Rabu, 28 Juni 2017 - Pukul 12:15

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

good news

Khusus Kabupaten Cianjur, Anggaran Pilgub 2018 Bisa Tembus 50 Miliar

Oleh: Wan, Rustandi - Rabu 15 Pebruari 2017 | 04:05 WIB

Khusus Kabupaten Cianjur, Anggaran Pilgub 2018 Bisa Tembus 50 Miliar

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, memprediksi anggaran untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat tahun 2018 nanti, khusus untuk Kabupaten Cianjur, bisa menembus angka Rp 50 Miliar.

 

Ketua KPU Kabupaten Cianjur  Anggy Shofia Wardany, mengatakan, anggaran Pilgub seluruhnya berasal dari Provinsi, sehingga KPU Kabupaten Cianjur hanya menerima saja untuk kemudian dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Namun besarnya anggaran itu, imbuh Anggy, masih dalam tahap rencana, karena diperlukan beberapa cross check terhadap kebutuhan belanja anggaran Pilgub yang dibutuhkan di Kabupaten Cianjur.

 

“Penentuan besarnya anggaran bukan merupakan pengajuan dari KPU Cianjur, tetapi sistem yang menentukan. Jadi, semua merupakan rencana anggaran dari provinsi yang diturunkan ke KPU Cianjur, kita hanya melakukan analisa, dan nanti akan disesuaikan. Kalau terdapat kekurangan, kami akan tambahkan, namun bila ada pos-pos yang tidak diperlukan akan kami hapus anggarannya,” jelas Anggy ditemui di Kantor KPU Cianjur, kemarin.

 

Terkait dengan tahapan Pilgub sendiri, Anggy menjelaskan, hingga saat ini belum ada tahapan yang dilakukan. Tahapan, baru akan dilaksanakan delapan bulan sebelum pemilu dilaksanakan.

 

“Aturan itu, jika melihat pemilu yang sebelumnya. Karena dalam mempersiapkan tahapan pemilu, dibutuhkan arahan dari provinsi sendiri dan juga diperlukan anggaran yang jelas, termasuk Mengenai teknisnya sendiri, hingga saat ini belum ada arahan apapun dari KPU Provinsi Jabar,” terangnya

 

Sementara soal jumlah pemilih, kata Anggy, jika dilihat dari Pilkada terakhir kemari,  jumlah pemilih yang terdaftar di seluruh Kabupaten Cianjur sebanyak 1, 7 juta pemilih. Sebaran terbanyak pemilih terdapat pada Daerah Pemilihan I.

 

Informasi yang berhasil dihimpun,  Pada tahun 2018 nanti KPU Pusat menetapkan 16 kabupaten/kota ikut sebagai peserta Pilkada Jabar yang digelar serentak pada tahun 2018.

 

Pelaksanaan Pilkada serentak di 16 Kabupaten dan Kota di Jabar, juga bersamaan dengan digelarnya Pilgub Jabar pada tahun itu.

 

Pilkada Jabar 2018 diagendakan akan digelar pada bulan Juni tahun 2018. Beberapa kebijakan KPU terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan disamakan dengan DPT yang nanti digunakan pada Pilgub Jabar 2018. Tahapan Pilkada Jabar 2018 dilakukan secara bersamaan di 16 kabupaten/kota di Jabar. 

Komentar