Jumat, 23 Juni 2017 - Pukul 03:30

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal

Oleh: Heri Febriyanto - Senin 13 Pebruari 2017 | 19:30 WIB

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal

Acep Haryadi, Kades Ciherang

BERITACIANJUR.COM - Mulai lunturnya kecintaan dan minat generasi muda terhadap budaya tradisional lokal, menjadi perhatian serius bagi Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Acep Haryadi. Sebagai buktinya, dirinya bersama seluruh elemen masyarakat terinspirasi mendirikan Saung Jago Cigombong.


Saung Jago dengan ciri khas ayam jago tersebut, berlokasi di Kampung Cigombong RT 02/09. Tujuannya sebagai wadah untuk mengembangkan kembali seni budaya tradisional, serta lebih meningkatkan dan memperkenalkan kembali budaya sunda yang sekarang sudah mulai luntur.


“Saung ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat sebagi tempat berinteraksi satu sama lain melalui musyawarah,” ujarnya kepada “BC”, Minggu (12/2/2017).


Dirinya ingin, keberadaan saung tersebut bisa menjadi sumber inspirasi bagi desa lainnya di Kecamatan Pacet, sekaligus menjawab kekhawatiran menurunnya kepedulian generasi muda saat ini terhadap seni dan budaya tradisional.


“Ini murni hasil musayawarah dan gotong royong masyarakat yang di sinergikan dengan program Bupati Cianjur. Tujuannya untuk lebih meningkatkan dan memperkenalkan kembali budaya sunda yang sekarang sudah mulai luntur.


Diungkapkannya, banyak kegiatan yang dilakukan di saung tersebut dari mulai merumuskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dan diputuskan dengan cara musywarah. Hingga pelatihan kesenian tradisional bagi anak-anak sekolah.

Komentar