Selasa, 30 Mei 2017 - Pukul 16:12

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Merokok Dapat Menyebabkan Perut Buncit?

Oleh: kliksaja.co - Kamis 02 Pebruari 2017 | 18:00 WIB

Merokok Dapat Menyebabkan Perut Buncit?

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Mitos yang beredar menyebutkan merokok dapat membuat tubuh Anda kurus. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan berhenti merokok akan menyebabkan berat badan naik.

 

Dalam jangka pendek, rokok memang dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan pembuangan energi. Akibatnya, banyak remaja wanita maupun pria yang enggan untuk berhenti merokok dengan alasan ingin kurus.

 

Kenyataannya, para perokok berat justru memiliki berat badan yang lebih dibandingkan perokok ringan dan mereka yang tidak merokok. Dikutip dari laman klikdokter, Kamis (2/2/2017), menurut studi yang dipublikasikan oleh Obesity Society, para perokok memiliki lingkar perut lebih besar dibanding non-perokok. Meskipun mereka memiliki berat badan ideal dihitung secara BMI (body mass index).


Hasil ini tetap sama walaupun sudah memperhitungkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi seperti umur, BMI, jumlah alkohol, aktivitas fisik, total energi, dan edukasi. Perbandingan lingkar perut dan pinggang (waist to hip ratio) adalah salah satu tolak ukur untuk menentukan obesitas.


Para ahli meyakini  kalau rokok dapat mengubah penyebaran lemak di tubuh Anda. Sehingga lemak disimpan terpusat pada perut Anda daripada di seluruh tubuh. Terlebih lagi, efek perut buncit juga berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan beberapa penyakit metabolik seperti diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah.

Komentar