Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Tetap Bertahan Meskipun Gaji Dibawah UMR Pemerintah

Angga Purwanda

Senin, 09 Januari 2017 - 15:36 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Teriknya panas matahari yang menyengat tubuh, tak menyurutkan Sri (48) seorang petugas kebersihan yang bertugas menyapu jalan di seputaran Jalan Siliwangi beranjak dari aktivitasnya.

Sudah hampir empat tahun, ibu dengan lima orang anak itu mengabdikan diri sebagai petugas kebersihan, yang saat ini berada di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur.

Namun, hingga kini  gaji yang di terimanya dari Pemkab Cianjur masih jauh dari kata layak, yakni di bawah Upah Minimum Regional (UMR).

Banyaknya mobil angkutan kota yang berhenti di depan halte menunggu penumpang, yang sedikit membuat macet siang itu, tak mempengaruhi aktivitas Sri untuk terus menyapu jalanan dari berbagai sampah.

Sudah hampir lima  kali bolak balik di jalan tersbut. Perempuan yang memakai seragam warna orange yang mulai terlihat lusuh itu, tak pernah mengeluh melakukan tugasnya.

Walau Perempuan itu sudah bermandikan  keringat, tidak ada kata-kata yang keluar dari bibirnya, saat melihat masyarakat dan pengguna jalan membuang sampah bekas jajanannya di sembarang tempat.

Justru, perempuan itu dengan sigap memungut plastik serta potongan kertas yang mengotori jalan. perempuan itu mendorong Tong sampah yang telah terisi setengahnya, sedikit tergopoh-gopoh meminggirkan tongnya agar tak tersenggol mobil angkot yang berhenti semau-maunya.

"Saya khawatir takut gak bisa nafkahi kelima anak saya dengan gaji Rp 900 ribu per bulan, sedangkan bayar kontrakan aja sebulan Rp 250 ribu, belum makan sehari-harinya," ucap Sri.

"Suami saya cuma kuli bangunan, gajinya 30 ribu sehari, rumah kontrakan saya cuma dua kamar kecil, kalau tidur ya sumpek-sumpekan," sambung perempuan paruh baya asal Cianjur Selatan ini yang ditemui di tengah kesibukannya menyapu jalanan.

Tak ada waktu libur, setiap hari ia harus bekerja mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. "Kalau lebaran tetep aja masuk, kalo sehari suka jadi beban takutnya banyak sampah yang menumpuk," ungkapnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 42 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 12 jam yang lalu

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.