Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Curug Ciputri Dilirik Investor

Heri Febriyanto

Selasa, 14 Februari 2017 - 15:07 WIB

BC/Heri Febriyanto
BC/Heri Febriyanto
A A A

Agar Bisa Dikelola Izin Usahanya Harus Melewati Perdes Dulu

BERITACIANJUR.COM - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, meminta Pemerintahan Desa Sindangjaya untuk segera menerbitkan peraturan desa (Perdes) bila ingin mengelola sekaligus mengembangkan objek wisata alam Curug Putri yang berada di Kampung Gunung Batu.

“Kami merespon baik antusias Desa Sindangjaya dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengembangkan objek wisata alam, namun harus ada dulu peraturan desanya sebagai dasar untuk mengurus proses perizinannya,” ujar Kepala Seksi Wilayah I TNGGP, Agus Arianto kepada “BC” usai menggelar pertemuan dengan perangkat Desa Sindangjaya dan Karang Taruna Beringin Jaya di Aula Agropolitan, Senin (13/2/2017).

Dijelaskannya, secara aturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat dimungkinkan dan diberikan peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif pemanfaatan lingkungan alam. Terdapat dua izin yang harus dipenuhi yakni, izin jasa dan sarana.

“Kalau izin sarana agak sulit mekanismenya karena dikeluarkan langsung oleh menteri, namun peluang ada melalui izin jasa. Terlebih pihak desa juga sedang menyiapkan infrastruktur pendukungnya,” katanya.

Menurutnya, pengembangan pariwisata alam memberikan kontribusi positif karena dengan menempuh izin jasa bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mempromosikan objek wisata, menyiapkan souvenir, makanan hingga entrepreneur.

“Tidak ada masalah sama sekali, kami juga akan membantu proses perizinannya. Begitu juga dengan contoh proposalnya seperti apa, agar cepat selesai dan sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Dikatakannya, objek wisata alam Curug Ciputri menjadi target TNGGP di wilayah I untuk dikembangkan. Karena akan memperkuat pihak TNGGP dalam pengelolaan taman wisata nasional ke arah positif, dengan mengembangkan wisata alam.

Sementara itu Kepala Desa Sindangjaya, Eddy Effendi mengaku akan segera menggelar pertemuan dengan BPD, Karang Taruna dan lembaga desa lainnya untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut.

“Sesuai dengan yang diinginkan pihak TNGGP, kami akan segera menerbitkan peraturam desa sebagai landasan untuk mengajukan proses perizinan pengelolaan objek wisata Curug Ciputri,” katanya.

Nantinya, jelas Eddy, objek wisata Curug Ciputri akan dikelola oleh BUMDes dengan memberdayakan pengurus serta anggota Karang Taruna Beringin Jaya dan lembaga desa lainnya.

“BUMDes sudah dibentuk dan diresmikan, kami menyiapkan anggaran sekitar Rp. 100 juta yang berasal dari Alokasi Dana Desa tahun ini untuk pengembangan usahanya,” ungkapnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?