Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkatkan Produktivitas Susu Sapi, Bule Belanda Itu Lakukan Assessment di BFD

Bisri Mustofa

Kamis, 02 Februari 2017 - 14:00 WIB

Istimewa
Istimewa
A A A

BERITACIANJUR.COM - Tanpa membuang waktu lama,  Mr. Berend Jan Stoel dari PUM (Netheerland Senior Expert) langsung mengunjungi salah satu peternak di Cipanas. Kali ini yang dikunjungi adalah Bambang Family Dairy yang berada di Jalan Raya Cimacan, Kecamatan Cipanas. Di lokasi peternak sapi tersebut Mr. Berend melakukan assessment. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas produksi susu peternak sapi.

Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT UMKM) Cianjur, Bobby Tralala mengatakan, kegiatan yang juga disaksikan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin) Kabupaten Cianjur, Himam Haris itu berlangsung hampir senam jam.

Dari hasisl assessmen, secara umum peningkatan kualitas susu sapi sangat bergantung dari ketersediaan bahan pakan, asupan makanan, pola perawatan dan lingkungan peternakan sendiri. Sehingga Penelusuran informasi dan data berkisar pada permasalahan tersebut.

"Dari penelusuran pertama ini kami mendapati beberapa hal yang menjadi bahan sebagai rumusan untuk menyusun solusi bagi peningkatan kualitas produksi susu peternak sapi, diantaranya peternak sapi dalam hal ketersedian pakan belum optimal. Setiap musim kemarau peternak harus mencari pengganti bahan pakan untuk sapi ternaknya, belum tersedianya lahan khusus yang menunjang pakan ternak membuat ketersedian pakan yang baik tidak stabil. Hal tersebut jelas berpengaruh pada produktifitas sapi ternaknya," kata Bobby.

Selain itu kata Bobby, untuk Asupan makanan (Konsentrat , Polar) di Bambang Family Dairy cukup bagus sehingga kondisi sapi baik (ukuran dan kondisi), pemberian konsentrat dan polar yang tepat akan lebih menaikkan kualitas dan kuantitas susu sapi.

"Lingkungan kandang cukup baik mengingat sudah adanya matras untuk sapi, saluran air yang baik, jarak antar sapi yang cukup dan perawatan yang diberikan sudah baik hal ini karena adanya pengalaman dan pengetahuan dari pemilik peternakan. Selain itu penanganan penyakit bagi sapi sudah baik, IB ( Inseminasi Buatan ) yang diberikan kepada sapi hanya satu jenis," paparnya.

Secara teknologi kata Bobby, di Bambang Family Diary memiliki satu buah mesin mini milker, dengan kondisi yang kurang baik, perawatan terhadap mesin yang dimiliki perlu ditingkatkan.
Aneka produk olahan susu sudah banyak dihasilkan dan memperoleh pangsa pasar yang baik walaupun masih dalam sekala lokal, mengingat masih adanya kekurangan dalam hal legalitas (MD), Mahalnya legalitas (MD) menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemilik peternakan.

"Untuk menambah informasi dan data maka dalam beberapa hari kedepan, tim CIS SMEsCo Cianjur bersama Mr. Berrend Jan Stoel dari PUM (Netherland Senior Expert) akan terus melakukan assessment terhadap beberapa peternak sapi lainnya di beberapa kawasan di Cianjur," ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 28 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…