Rabu, 18 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkatkan Produktivitas Susu Sapi, Bule Belanda Itu Lakukan Assessment di BFD

Bisri Mustofa

Kamis, 02 Februari 2017 - 14:00 WIB

Istimewa
Istimewa
A A A

BERITACIANJUR.COM - Tanpa membuang waktu lama,  Mr. Berend Jan Stoel dari PUM (Netheerland Senior Expert) langsung mengunjungi salah satu peternak di Cipanas. Kali ini yang dikunjungi adalah Bambang Family Dairy yang berada di Jalan Raya Cimacan, Kecamatan Cipanas. Di lokasi peternak sapi tersebut Mr. Berend melakukan assessment. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas produksi susu peternak sapi.

Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT UMKM) Cianjur, Bobby Tralala mengatakan, kegiatan yang juga disaksikan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin) Kabupaten Cianjur, Himam Haris itu berlangsung hampir senam jam.

Dari hasisl assessmen, secara umum peningkatan kualitas susu sapi sangat bergantung dari ketersediaan bahan pakan, asupan makanan, pola perawatan dan lingkungan peternakan sendiri. Sehingga Penelusuran informasi dan data berkisar pada permasalahan tersebut.

"Dari penelusuran pertama ini kami mendapati beberapa hal yang menjadi bahan sebagai rumusan untuk menyusun solusi bagi peningkatan kualitas produksi susu peternak sapi, diantaranya peternak sapi dalam hal ketersedian pakan belum optimal. Setiap musim kemarau peternak harus mencari pengganti bahan pakan untuk sapi ternaknya, belum tersedianya lahan khusus yang menunjang pakan ternak membuat ketersedian pakan yang baik tidak stabil. Hal tersebut jelas berpengaruh pada produktifitas sapi ternaknya," kata Bobby.

Selain itu kata Bobby, untuk Asupan makanan (Konsentrat , Polar) di Bambang Family Dairy cukup bagus sehingga kondisi sapi baik (ukuran dan kondisi), pemberian konsentrat dan polar yang tepat akan lebih menaikkan kualitas dan kuantitas susu sapi.

"Lingkungan kandang cukup baik mengingat sudah adanya matras untuk sapi, saluran air yang baik, jarak antar sapi yang cukup dan perawatan yang diberikan sudah baik hal ini karena adanya pengalaman dan pengetahuan dari pemilik peternakan. Selain itu penanganan penyakit bagi sapi sudah baik, IB ( Inseminasi Buatan ) yang diberikan kepada sapi hanya satu jenis," paparnya.

Secara teknologi kata Bobby, di Bambang Family Diary memiliki satu buah mesin mini milker, dengan kondisi yang kurang baik, perawatan terhadap mesin yang dimiliki perlu ditingkatkan.
Aneka produk olahan susu sudah banyak dihasilkan dan memperoleh pangsa pasar yang baik walaupun masih dalam sekala lokal, mengingat masih adanya kekurangan dalam hal legalitas (MD), Mahalnya legalitas (MD) menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemilik peternakan.

"Untuk menambah informasi dan data maka dalam beberapa hari kedepan, tim CIS SMEsCo Cianjur bersama Mr. Berrend Jan Stoel dari PUM (Netherland Senior Expert) akan terus melakukan assessment terhadap beberapa peternak sapi lainnya di beberapa kawasan di Cianjur," ungkapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 5 jam yang lalu

Jawaban Eksekutif Dinilai Ngaco

SETELAH kejanggalan pada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 dibongkar, kini jawaban eksekutif dianggap makin janggal. Benarkah?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Camat : Kalau Tutup Bakal Banyak "Korban"

PEMERINTAH Kecamatan Ciranjang bersama Desa Cibiuk, Selasa (17/7) menggelar musyawarah, mengupayakan pembatalan penutupan perusahaan PT Three Six World oleh pihak pemilik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Kasus Galian C Pasir Lemu Ditangani Polres

KASUS tewasnya operator alat berat di lokasi galian C Kampung Pasir Lemu, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur ditangani aparat Polres Cianjur.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa

TIM Peduli Advokasi Kemanusiaan beserta sejumlah elemen masyarakat mendatangi Kantor PT PLN (Persero) Area Cianjur, Selasa (17/7/2017).

Aktualita 17/07/2018 07:00 WIB

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 17/07/2018 06:55 WIB

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 16/07/2018 22:10 WIB

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:09 WIB

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:08 WIB

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.