Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Hobi yang Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah

Angga Purwanda

Kamis, 05 Januari 2017 - 23:53 WIB

Foto: Net/Ilustrasi
Foto: Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Mempunyai hobi tidak selalu berdampak negatif, tetapi ada juga hobi yang justru dapat menghasilkan pendapatan atau keuntungan bagi pelakunya. Satu di antaranya ialah hobi memelihara burung hias dan kicau.

Kebanyakan orang menggunakan hobi mereka sebagai sarana untuk melepas kepenatan, setelah lelah bekerja seharian. Namun, hal itu berbeda bagi Pepen (40).

Pria yang hobi memelihara burung ini memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Dia mengawali bisnisnya sejak 4 tahun lalu, saat dirinya mulai serius menekuni hobi memelihara burung kicau.

"Awalnya saya membeli burung kenari seharga Rp 250 ribu. Dengan tekun memelihara dan memberi perawatan khusus, akhirnya burung tersebut dibeli orang, dan keuntungannya pun berlipat. Sejak itu saya berniat untuk menjadikan hobi ini sebagai tambahan usaha," ujar Pepen.

Sejak saat itu, dirinya mulai berbenah diri untuk menjadi seorang pengusaha burung dan mulai membeli berbagai jenis burung, seperti burung hias, burung kontes, dan lainnya.

Menurutnya, harga burung tidak dapat ditentukan, apalagi seperti burung yang sudah pernah menjuarai suatu kontes.

Untuk mendapatkan burung-burung yang akan diperjual belikan, dirinya dapat dari rekan-rekan sesama pehobi burung yang datang kepadanya untuk menjual burung mereka.

"Makin sering burung memenangkan kontes, akan makin mahal harga burung yang di tawarkan," jelas bapak dua anak itu.

Semenjak itu, dirinya mencoba membuka jasa jual beli dan hanya mengandalkan halaman rumahnya. Setelah berjalan cukup lama, akhirnya dirinya membuka kios burung di Jalan Raya Ciranjang, yang sederhana dan hanya terbuat dari triplek saja beratapkan seng.

"Peminat burung kicau cukup banyak sehingga pelanggan mulai berdatangan silih berganti ke kios. Berbagai orderan mulai berdatangan dan keuntungan pun mulai dirasakan. Per harinya saya bisa meraup keuntungan Rp 500 ribu," jelasnya.

Namun, jika burung yang dijualnya sering memenangkan suatu kontes dan ada sertifikatnya, keuntungannya akan lebih besar.

"Burung yang memiliki sertifikat juara kontes, seperti burung kenari, burung anis, dan love bird, bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga biasanya. Burung yang memiliki sertifikat bisa dijual hingga jutaan rupiah. Karena pehobi tidak pernah segan untuk membeli burung yang memang telah sering menjuarai kontes," ungkapnya.

Saat ini tidak hanya dapat membuka kios burung, namun dirinya mencoba untuk ternak beberapa jenis burung kicau yang memang mudah untuk diternakan, seperti kenari. Pepen mulai dari belajar perawatan dan cara ternak yang baik.

Burung kenari merupakan burung kicauan sekaligus burung hias yang sangat disukai dan diburu penggemarnya. Jenis burung itu tidak termasuk burung musiman, sehingga pangsa pasarnya tetap stabil dan menjanjikan.

"Jadi, saya lebih memilih untuk mencoba ternak kenari, karena pangsa pasarnya ada terus sehingga tidak takut untuk rugi. Burung jenis ini disukai karena bulunya yang cantik, namun sekarang lebih disukai karena kicauannya yang merdu dan bernada khas,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, beberapa kendala yang biasa ditemui oleh seorang pemula adalah pemilihan jenis kelamin yang sulit dilihat secara kasat mata. Kemudian proses adaptasi yang perlu kejelian dari pemilik.

Ditambahkan dirinya, selama ini melakukan pemasaran dengan door to door atau kenalannya yang memang pehobi burung juga. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…