Kamis, 19 Oktober 2017 - Pukul 17:46

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Penyebab Rasa Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Sabtu 14 Januari 2017 | 12:30 WIB

Penyebab Rasa Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Setelah menghabiskan secangkir kopi, pernahkah Anda merasa mulas dan ingin buang air besar (BAB)? Jika ya, Anda harus mengetahui penyebabnya berikut ini.

 

Sebuah studi yang dilakukan The Gut pada 1990 yang terbit dalam Journal of Gastroenterology, menemukan bahwa kopi memiliki kekuatan untuk menginduksi respon gastrokolik dalam hitungan menit, dikutip dari laman liputan6, Sabtu (14/1/2017).

 

Respon gastrokolik ialah reflek yang ditimbulkan tubuh dalam mengendalikan sistem sekresi yang menyebabkan keinginan individu untuk buang air besar.

 

Meski tak semua individu mengalami rasa mulas usai minum kopi, tetapi peneliti berhipotesis bahwa kopi mampu mempengaruhi jaringan epitel pada usus yang melapisi lambung dan usus kecil yang berfungsi dalam proses pencernaan.

 

Studi juga menemukan bahwa kopi dapat melepaskan gastrin, hormon yang diproduksi di dalam perut yang dikenal untuk meningkatkan aktivitas motorik dalam usus besar dan pada akhirnya merangsang individu mulas dan ingin buang air besar.

Komentar