Kamis, 24 Agustus 2017 - Pukul 13:39

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Takokak Dipersiapkan Menjadi Tujuan Wisata Sejarah

Oleh: Nuki Nugraha - Jumat 10 Pebruari 2017 | 19:00 WIB

Takokak Dipersiapkan Menjadi Tujuan Wisata Sejarah

BC/Apip Samlawi

BERITACIANJUR.COM - Selain memiliki kekayan alam yang potensial, Kecamatan Takokak juga memiliki sebuah situs budaya yang kaya mengandung nilai sejarah bangsa. Salah satunya yaitu keberadaan tugu pahlawan Cigunung Tugu di Desa Pasawahan.

 

Melihat potensi itu, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar berencana akan menjadikan wilayah Kecamatan Takokak sebagai salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Cianjur. Rencana tersebut diungkapkan Bupati saat meninjau langsung ke lokasi, seusai melaksanakan giat Syiar Saba Lembur”Cianjur Ngawangun Lembur” ke Desa Pasawahan, Kecamatan Takokak beberapa waktu lalu.

 

Menurut orang nomor satu di Cianjur itu, tugu pahlawan Cigunung Tugu bisa menjadi sebuah media pembelajaran sejarah, tidak hanya bagi pelajar tapi bagi masyarakat yang datang berkunjung ke lokasi.

 

“Akan kita coba rancang dan benahi lokasinya. Kita tata lagi supaya terlihat apik dan lebih menarik pengunjung,”ujarnya. 


Bupati menyakini keberadaan tugu itu bisa dijadikan sebagai objek wisata sejarah, karena di lokasi tersebut dulunya merupakan tempat gugurnya para pejuang kemerdekaan yang menjadi korban pembantaian penjajah .


“Makam-makam ini sangat potensial dijadikan wisata sejarah. Anak cucu kita bisa memahami serta menghargai pengorbanan para pendahulunya,” katanya.



Selain itu, sambung Bupati, melihat kondisi alamnya yang masih segar dan mempesona. “Ke depan wilayah Takokak ini akan kita kembangkan untuk obyek wisata andalan,”imbuhnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Pasawahan, Saehudin M Noor, menyambut positif rencana pemkab Cianjur yang akan menjadikan wilayah Takokak menjadi destinasi wisata Kabupaten Cianjur, khususnya keberadaan taman makam pahlawan  Cigunung Tugu menjadi lokasi yang diandalakan.

 

“Kalau rencana ini direalisasikan tentunya akan sangat membanggakan. Tak hanya itu, seiring banyaknya pengunjung otomatis bisa mendongkrak perekonomian masyarakat,”ujarnya. (nuk)

Komentar