Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Unik, Beras Pandanwangi Organik

Cr8

Rabu, 01 Februari 2017 - 13:45 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah upaya untuk mempopulerkan beras pandanwangi organik terus dilakukan banyak kalangan. Lantaran kehadirannya yang masih baru karena publik lebih banyak tahu Cianjur memiliki beras pandanwangi.

Dalam sejarahnya beras pandanwangi organik baru dikembangkan sejak tahun 2008 melalui Balai Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura Kecamatan Cianjur bersama dengan Kelompok Bangkit yang berada di Desa Babakan Karet Kecamatan Cianjur.

Siti Chodidjah Maksum,  penyuluh pertanian di Babakan Karet menyebutkan, tugas pokoknya menangani padi pandanwangi organik tanam tahun ini baru sekitar 4 hektar. Seluruh penanganannya tidak memakai bahan-bahan kimia buatan, baik dari pemupukan atau pengendalian hama seluruhnya menggunakan bahan organik.

“Meskipun penanaman Pandanwangi hanya untuk sekali dalam setahun, biasa untuk setiap hektar akan menghasilkan sekitar 7,5 ton, apabila tidak ada serangan dari hama padi dan cuaca yang kurang mendukung,” katanya.

Dia menyebutkan, hanya tujuh kecamatan di Cianjur yang sawahnya cocok untuk ditanami Pandanwangi. Sedangkan lahan yang berkualitas belum pernah menerima komplain hanya di kecamatan Cianjur dan Warungkondang.

“Berasnya paling harum dan pulen untuk wilayah Cianjur dan Warungkondang, untuk yang lain pernah mendapat komplain, kurang harum dan pulennya kurang juga,” ujarnya.

Dirinya juga telah membentuk komunitas Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C) sejak tahun 2015 dengan tujuan utama memfasilitasi petani dalam pemasaran hasil panen.  Saat ini telah bekerja sama dengan Carrefour untuk wilayah Transmart Paris Van Java, Cipadu, Cimahi dan Sukajadi.

“Meskipun banyak Pandanwangi beredar di luar, tetapi kalau ada logo MP3C, itu beras Pandawangi organik hasil panen kami dan dijamin murni,” ungkapnya.

Beras Pandanwangi MP3C saat ini sudah memiliki hak paten dengan indikasi geografis, dan 6,7 hektar telah mendapatkan sertifikasi organik dari salah satu lembaga sertifikasi organik, In Office, yang lokasi seluruhnya di Babakan Karet, Cianjur.

“Rencana kedepan sertifikasi Pandanwangi Organik Cianjur hingga 20 hektar, sehingga mampu menutupi kebutuhan pasar,” tegasnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:47 WIB

Pekan Depan, Trayek Angkum Baru Diterapkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur, pekan depan akan mulai memberlakukan sistem satu arah di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Hal itu dilakukan…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:45 WIB

30 Persen DD Dialokasikan Untuk Padat Karya

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, sebesar 30 persen Dana Desa (DD) tahun ini harus dialokasikan untuk program padat karya. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.