Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Tahun 2016, Sebanyak 65 Orang Menjadi WUB

Bisri Mustofa

Kamis, 02 Februari 2017 - 14:30 WIB

Seorang calon Wirausaha Baru (WUB) tengah melakukan registrasi sebelum melaksanakan wawancara yang digelar di Dinas Koperasi UMKM Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto : Net/Ilustrasi)
Seorang calon Wirausaha Baru (WUB) tengah melakukan registrasi sebelum melaksanakan wawancara yang digelar di Dinas Koperasi UMKM Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto : Net/Ilustrasi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Geliat usaha di Cianjur akhir-akhir ini trendnya terus mengalami peningkatan. Selain  bermunculannya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), perhatian sejumlah lembaga keuangan menjadi salah satu bukti bahwa iklim usaha di Cianjur terus mengalami peningkatan.

Menurut pendamping Wira Usaha Baru (WUB) Tin Tin Rustiani mengungkapkan, program pencetakan seratus ribu wirausaha baru Jawa Barat yang digagas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendapatkan sambutan positif dari para pelaku usaha pemula di Cianjur. Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2016 terdapat setidaknya 65  orang asal Cianjur masuk dalam WUB.

"Jumlah itu hanya yang lolos WUB, masih ada wirausaha baru lainnya yang terus mengembangkan usahanya. Ini membuktikan bahwa iklin usaha di Cianjur ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya," kata Tin Tin saat dihubungi, Rabu (1/2/2017).

Meningkatnya para pelaku usaha di Cianjur ini tidak terlepas adanya dukungan dari semua pihak. Tak terkecuali dari Pemkab Cianjur, BUMN dan Perbankan. "Dukungan bagi para pelaku UMKM sepertinya jauh lebih baik. Ini merangsang pertumbuhan usaha baru," paparnya.

Selain itu bukti meningkatnya iklim usaha di Cianjur juga ditandai semakin banyaknya organisasi UMKM. "Pokoknya ini menandakan bahwa UMKM Cianjur semakin bergairah. Tadi (kemarin-red) kita juga ikut rapat tentang pemasaran on line bersama pimpinan perbankan bersama pal wakil bupati dan tim ekonomi perwakilan OPD dan perwakilan UMKM," tandasnya.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin), Judi Adi Nugroho, juga terus berupaya mendorong agar para pelaku usaha semakin berkembang. Para pelaku koperasi yang didalamnya ada UMKM untuk senantiasa menjalankan usahanya sesuai dengan prinsip-prinsip perkoperasian.

"Kita terus berupaya agar koperasi-koperasi yang ada di Cianjur ini bisa semakin berkembang. Tentunya ini menjadi tugas bersama agar pelaku usaha koperasi ini bisa mensejahterakan," katanya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?