Senin, 16 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Bengkel Penghasil Mesin UMKM Cianjur

Cr8

Jumat, 10 Februari 2017 - 18:00 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

BERITACIANJUR.COM - Banyak produk peralatan yang digunakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Cianjur ternyata diproduksi di Cianjur juga. salah satu bengkel yang biasa memproduksinya adalah bengkel Guna Teknik yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Bengkel yang awalnya berada disamping satasiun Kereta Api Cianjur itu sudah ada sejak tahun 1995 lalu. Karena ingin melebarkan usahanya, bengkel tersebut pindah ke jalan Perintis Kemerdekaan sejak tahun 2010 silam

“Karena semakin berkembang kita memutuskan pindah kelokasi yang lebih luas tempatnya. Meski baru bisa mengontrak, tapi konsumennya cukup banyak juga," kata Hanafi, pemilik bengkel saat ditemui "BC", Kamis (9/2/2017).

Menurut Hanafi, salah satu produksi utama bengkelnya adalah mesin-mesin Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk berbagai keperluan. Tetapi untuk mesin penggeraknya, seperti dynamo atau generatornya berasal dari luar. Untuk kelengkapannya dibuat di bengkelnya.

 
“Mesin pertanian, perkebunan, perikanan dan industri UMKM kami produksi. dari produksi itu yang paling banyak dipesan adalah mesin parutan kelapa dan pemeras santan,” ujarnya.

Pembelinya tidak hanya perorangan tetapi ia juga menjelaskan sudah sering bekerjasama dengan pemerintahan, baik dari Cianjur, Sukabumi, Bogor. Baik pengadaan barang untuk program dinas tersebut ataupun untuk bantuan UMKM.

“Biasanya dari pemerintah yang datang langsung meminta proposal pengajuan barang yang diperlukan. Selain daerah Jawa Barat, Saya juga mengirimkan mesin hasil produksi saya ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi,” jelasnya.

Untuk promosi, Hanafi memanfaatkan media online, karena menurutnya daya cakupnya lebih luas. Oleh karena itulah pesanan yang diterimanya hampir dari seluruh Indonesia. Ia juga mengakui dalam produksi hanya menunggu pesanan.

“Meskipun tidak ada pesanan mesin produksi, bengkel kami juga mengerjakan pesanan perlengkapan bermain PAUD, Pagar, Teralis, hingga interior rumah dari logam,” bebernya.

Untuk omzet penjualan Hanafi menerangkan tergantung pesanan, sehingga tidak dapat dipastikan. Sedangkan harga mesin yang diproduksinya juga tergantung dari mesin yang dipesan, karena ada ratusan jenis mesin yang diproduksi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…