Sabtu, 20 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Keluh Kesah Kusir Delman, Tidak Ada Masalah Tapi Minim Bantuan

Cr8

Senin, 13 Februari 2017 - 11:30 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

BERITACIANJUR.COM - Delman digadang-gadang bakal dijadikan aset pariwisata Cianjur untuk mendongkrak tingkat kunjungan. Jika benar terealisasi maka hal tersebut disambung baik para kusir delman yang sudah lama beroperasi di pusat keramaian.

Menurutnya kusir delman, Itang (45) selama ini tidak pernah dari pemerintah atau instansi yang lain mempersulit mereka. Tetapi sebaliknya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Saya sudah enam tahun bawa delman, tidak pernah ada masalah baik dari kepolisian, Satpol PP atau yang lainnya. Tetapi dari pemerintah sendiri juga belum pernah ada program untuk membantu kami kusir delman, baik itu berupa penyuluhan ataupun bantuan lainnya,” ujarnya.

Ia mengaku jika profesi yang dijalani tersebut menuntut untuk selalu memperhatikan kuda dengan sebaik-baiknya. Lantaran jika tidak diperhatikan akan mudah sakit dan susah untuk mencari gantinya.

“Untuk Kuda delman, umurnya minimal sudah 3 tahun dan dapat digunakan sampai umur 20 hingga 30 tahun jika dirawat baik. Dalam menarik delman Kuda hanya dapat digunakan selama tiga hingga 4 jam sehari dan harus diganti dengan kuda yang lain, kalau dipaksakan bisa sakit kudanya, tenaganya juga pasti kurang,” terangnya.

Kendati sudah lama menjadi kusir delman namun belum pernah membawa turis asing. Tetapi beberapa rekan kusir pernah membawa turis asing keliling kota Cianjur.

“Kalau saya sendiri belum pernah, kalau delman yang lain pernah bawa turis, tetapi turis Arab, kalau turis yang lain, sepengetahuan saya belum pernah ada yang naik delman,” ujarnya.

Mengenai ongkos keliling kota CIanjur menggunakan delmannya, Ia memasang tarif yang bisa di negosiasi oleh para penggunanya. Sehingga tidak ada patokan yang jelas untuk tarif delman sendiri, selama kedua belah pihak setuju dan tidak dirugikan kesepakatan dapat terjadi.

“Biasanya untuk keliling kota, ongkosnya antara Rp. 70 ribu hingga Rp. 80 ribu, tergantung negosisasi.  Kalau jarak dekat paling antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribu, itu untuk sekali jalan, bukan dihitung orang yang naik delman,” bebernya.

Ia juga menjelaskan untuk jam operasional delmannya, dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIb mengingat kuda yang dimilikinya terbatas. Ia juga mengeluh dalam dua minggu ini omzetnya menurun lantaran hujan terus mengguyur kota Cianjur. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 15 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 20 jam yang lalu

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 20 jam yang lalu

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:10 WIB

BPLHD dan Penyidik Polda Jabar Datangi RSUD, Ada Apa?

SEGUDANG masalah terjadi di RSUD Sayang Cianjur. Tak hanya soal limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibiarkan menumpuk di ruangan terbuka, namun juga terdapat dua masalah besar lainnya yang hingga…

Aktualita 18/01/2018 08:05 WIB

Ini Pembohongan Publik, Wajib Diusut Tuntas

TERUNGKAPNYA kebohongan pernyataan pihak RSUD melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan…