Selasa, 30 Mei 2017 - Pukul 16:18

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Usung Desa Wisata, Kenalkan Kuliner Khas Sindangjaya

Oleh: Herry Febriyanto - Sabtu 18 Pebruari 2017 | 03:55 WIB

Usung Desa Wisata, Kenalkan Kuliner Khas Sindangjaya

Foto: BC/Herry Febriyanto

BERITACIANJUR.COM - Karang Taruna Beringin Jaya, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, berencana membentuk desa wisata dengan menampilkan sejumlah potensi yang ada di desa itu, seperti wisata alam, kripik, dodol, dan berbagai minuman serta makanan berbahan dasar wortel yang banyak terdapat di wilayah itu.


Ketua Karang Taruna Beringin Jaya, Dasep mengatakan, beberapa program sudah dirancang sebagai upaya menuju desa wisata, seperti pembukaan pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris, Arab, serta pengenalan informasi teknologi (IT) kepada masyarakat.


“Kenapa Bahasa Inggris, sebab Desa Sindangjaya memiliki potensi wisata untuk dijual. Sehingga butuh SDM yang sudah disiapkan untuk melayani wisatawan domestik dan mancanegara,” kata Dasep, Rabu (15/2/2017).


Selain objek wisata, beberapa produk olahan berupa makanan khas Desa Sindangjaya juga akan dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung, seperti keripik wortel, dodol wortel, dan jus wortel, serta keripik lobak berikut kerajinan tangannya.


“Nantinya pengelolaan desa wisata berada di bawah BUMDes dan pelaksananya adalah karang taruna, makanya tamu-tamu yang menginap di hotel di wilayah Cipanas akan diperkenalkan selain ke Cibodas dan Gunung Gede Pangrango,” katanya.


Sementara itu, Seksi Lingkungan Hidup Karang Taruna Beringin Jaya, Adnan ZA menjelaskan, konsep desa wisata yang diusung pihaknya bertujuan untuk mengenalkan potensi alam yang ada di Desa Sindangjaya. “Intinya potensi yang ada harus dimanfaatkan dan digarap dengan maksimal, nantinya karang taruna akan bekerjasama dengan desa serta BUMDes,” jelas Adnan.


Ditegaskannya, pihaknya bukan hanya sekadar memberikan program namun ingin memperkenalkan kalau di Desa Sindangjaya, ada daerah tujuan wisata yang selama ini belum tergali.


“Bukan hanya desa wisata saja yang kita promosikan, tetapi ada ikon kuliner khasnya. Makanya, sosialisasi menyeluruh hingga ke tingkat RT dan masyarakat menjadi sangat penting untuk terus dilakukan, karena untuk meningkatkan roda perekonomian,” tandasnya. (pur)

Komentar