Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Mau Bebas Gangguan Darah? Makan Ini

Rifqi Dahwan Aziz

Kamis, 19 Januari 2017 - 17:00 WIB

A A A

BERITACIANJUR.COM - Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan Telur asin. Ya, telur yang khas dengan warna biru cerah ini ternyata menyimpan sejuta manfaat. Salah satunya adalah mengatasi anemia.

Telur asin merupakan produk hewani, yang umumnya berasal dari telur bebek. Pada prosesnya, telur asin membutuhkan abu dan kapur, dimana hasil dari olahan fermentasi tersebut menghasilkan telur yang bertahan lebih lama dari telur pada umumnya.

Di sisi lain, anemia atau kurang darah merupakan kondisi kadar hemogblogin kurang dari nilai normal. Meski bervariasi, namun jenis anemia yang paling sering terjadi adalah anemia akibat kekurangan (defisiensi) zat besi.

Saat seseorang menderita anemia defisiensi besi, maka dirinya wajib mengonsumsi asupan yang kaya akan zat besi. Nah, di antara semua jenis asupan kaya zat besi, telur asin menjadi salah satunya.

Tak hanya sampai di situ, penelitian juga membuktikan bahwa telur asin memiliki efek meredakan peradangan. Di mana peradangan itu sendiri adalah akibat dari anemia yang dapat menurunnya daya tahan tubuh penderitanya.

Dikutip dari laman klikdokter, Kamis (19/1/2017). Secara singkat, inilah manfaat lain telur asin untuk penderita anemia:

1. Tinggi protein. Protein bermanfaat dalam menunjang kebugaran tubuh, khususnya otot.
2. Mengandung antioksidan, yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.
3. Kaya mineral. Ini dapat memperkecil risiko terjadinya penyumbatan dan kekakuan pembuluh darah.
4. Mengandung fosfor dan kalsium, yang bagus untuk tulang.
5. Kaya kandungan vitamin C dan vitamin B12. Vitamin ini berguna untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Di balik kandungan di atas, telur asin juga mengandung natrium atau garam, yang dapat meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Telur ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi telur asin secara berlebihan dan terus-menerus. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi daging, kacang-kacangan ataupun buah-buahan, yang juga tinggi zat besi.

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai anjuran konsumsi telur asin. Dokter biasanya dapat menentukan variasi menu dan juga anjuran pola makan sehat untuk membantu mengatasi anemia yang ada di dalam diri Anda.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.