Rabu, 22 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Keluh Kesah Kusir Delman, Tidak Ada Masalah Tapi Minim Bantuan

Cr8

Senin, 13 Februari 2017 - 11:30 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

BERITACIANJUR.COM - Delman digadang-gadang bakal dijadikan aset pariwisata Cianjur untuk mendongkrak tingkat kunjungan. Jika benar terealisasi maka hal tersebut disambung baik para kusir delman yang sudah lama beroperasi di pusat keramaian.

Menurutnya kusir delman, Itang (45) selama ini tidak pernah dari pemerintah atau instansi yang lain mempersulit mereka. Tetapi sebaliknya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Saya sudah enam tahun bawa delman, tidak pernah ada masalah baik dari kepolisian, Satpol PP atau yang lainnya. Tetapi dari pemerintah sendiri juga belum pernah ada program untuk membantu kami kusir delman, baik itu berupa penyuluhan ataupun bantuan lainnya,” ujarnya.

Ia mengaku jika profesi yang dijalani tersebut menuntut untuk selalu memperhatikan kuda dengan sebaik-baiknya. Lantaran jika tidak diperhatikan akan mudah sakit dan susah untuk mencari gantinya.

“Untuk Kuda delman, umurnya minimal sudah 3 tahun dan dapat digunakan sampai umur 20 hingga 30 tahun jika dirawat baik. Dalam menarik delman Kuda hanya dapat digunakan selama tiga hingga 4 jam sehari dan harus diganti dengan kuda yang lain, kalau dipaksakan bisa sakit kudanya, tenaganya juga pasti kurang,” terangnya.

Kendati sudah lama menjadi kusir delman namun belum pernah membawa turis asing. Tetapi beberapa rekan kusir pernah membawa turis asing keliling kota Cianjur.

“Kalau saya sendiri belum pernah, kalau delman yang lain pernah bawa turis, tetapi turis Arab, kalau turis yang lain, sepengetahuan saya belum pernah ada yang naik delman,” ujarnya.

Mengenai ongkos keliling kota CIanjur menggunakan delmannya, Ia memasang tarif yang bisa di negosiasi oleh para penggunanya. Sehingga tidak ada patokan yang jelas untuk tarif delman sendiri, selama kedua belah pihak setuju dan tidak dirugikan kesepakatan dapat terjadi.

“Biasanya untuk keliling kota, ongkosnya antara Rp. 70 ribu hingga Rp. 80 ribu, tergantung negosisasi.  Kalau jarak dekat paling antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribu, itu untuk sekali jalan, bukan dihitung orang yang naik delman,” bebernya.

Ia juga menjelaskan untuk jam operasional delmannya, dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIb mengingat kuda yang dimilikinya terbatas. Ia juga mengeluh dalam dua minggu ini omzetnya menurun lantaran hujan terus mengguyur kota Cianjur. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…