Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Lahan Sawah Kering, Petani Harapkan Mesin Pompa

Misbah Hidayat

Rabu, 05 Agustus 2015 - 18:23 WIB

Net
Net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Para petani di Kabupaten Cianjur mengharapkan bantuan mesin pompa air dari pemerintah untuk mengairi lahan pesawahannya. Pasalnya, musim kemarau yang masih berlangsung hingga saat ini telah mengakibatkan ratusan hektar lahan mengalami kekeringan karena kekurangan pasokan air.

 
Udin (55) asal Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur mengaku saat ini sawah yang dikelolanya terus kekurangan air. Ia sendiri terpaksa menyewa mesin pompa kendati harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

 
“Biayanya tinggi karena biaya sewanya dihitung per hari. Tapi kalau tidak dipaksakan tanaman padi saya bisa fuso semua,” tutur Udin kepada “BC” saat ditemui di lahan sawahnya, Selasa (4/8).

 
Karenanya, ia mengharapkan pemerintah memberikan bantuan pompa air untuk meringankan beban pengeluaran para petani. “Kalau ada bantuan sangat meringankan beban pengeluaran. Soalnya dengan sewa mesin sekarang itu, kami sudah cukup merugi dari segi keuangan,” tutur Udin diamini Hidayat, petani setempat lainnya.

 
Hidayat menambahkan, selain biaya sewa mesin, para petani juga harus mengeluarkan biaya harian untuk membeli bahan bakarnya. “Karenanya, kami sangat mengharapkan adanya bantuan mesin agar kami tidak semakin merugi,” harapnya.

 
Selain mengeringkan lahan pertanian, musim kemarau saat itu juga mengakibatkan ratusan Kepala Keluarga (KK) di dua desa, yaitu Desa Sindangraja dan Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

 
Kades Sindangraja, Suryana menuturkan, hampir setiap tahun daerahnya mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kata kades, warganya kini hanya mengandalkan air sumur kendati semakin hari debit airnya terus menyusut.

 
“Kondisi ini rutin terjadi, karena air dari sumber mata air menipis. Warga terpaksa membeli air Rp5 ribu per galon untuk memenuhi air bersih," ujarnya.

 
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengaku telah sejumlah alat pompa air untuk mengatasi kekeringan akibat musim kemarau saat ini.

 
Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengatakan, pihaknya siap memberikan bantuan pinjaman pompa air kepada sejumlah desa yang yang mengalami kekeringan. “Saat ini sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur mulai mengalami kemarau, diantaranya wilayah Cianjur bagian timur seperti Kecamatan Sukaluyu, Ciranjang dan Haurwangi. Karenanya, kita prioritaskan dulu desa atau wilayah yang memang sangat membutuhkan. Saat ini keterbatasan alat yang dimiliki," ungkapnya. ***

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 21/01/2018 21:48 WIB

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.