Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Tahun 2016, Sebanyak 65 Orang Menjadi WUB

Bisri Mustofa

Kamis, 02 Februari 2017 - 14:30 WIB

Seorang calon Wirausaha Baru (WUB) tengah melakukan registrasi sebelum melaksanakan wawancara yang digelar di Dinas Koperasi UMKM Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto : Net/Ilustrasi)
Seorang calon Wirausaha Baru (WUB) tengah melakukan registrasi sebelum melaksanakan wawancara yang digelar di Dinas Koperasi UMKM Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto : Net/Ilustrasi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Geliat usaha di Cianjur akhir-akhir ini trendnya terus mengalami peningkatan. Selain  bermunculannya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), perhatian sejumlah lembaga keuangan menjadi salah satu bukti bahwa iklim usaha di Cianjur terus mengalami peningkatan.

Menurut pendamping Wira Usaha Baru (WUB) Tin Tin Rustiani mengungkapkan, program pencetakan seratus ribu wirausaha baru Jawa Barat yang digagas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendapatkan sambutan positif dari para pelaku usaha pemula di Cianjur. Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2016 terdapat setidaknya 65  orang asal Cianjur masuk dalam WUB.

"Jumlah itu hanya yang lolos WUB, masih ada wirausaha baru lainnya yang terus mengembangkan usahanya. Ini membuktikan bahwa iklin usaha di Cianjur ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya," kata Tin Tin saat dihubungi, Rabu (1/2/2017).

Meningkatnya para pelaku usaha di Cianjur ini tidak terlepas adanya dukungan dari semua pihak. Tak terkecuali dari Pemkab Cianjur, BUMN dan Perbankan. "Dukungan bagi para pelaku UMKM sepertinya jauh lebih baik. Ini merangsang pertumbuhan usaha baru," paparnya.

Selain itu bukti meningkatnya iklim usaha di Cianjur juga ditandai semakin banyaknya organisasi UMKM. "Pokoknya ini menandakan bahwa UMKM Cianjur semakin bergairah. Tadi (kemarin-red) kita juga ikut rapat tentang pemasaran on line bersama pimpinan perbankan bersama pal wakil bupati dan tim ekonomi perwakilan OPD dan perwakilan UMKM," tandasnya.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin), Judi Adi Nugroho, juga terus berupaya mendorong agar para pelaku usaha semakin berkembang. Para pelaku koperasi yang didalamnya ada UMKM untuk senantiasa menjalankan usahanya sesuai dengan prinsip-prinsip perkoperasian.

"Kita terus berupaya agar koperasi-koperasi yang ada di Cianjur ini bisa semakin berkembang. Tentunya ini menjadi tugas bersama agar pelaku usaha koperasi ini bisa mensejahterakan," katanya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…