Minggu, 21 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkatkan Produktivitas Susu Sapi, Bule Belanda Itu Lakukan Assessment di BFD

Bisri Mustofa

Kamis, 02 Februari 2017 - 14:00 WIB

Istimewa
Istimewa
A A A

BERITACIANJUR.COM - Tanpa membuang waktu lama,  Mr. Berend Jan Stoel dari PUM (Netheerland Senior Expert) langsung mengunjungi salah satu peternak di Cipanas. Kali ini yang dikunjungi adalah Bambang Family Dairy yang berada di Jalan Raya Cimacan, Kecamatan Cipanas. Di lokasi peternak sapi tersebut Mr. Berend melakukan assessment. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas produksi susu peternak sapi.

Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT UMKM) Cianjur, Bobby Tralala mengatakan, kegiatan yang juga disaksikan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin) Kabupaten Cianjur, Himam Haris itu berlangsung hampir senam jam.

Dari hasisl assessmen, secara umum peningkatan kualitas susu sapi sangat bergantung dari ketersediaan bahan pakan, asupan makanan, pola perawatan dan lingkungan peternakan sendiri. Sehingga Penelusuran informasi dan data berkisar pada permasalahan tersebut.

"Dari penelusuran pertama ini kami mendapati beberapa hal yang menjadi bahan sebagai rumusan untuk menyusun solusi bagi peningkatan kualitas produksi susu peternak sapi, diantaranya peternak sapi dalam hal ketersedian pakan belum optimal. Setiap musim kemarau peternak harus mencari pengganti bahan pakan untuk sapi ternaknya, belum tersedianya lahan khusus yang menunjang pakan ternak membuat ketersedian pakan yang baik tidak stabil. Hal tersebut jelas berpengaruh pada produktifitas sapi ternaknya," kata Bobby.

Selain itu kata Bobby, untuk Asupan makanan (Konsentrat , Polar) di Bambang Family Dairy cukup bagus sehingga kondisi sapi baik (ukuran dan kondisi), pemberian konsentrat dan polar yang tepat akan lebih menaikkan kualitas dan kuantitas susu sapi.

"Lingkungan kandang cukup baik mengingat sudah adanya matras untuk sapi, saluran air yang baik, jarak antar sapi yang cukup dan perawatan yang diberikan sudah baik hal ini karena adanya pengalaman dan pengetahuan dari pemilik peternakan. Selain itu penanganan penyakit bagi sapi sudah baik, IB ( Inseminasi Buatan ) yang diberikan kepada sapi hanya satu jenis," paparnya.

Secara teknologi kata Bobby, di Bambang Family Diary memiliki satu buah mesin mini milker, dengan kondisi yang kurang baik, perawatan terhadap mesin yang dimiliki perlu ditingkatkan.
Aneka produk olahan susu sudah banyak dihasilkan dan memperoleh pangsa pasar yang baik walaupun masih dalam sekala lokal, mengingat masih adanya kekurangan dalam hal legalitas (MD), Mahalnya legalitas (MD) menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemilik peternakan.

"Untuk menambah informasi dan data maka dalam beberapa hari kedepan, tim CIS SMEsCo Cianjur bersama Mr. Berrend Jan Stoel dari PUM (Netherland Senior Expert) akan terus melakukan assessment terhadap beberapa peternak sapi lainnya di beberapa kawasan di Cianjur," ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:10 WIB

BPLHD dan Penyidik Polda Jabar Datangi RSUD, Ada Apa?

SEGUDANG masalah terjadi di RSUD Sayang Cianjur. Tak hanya soal limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibiarkan menumpuk di ruangan terbuka, namun juga terdapat dua masalah besar lainnya yang hingga…

Aktualita 18/01/2018 08:05 WIB

Ini Pembohongan Publik, Wajib Diusut Tuntas

TERUNGKAPNYA kebohongan pernyataan pihak RSUD melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan…