Minggu, 27 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Bengkel Penghasil Mesin UMKM Cianjur

Cr8

Jumat, 10 Februari 2017 - 18:00 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

BERITACIANJUR.COM - Banyak produk peralatan yang digunakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Cianjur ternyata diproduksi di Cianjur juga. salah satu bengkel yang biasa memproduksinya adalah bengkel Guna Teknik yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Bengkel yang awalnya berada disamping satasiun Kereta Api Cianjur itu sudah ada sejak tahun 1995 lalu. Karena ingin melebarkan usahanya, bengkel tersebut pindah ke jalan Perintis Kemerdekaan sejak tahun 2010 silam

“Karena semakin berkembang kita memutuskan pindah kelokasi yang lebih luas tempatnya. Meski baru bisa mengontrak, tapi konsumennya cukup banyak juga," kata Hanafi, pemilik bengkel saat ditemui "BC", Kamis (9/2/2017).

Menurut Hanafi, salah satu produksi utama bengkelnya adalah mesin-mesin Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk berbagai keperluan. Tetapi untuk mesin penggeraknya, seperti dynamo atau generatornya berasal dari luar. Untuk kelengkapannya dibuat di bengkelnya.

 
“Mesin pertanian, perkebunan, perikanan dan industri UMKM kami produksi. dari produksi itu yang paling banyak dipesan adalah mesin parutan kelapa dan pemeras santan,” ujarnya.

Pembelinya tidak hanya perorangan tetapi ia juga menjelaskan sudah sering bekerjasama dengan pemerintahan, baik dari Cianjur, Sukabumi, Bogor. Baik pengadaan barang untuk program dinas tersebut ataupun untuk bantuan UMKM.

“Biasanya dari pemerintah yang datang langsung meminta proposal pengajuan barang yang diperlukan. Selain daerah Jawa Barat, Saya juga mengirimkan mesin hasil produksi saya ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi,” jelasnya.

Untuk promosi, Hanafi memanfaatkan media online, karena menurutnya daya cakupnya lebih luas. Oleh karena itulah pesanan yang diterimanya hampir dari seluruh Indonesia. Ia juga mengakui dalam produksi hanya menunggu pesanan.

“Meskipun tidak ada pesanan mesin produksi, bengkel kami juga mengerjakan pesanan perlengkapan bermain PAUD, Pagar, Teralis, hingga interior rumah dari logam,” bebernya.

Untuk omzet penjualan Hanafi menerangkan tergantung pesanan, sehingga tidak dapat dipastikan. Sedangkan harga mesin yang diproduksinya juga tergantung dari mesin yang dipesan, karena ada ratusan jenis mesin yang diproduksi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 25/05/2018 09:42 WIB

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 25/05/2018 00:23 WIB

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:22 WIB

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:21 WIB

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 25/05/2018 00:13 WIB

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:09 WIB

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:08 WIB

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:07 WIB

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…