Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Jangan Rebus Brokoli! Ini Alasannya

Rifqi Dahwan Aziz

Senin, 23 Januari 2017 - 13:30 WIB

Ilustrasi brokoli (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi brokoli (Foto : Shutterstock)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Brokoli termasuk jenis sayuran cruciferous juga tergolong sebagai super food. Disebut demikian karena kekayaan akan kandungan vitamin dan mineral –termasuk vitamin A, C, E dan K, asam folat, zat besi, magnesium, serat serta antioksidan.

Dalam keadaan mentah, brokoli mengandung enzim myrosinase. Enzim ini dapat membentuk sulforaphane, yang merupakan senyawa untuk mencegah perkembangan dan membunuh sel pre-kanker.
Senyawa tersebut juga dapat melawan bakteri Helicobacter Pylori, yang merupakan bakteri penyebab tukak dan kanker lambung. Sayangnya, manfaat menakjubkan tersebut akan hilang jika brokoli dimasak secara tidak tepat. Ini karena enzim myrosinase sensitif terhadap panas, sehingga bisa rusak ketika dimasak.

Dikutip dari laman klikdokter.com, Senin (23/1/2017), peneliti membandingkan cara memasak untuk sayuran jenis ini. Hasilnya mengejutkan. Merebus brokoli selama 9-16 menit dapat menghilangkan hingga 60% nutrisi di dalamnya. Menumis dapat menghilangkan kandungan vitamin C-nya.

Sedangkan saat dikukus, nutrisi yang ada di dalamnya dapat tetap terjaga. Dalam hal ini, brokol tidak dikukus lebih dari 7 menit. Waktu yang disarankan adalah selama 3 setengah menit. Cara seperti ini hanya menyebabkan sedikit antioksidan yang hilang (0-11%). Sekarang Anda sudah tahu mengapa brokoli sebaiknya tidak direbus, bukan?

Jika Anda sangat tidak ingin kehilangan satu nutrisi pun, konsumsilah sayuran tersebut dalam keadaan mentah. Namun sebelum itu, pastikan brokoli sudah dicuci hingga benar-benar bersih.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.