Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 01:35

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Desa Ramasari Segera Bangun Tiga Kampung Andalan

Oleh: Apip Samlawi - Selasa 14 Pebruari 2017 | 10:55 WIB

Desa Ramasari Segera Bangun Tiga Kampung Andalan

Foto: BC/Apip Samlawi

BERITACIANJUR.COM - Dampak positif dari kegiatan Syiar Saba Lembur mulai terasa. Selain manfaat adanya percepatan pembangunan di wilayah desa, program yang digagas Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar itu mulai memotivasi pemerintah desa untuk berani berinovasi sebagai upaya membangun dan mensejahterakan desanya.


Pemerintah Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, salah satunya. Desa yang berlokasi di wilyah timur Cianjur itu berencana akan membangun tiga kampung yang nantinya menjadi andalan desa setempat. Ketiga kampung itu antara lain, Kampung Industri, Kampung Seni dan Kampung Akhlaqul qarimah.


Kepala Desa Ramasari, Agus Sumarna mengaku, rencana membangun tiga kampung andalan itu termotivasi ucapan yang disampaikan Bupati Cianjur saat berkunjung ke Ramasari melaksanakan giat Syiar Saba Lembur. Jadi imbuh Agus, rencananya untuk kampung Industri akan dipusatkan di Kampung Rawabadak, Nyanginuh dan Kiara Payung, mengingat di kampung itu warganya mayoritas sebagai pengrajin.


Adapun untuk Kampung Seni, sambung Agus, itu akan dipusatkan di Kampung Ramasari karena warga disana memang banyak yang mengeluti kesenian baik tradisional maupun modern. Sedangkan untuk Kampung Akhlakul Karimah itu dpusatkan di Kampung Raksabala karena mayoritas warganya berbasis religius.


“Pokoknya nanti di persimpangan jalan masuk ke kampung it u masing-masing akan kita buat gapura bertuliskan “Kampung Industri, Kampung Seni dan Kampung Akhlakul karimah,” ujar Agus kepada Berita Cianjur, Sabtu (11/2/2017).


Maka dari itu, Agus menambahkan, supaya keterampilan warganya bisa lebih baik dan maju kedapan akan diberikan sebuah pembinaan, diarahkan sehingga mampu mendongkrak potensi yang mereka miliki saat ini agar bisa lebih berkualitas.


“Diharapkan produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan yang lainnya. Begitu juga di Kampung Akhlakul Karimah akan dibina dan dikembangkan pula, supaya mampu mencetak generasi muda yang memiliki akhlaq mulya, sehingga bisa menjadi contoh warga lainnya yang ada di Desa Ramasari,”ucapnya.


Tapi jelas Agus, seluruh pembinaan dan peningkatan kualitas untuk pembentukan kampung itu, tentunya perlu ada dukungan dari berbagai pihak, dari Pemkab Cianjur, Provinsi  maupun dari Pemerintah Pusat, khususnya terkait bantuan sarana dan prasana pendukungnya.


“Seluruh rencana program tersebut sudah kita musyawarahkan dengan masyarakat, melalui rapat koordinasi dengan pengurus dan anggota BPD Desa ramasari. Semoga saja seluruh program bisa terealisasikan dengan cepat karena semua itu mengarah pada kesejahtran seluruh warga Desa Ramasari,”harapnya.

 
Salah seorang Tokoh masyarakat Desa Ramasari Aang Bela (56) menyambut baik rencana pemerintah desa. Aang menungkapkan, keseriusan pemdes Ramasari untuk mewujudkan rencana tersebut sudah terlihat, bahkan rapat pembahasan pun sudah dilakukan.


“Rencana ini sudah dibahas dengan masyarakat saat melakukan evaluasi seusai kunjungan Bupati beberapa waktu lalu. Intinya potensi yang dimiliki desa akan lebih dikembangkan sehingga bisa mendorong kesejahteraan masyarakat,”tandasnya. (nuk)

Komentar