah Air karena pihak travel belum bisa memberikan tiket pesawat.

Padahal, mereka dijadwalkan pulang pada akhir Desember lalu.

Bahkan, seperti dilansir laman kliksaja.co lantaran telah berencana menikahkan anaknya pada 7 Januari mendatang, dua jemaah, yaitu Masnuarjani dan Farida Mustafa, akhirnya memutuskan membeli tiket sendiri agar bisa segera pulang ke Tanah Air.

Dan satu orang atasnama Khamidah Yasir, diberitakan juga telah terbang pada Selasa 3 Januari malam dengan membeli sendiri tiket maskapai penerbangan AirAsia.

Menurut Staf Teknis Satu Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) KJRI di Jeddah, Ahmad Dumyati, 99 jemaah lainnya masih tertahan di Hotel Roshan Al Azhar yang berada di Jalan Sittin Jeddah. Mereka terdiri dari 33 jemaah laki dan 66 perempuan.

Dumyathi mengatakan, agen Maldives Airlines di Jeddah selaku penyedia tiket masih belum dapat memastikan kepulangan 99 jemaah.

Padahal sebelumnya, mereka menjanjikan untuk memulangkan jemaah umrah tersebut pada Selasa dengan maskapai Turkish Airlines.

Saat dikonfirmasi, lanjut Dumyathi, agen Maldives hanya mengatakan kalau masih berusaha untuk bisa menerbangkan jemaah dengan Turkish Airlines dan berharap bisa segera mendapatkan tiket untuk jemaah.

Dumyathi menambahkan,pihak KUHI-KJRI Jeddah saat ini terus berusaha mencari jalan keluar pemulangan jemaah. KUHI-KJRI secara maraton membantu mengkomunikasikan kepentingan jemaah kepada pihak travel.

Selain itu, komunikasi juga dilakukan dengan pihak provider visa yang berinisial ‘M’ di Jakarta melalui Sub Direktorat Pembinaan Umrah Kementerian Agama. Harapannya, kasus jemaah tertunda kepulangannya di Jeddah ini bisa segera diselesaikan.

Konfirmasi mengenai penundaan pemulangan jemaah umrah ini juga disampaikan oleh Kasubdit Pembinaan Umrah Arfi Hatim. Setelah melakukan klarifikasi dengan pihak provider visa, Arfi mendapatkan informasi bahwa 102 jemaah tersebut diberangkatkan dari Pontianak pada 18 Desember 2016 dan sediannya kembali pada 28 Desember 2016.

“Penundaan kepulangan disebabkan oleh pihak maskapai air Maladive mengalami kendala,” ujarnya.

“Saat ini, Kementerian Agama terus melakukan kordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan pemulangan jemaah, dan memastikan jemaah mendapatkan haknya selama masa penundaan pemulangan,” tandasnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.

Cianjur Euy 14/01/2018 22:03 WIB

Rekayasa Jalur dan Trayek Angkum Baru Untuk Urai Kemacetan

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur gencar melakukan sosialisasi terkait rekayasa lalulintas dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Program penataan itu, untuk mengurai kemacetan kendaraan…

Cianjur Euy 14/01/2018 21:02 WIB

Sehari Dua Kecelakaan Lalulintas Terjadi Di Cianjur

DUA kali kecelakaan lalulintas terjadi di wilayah hukum Polres Cianjur, Minggu (14/1/2018). Selain kerugian material, akibat kecelakaan yang terjadi di dua ruas jalan rawan kecelakaan itu juga mengakibatkan…

Cianjur Euy 13/01/2018 19:08 WIB

Polisi Selidiki Penyebab Mahalnya Harga Daging Ayam

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk menyelidiki penyebab terus melambungnya harga daging ayam potong di pasaran.

Cianjur Euy 13/01/2018 17:44 WIB

Harga Terus Melambung, Pedagang Daging Ayam Mogok Jualan

MELAMBUNGNYA harga daging ayam potong di pasaran membuat para pedagang ayam potong memutuskan menggelar aksi mogok jualan.

Cianjur Euy 12/01/2018 17:20 WIB

Jalin Sinergitas, Yonif Raider 300/BJW Gelar Hiburan Rakyat

GUNA lebih menjalin sinergitas antara TNI/Polri, serta masyarakat di Kabupaten Cianjur.