Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Mau Bebas Gangguan Darah? Makan Ini

Rifqi Dahwan Aziz

Kamis, 19 Januari 2017 - 17:00 WIB

A A A

BERITACIANJUR.COM - Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan Telur asin. Ya, telur yang khas dengan warna biru cerah ini ternyata menyimpan sejuta manfaat. Salah satunya adalah mengatasi anemia.

Telur asin merupakan produk hewani, yang umumnya berasal dari telur bebek. Pada prosesnya, telur asin membutuhkan abu dan kapur, dimana hasil dari olahan fermentasi tersebut menghasilkan telur yang bertahan lebih lama dari telur pada umumnya.

Di sisi lain, anemia atau kurang darah merupakan kondisi kadar hemogblogin kurang dari nilai normal. Meski bervariasi, namun jenis anemia yang paling sering terjadi adalah anemia akibat kekurangan (defisiensi) zat besi.

Saat seseorang menderita anemia defisiensi besi, maka dirinya wajib mengonsumsi asupan yang kaya akan zat besi. Nah, di antara semua jenis asupan kaya zat besi, telur asin menjadi salah satunya.

Tak hanya sampai di situ, penelitian juga membuktikan bahwa telur asin memiliki efek meredakan peradangan. Di mana peradangan itu sendiri adalah akibat dari anemia yang dapat menurunnya daya tahan tubuh penderitanya.

Dikutip dari laman klikdokter, Kamis (19/1/2017). Secara singkat, inilah manfaat lain telur asin untuk penderita anemia:

1. Tinggi protein. Protein bermanfaat dalam menunjang kebugaran tubuh, khususnya otot.
2. Mengandung antioksidan, yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.
3. Kaya mineral. Ini dapat memperkecil risiko terjadinya penyumbatan dan kekakuan pembuluh darah.
4. Mengandung fosfor dan kalsium, yang bagus untuk tulang.
5. Kaya kandungan vitamin C dan vitamin B12. Vitamin ini berguna untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Di balik kandungan di atas, telur asin juga mengandung natrium atau garam, yang dapat meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Telur ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi telur asin secara berlebihan dan terus-menerus. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi daging, kacang-kacangan ataupun buah-buahan, yang juga tinggi zat besi.

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai anjuran konsumsi telur asin. Dokter biasanya dapat menentukan variasi menu dan juga anjuran pola makan sehat untuk membantu mengatasi anemia yang ada di dalam diri Anda.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.