Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:42

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Ini 5 Manfaat Menikah bagi Kesehatan

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Senin 13 Pebruari 2017 | 22:00 WIB

Ini 5 Manfaat Menikah bagi Kesehatan

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Menikah bukan hanya sebagai wujud cinta sejati yang sebenarnya. Menikah terbukti secara ilmiah dapat mendatangkan kesehatan fisik dan psikologis bagi orang yang melakukannya. 


Inilah sederet manfaat menikah bagi kesehatan, sebagaimana dikutip dari laman klikdokter.com, Senin (13/2/2017) :

 

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Pasangan memiliki pengaruh penting dalam perilaku dan kebiasan sehari-hari. Misalnya dalam masalah makanan dan gaya hidup. 

 

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada, pria yang sudah menikah dan mengalami serangan jantung, lebih cepat untuk berobat ke dokter, sehingga angka kematian menjadi lebih rendah. 

 

Hal ini senada dengan penelitian lainnya yang dilakukan di Inggris. Pada penelitian itu disebutkan pasien serangan jantung yang sudah menikah memerlukan waktu perawatan di rumah sakit yang lebih singkat dibandingkan yang belum menikah.

 

2. Mengurangi stres dan depresi

Seseorang yang hidup sendiri tanpa pasangan cenderung memiliki kehidupan sosial dan dukungan sosial yang kurang baik. Hal ini pada akhirnya dapat memicu stres dan depresi.

 

3. Kepuasan seksual

Pasangan yang menikah memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi daripada yang tidak. Selain itu, risiko penyakit infeksi menular seksual juga sangat kecil pada pasangan monogami (hanya memiliki satu pasangan pada pernikahan).

 

4. Kesehatan tulang

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnak Osteoporosis International, pria yang menikah memiliki densitas atau kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan pria yang sendiri atau bercerai.

 

5. Gaya hidup yang lebih baik

Orang yang menikah cenderung memiliki gaya hidup yang lebih baik. Sebab ada yang mengingatkan untuk berolahraga, memilihkan menu makan yang lebih sehat, mengingatkan untuk kontrol ke dokter atau minum obat.

 

Risiko penyakit kronik, seperti hipertensi, jantung, dan diabetes lebih besar pada pria dan wanita yang tidak menikah atau bercerai. Bahkan, pasangan yang bercerai cenderung memiliki masalah kesehatan yang lebih besar dibandingkan mereka yang hidup sendiri.

Komentar