Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Penyakit Kembung Ancam Hewan Ternak

Heri Febriyanto

Kamis, 02 Februari 2017 - 16:00 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

Dampak Cuaca Ekstrem dan Pemberian Pakan yang Salah

BERITACIANJUR.COM - Cuaca ekstrem dengan intensitas hujan tinggi dalam beberapa pekan terakhir ternyata tidak hanya berdampak pada kondisi kesehatan manusia. Tetapi juga mengancam kesehatan hewan ternak milik masyarakat, satu di antara penyakit yang harus di waspadai yaitu penyakit kembung (Tympani, red).

Kepala Puskeswan Wilayah III Cipanas,  Herry Wibowo menjelaskan, penyakit kembung terhadap hewan ternak bisa disebabkan karena memakan rumput yang masih basah tanpa terlebih dahulu di anginkan atau dikeringkan. 

"Banyak juga peternak ketika memberi makan rumput harus dikeringkan, tapi ada juga yang masih basah langsung diberi ke hewan dan ini yang menimbulkan kembung," jelas Herry, kepada “BC”, Rabu (1/2/2017) kemarin. 

Herry menyebutkan, beberapa hewan ternak yang paling rentan terkena penyakit itu, seperti sapi, kerbau, domba, dan kambing. “Ada beberapa kasus yang kami temukan di wilayah ini. Untuk cara penyembuhannya, dengan memberikan obat anti kembung dalam dosis yang cukup tinggi,” katanya.

Herry menuturkan, jika telat dan tidak segera diobati akan semakin parah serta bisa menyebabkan kematian pada hewan ternak karena menahan gas yang disebabkan oleh angin. 

"Makanya kami selalu memberikan penyuluhan, jika pemberian rumput harus dianginkan dulu, sehingga tidak terlalu banyak air dan basah," tuturnya. 

Selain rumput yang basah, pemberian rumput muda juga bisa menyebabkan penyakit diare. Bahkan bagi hewan ternak jenis domba dan kambing yang memiliki penyakit cacingan ketika cuaca ekstrem langsung menyebabkan kematian. 

"Dari beberapa kasus setelah dibedah ternyata ada cacing di dalam pencernaan dan hatinya, makanya kami setiap penyuluhan memberikan obat cacing dan ini harus diperhatikan oleh peternak karena akan menyebabkan kondisi hewan semakin lemah," tandasnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?