Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:48

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Makanan Ini Berubah jadi Racun Jika Dipanaskan

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Rabu 01 Pebruari 2017 | 19:00 WIB

Makanan Ini Berubah jadi Racun Jika Dipanaskan

Bahaya Memanaskan Makanan Sisa. (Foto : Net/Ilustrasi)

BERITACIANJUR.COM - Beberapa makanan memang akan terasa lebih enak bila disantap setelah dipanaskan. Namun jangan salah, ternyata ada pula makanan yang justru menyebabkan keracunan bila dipanaskan.


Dikutip dari laman klikdokter, Rabu (1/2/2017), inilah makanan yang menyebabkan keracunan bila dipanaskan:

 

- Daging matang atau makanan yang mengandung daging, seperti kari atau lasagna.
- Saus yang mengandung krim atau susu.
- Makanan laut, termasuk bakso ikan, rebusan yang saus mengandung makanan laut, dan kaldu ikan.
- Nasi dan pasta matang.
- Makanan yang mengandung telur dan kacang-kacangan.
- Sayuran hijau.


Keracunan makanan dilatarbelakangi oleh kontaminasi bakteri. Ini adalah akibat dari makanan yang tidak dipanaskan secara menyeluruh, menggunakan panci/ penggorengan dan kompor.


Faktanya, kebanyakan orang terbiasa memanaskan makanan hanya di microwave. Padahal alat tersebut tidak dapat memanaskan makanan secara menyeluruh. Biasanya ada beberapa bagian makanan yang masih dingin dan mengandung bakteri.


Lain halnya dengan nasi. Pada nasi, bakteri yang mengontaminasi memang dapat mati jika dipanaskan. Namun nasi sisa terkadang menghasilkan spora yang tahan panas dan memilik sifat racun. Fried rice syndrome adalah istilah yang muncul akibat kasus keracunan makanan oleh nasi goreng sisa yang dipanaskan.


Lain lagi untuk kasus sayuran hijau –misalnya seledri dan bayam. Jenis sayuran tersebut tidak boleh dipanaskan karena mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat akan berubah menjadi nitrit saat dipanaskan kembali. Zat nitrit ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan keracunan dan potensi kanker.


Food Standards Agency menyebutkan bahwa Anda sebaiknya memanaskan makanan sisa hanya satu kali saja. Jika Anda tahu cara memanaskan makanan sisa yang baik dan benar, barulah makanan tersebut bisa dipanaskan berkali-kali.


Adapun cara untuk menyimpan makanan sisa yang baru saja dipanaskan, yaitu dengan meletakkan makanan tersebut pada suhu ruangan (5-60? C). Lakukan setidaknya selama 2-4 jam.


Hindari menyimpan makanan sisa yang baru saja dipanaskan di luar kulkas lebih dari 4 jam. Anda juga sebaiknya tidak memasukkan makanan tersebut segera setelah dipanaskan. Sebab tindakan ini berpotensi mengubah makanan menjadi racun, yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Komentar