Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:53

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Pendidikan Anak Usia Dini di Cianjur Minim Alat Peraga

Oleh: Susi Susilawati - Rabu 02 September 2015 | 12:00 WIB

Pendidikan Anak Usia Dini di Cianjur Minim Alat Peraga

alat peraga di paud/susi susilawati/BC

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Sebagian besar Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Cianjur belum mempunyai alat peraga yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.

 

Ketua Himpaudni Cipanas, Jamaludin menyebutkan, penyebabnya, karena bantuan yang diberikan pemerintah masih minim. Kondisi itu pun kata dia berdampak pada terganggunya proses belajar mengajar.

 

“Kalau hanya menggandalkan buku kan tidak efektif. Setidaknya pembelajaran dengan anak usia dini ini butuh banyak inovasi permainan untuk merangsang anak,” kata Jamal kepada “BC”, Selasa (1/9).

 

Lanjut Jamaludin, pembelajaran kreatif dan inovatif yang tidak terlepas dari guru, setidaknya dipengaruhi oleh alat peraga yang bisa secara langsung ditunjukan kepada siswa. Sebab cara penyerapan anak usia dini itu berbeda dengan anak usia SD.

 

“Permainan edukasi itu bisa merangsang cara berpikir anak. Sehingga anak mampu mengeksplorasi kemampuannya secara kreatif,” ucapnya.

 

Alat peraga tersebut, sambung dia, dapat menjadi media pembelajaran yang asik untuk digunakan guru sehingga membuat anak tidak jenuh untuk mendengarkan materi pembelajaran.

 

“Iya contoh dari alat peragaan pembelajaran Paud itu seperti puzzel huruf dan angka, balok, buah-buahan,” katanya. (zul)

Komentar