Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Meski Banyak Peralatan Modern, Jasa Servis Elektronik Masih Tetap Diburu

Apip Samlawi

Selasa, 14 Februari 2017 - 10:42 WIB

Seorang pekerja bengkel servis elektronik tengah memperbaiki pesawat TV yang mengalami kerusakan. Meski banyak peralatan modern, jasa perbaikan elektronik yang mengalami kerusakan masih banyak diburu oleh masyarakat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
Seorang pekerja bengkel servis elektronik tengah memperbaiki pesawat TV yang mengalami kerusakan. Meski banyak peralatan modern, jasa perbaikan elektronik yang mengalami kerusakan masih banyak diburu oleh masyarakat. (Foto: BC/Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Bengkel servis eloktronik, seperti pesawat TV, kulkas, kipas angin, dan elektonik lainnya seperti tak lekang dimakan waktu. Kendati jaman sudah modern dengan dipenuhi peralatan super modern, keberadaan bengkel elektronik tersebut masih tetap diburu. Seperti memiliki konsumen khusus.

Seperti yang terlihat di bengkel servis  elektronik Ade Tri yang berada pinggir jalan Doktor Mangku- Cipeuyeum, tepatnya di depan Kantor Desa Hegarmah, Kecamatan Bojongpicung. Setiap hari bengkel elektronik tersebut tak pernah sepi dikunjungi warga yang ingin memperbaiki peralatan elektroniknya yang mengalami kerusakan. Pemiliknya pun tidak pernah pilah-pilah, barang yang sekiranya bisa diperbaiki, mereka akan perbaiki dengan sebaik mungkin.

Tidak hanya urusan perbengkelan,  Ade Tri bersama rekannya kreatif pula dalam melaksanakan jual beli barang elektronik bekas yang masih layak untuk digunakan. Kreatifitas usaha seperti itu dirasakan memang mampu mendapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup kelurganya.

Menurut Ade Tri (48) pemilik usaha bengkel servis elektronik, binis jasa servis yang dilakukan saat ini sudah berdiri sejak lama. Hanya saja mengenai kokasi tempat servis saja yang sudah beberapa kali pindah, karena belum mampu membeli tempat sendiri.

Mengenai jasa servis dan jual beli barang elektronik seperti pesawat TV, kulkas, kipas angin, AC dan barang elektonik lainnya masih tetap bertahan dan masih banyak warga yang  minta barang elektoniknya diperbaiki. Banyak pula yang membeli dan menjual barang elektronik seperti yang paling laris jual beli barang bekas pesawat TV yang masih layak untuk digunakan.

"Kalau lagi banyak pesanan memang kita sempat keteteran. Demikian juga disaat banyak warga yang menjual, apalagi saat musim-musim tertentu seperti menjelang tahun ajaran baru masuk sekolah. Situasi seperti itu biasanya kami keteter kehabisan modal sedangkan penjual cukup tinggi yang datang dari berbagai pelosok kampung," papar Ade Tri saat dihubungi "BC", Senin (13/2/2017).

Sementara itu, anggota kelompok usaha jasa servis barang elektronik, Syarif (38)  menambahkan,  memang benar adanya bahwa usaha jasa servis dan jual beli barang elektonik dari waktu ke waktu tak pernah sepi dari konsumen. "Apalagi kalau menjelang bulan ramadhan, banyak warga yang ingin memperbaiki barang elektroniknya yang mengalami kerusakan," papar Syarif.

Pihaknya mengakui, saat ini terganjal permodalan saat ingin mengembangkan usahannya. "Kalau ada yang memberikan bantuan lunak pasti kami terima, apalagi menjelang bulan ramadhan yang biasanya pesanan semakin rame saja," harapnya. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?