Jumat, 28 Juli 2017 - Pukul 07:42

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

salam dari cianjur

Makna Sebuah KOMITMEN!

Oleh: Kang Anton - Kamis 06 Agustus 2015 | 10:13 WIB

Makna Sebuah KOMITMEN!

Komitmen, koridor menuju sukses...

KOMITMEN!  Seruan ini seperti deret kata sakti yang sangat menentukan dalam pencapaian cita cita. Sejatinya KOMITMEN mutlak diperlukan dan sebagai koridor seseorang atau kelompok dalam menggapai keinginan atau kebahagiaan bersama. Namun seringkali KOMITMEN cuma jadi kata yang enak diucapkan, tapi kadang tak enak dinikmati pada penjabarannya. Apa lagi niat menjaganya.

 

Dalam dunia bisnis komitmen seperti awalan yang sangat diperlukan, sebagai fondasi untuk meraih kesuksesan. Perlu diakui banyak rintangan yang akan dihadapi saat membangun sebuah bisnis. Hal yang sama juga berlaku pada fenomena menjalin cinta dan kasih sayang. Komitmen lah yang jadi faktor penentu pencapaian kebahagiaan itu.

 

Banyak orang mengatakan perihal komitmen, tetapi saat ditanya makna sebuah komitmen jawaban pun banyak yang bias. Barangkali bisa dibuatkan satu simpul arti KOMITMEN yakni: Satu kebulatan tekad seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan, tanpa dapat dipengaruhi oleh keadaan apapun juga, sampai tujuan itu tercapai.

 

Nah, bagaimana untuk membangun, menjaga komitmen yang telah diucapkan dan ditetapkan secara formal? Silakan simak tata kata KOMITMEN yang diurai menjadi Delapan (8) makna huruf.

 

KOMITMEN =

1. K –  KEBERSAMAAN

2. O – ORANG

3. M – MEMAHAMI

4. I –   INTELEGENSI

5. T – TASAMUH

6. M – MENTAL

7. E –  ELEKTIS

8. N –  NALAR

 

1. K – KEBERSAMAAN

Untuk membangun komitmen, diperlukan kebersamaan. Tanpa kebersamaan, mustahil komitmen dapat terwujud. Bagi muda-mudi, kebersamaan mereka jaga minimal hingga komitmen mereka untuk sampai ke tahap pelaminan terwujud. Begitu juga dengan seorang pelajar yang selalu menyatu dengan buku yang dijadikan salah satu sumber ilmu pengetahuannya.

 

Dalam berbisnis, kebersamaan anda dengan bisnis yang anda tekuni (manajemen), maupun kebersamaan dengan pelanggan (market). Mampu menumbuhkan semangat untuk tetap fokus pada motorik bisnis dan pencapaian tujuan uasaha itu sendiri.

 

2. O – ORANG

Selalu “memanusiakan manusia” adalah kunci pokok untuk mencapai tujuan bisnis anda. Sumber Daya Manusia (SDM) yang direkrut harus mampu anda manusiakan. Apalagi konsumen, mereka pun wajib anda “manusiakan”. Mampu “memanusiakan manusia” dapat meningkatkan loyalitas dan komitmen mereka. Namun banyak SDM yang justru sering keluar dari koridor, yang notabene adalah langkah untuk memanusiakan SDM itu sendiri

 

3. M – MEMAHAMI

Dengan memahami keadaan sekitar, maupun keadaan personal akan lebih mudah untuk menjaga komitmen anda. Tidak perlu kaku, “saklek” dalam bergaul maupun berfikir. Dengan begitu, Anda dan bisnis Anda akan lebih mudah diterima oleh orang lain.

 

4. I – ITELEGENSI

Kepintaran (intelegensi) anda dalam berbisnis memang banyak dituntut. Sehingga anda akan mampu mengetahui apa dan bagaimana untuk memajukan bisnis yang anda kelola. Anda harus pintar dan mampu untuk melihat peluang yang ada. Kepintaran dalam memahami keinginan konsumen yang berbeda-beda dalam penanganannya.

 

5. T – TASAMUH

Tasamuh dapat diartikan dengan kelapangan dada atau kesabaran. Dalam membangun bisnis, hendaknya anda dapat bersikap sabar. Tidak selamanya keadaan berjalan seperti yang anda rencanakan, anda pikirkan. Dibutuhkan kesabaran dalam menyikapinya. Banyak yang gagal dalam berbisnis karena mereka kurang sabar dalam bisnisnya, kurang sabar dalam menghadapi konsumen, dan kurang sabar dengan proses membangun bisnisnya.

 

Komitmen akan dapat tercapai apabila anda mampu bersabar, dan berlapang dada menerima keadaan. Bersabar disini tidak hanya tinggal diam menerima keadaan, tetapi berusaha untuk dapat bangkit menghadapi keadaan yang serumit apa pun. Mesti punya solusi!

 

6. M – MENTAL

Mental seorang pebisnis hendaknya dapat dipupuk terus. Mental untuk mengembangkan bisnis, mental untuk menjaga komitmen yang sejak awal sudah dibuat dalam menjalankan bisnis bersama dalam lingkar manajemen. Dengan mental yang kuat, dengan komitmen yang kuat dipastikan bisnis yang anda tekuni akan tetap eksis.

 

Sebaliknya apabila mental anda lemah, komitmen andapun akan hilang. Akibatnya lambat laun tapi pasti, bisnis yang anda kelola, yang anda rintis dan perjuangkan sejak awal akan hilang ditelan waktu.

 

7. E – ELEKTIS

Elektis berarti memilih. Jadi elektabilitas partai bisa diartikan jumlah pemilih dalam suatu partai. Seorang pebisnis, wirausaha hendaknya dapat memilih segala sesuatu yang baik untuk usahanya, untuk anak buahnya dan untuk konsumennya.

 

Kadang dalam memilih suatu pilihan, tidaklah mudah. Bahkan kadang harus ada yang dikorbankan. Namun itu semua harus dilakukan demi keberlangsungan usaha yang dirintis. Harapannya dengan elektis bisnis yang dikelola akan tetap langgeng dan eksis.

 

8. N – NALAR

Kemampuan berfikir seseorang mesti terus diasa dan ditingkatkan. Sehingga dalam pengambilan keputusan tidak sekedar asal-asalan mengedepankan emosi. Meskipun begitu, dalam pengambilan keputusan hendaknya didasarkan pada 3 hal yaitu nalar (IQ), emosi (EQ) dan Tuhan. Dengan ketiga hal tersebut akan semakin mantab dalam melangkah mengembangkan bisnis dengan tetap menjaga komitmen Anda.

 

Dengan memiliki komitmen, anda akan mengetahui seberapa seriuskah anda dalam berbisnis? Dengan komitmen, muda-mudi akan mengetahui seberapa seriuskah mereka dalam menjalin hubungan? Dengan komitmen, seorang pelajar akan mengetahui seberapa seriuskah mereka terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya?

 

Kalau belum memiliki komitmen dalam hidup dan kehidupan, segera tentukan KOMITMEN Anda! KOMITMEN dalam segala aspek kehidupan, tanpa KOMITMEN anda akan "liar" dan "bias". (dari berbagai sumber)

Komentar