Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 10:49

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Akses Jalan Wisata Alam Calingcing Rusak

Oleh: Apip Samlawi - Sabtu 18 Pebruari 2017 | 05:55 WIB

Akses Jalan Wisata Alam Calingcing Rusak

Foto: BC/Apip Samlawi

Truk Bermuatan Melebihi Kapasitas Dituding Jadi Penyebabnya

 

BERITACIANJUR.COM - Akses jalan menuju lokasi wisata alam Calingcing, Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mengalami rusak berat. Hilir mudiknya kendaraan truk bermuatan melebihi kapasitas dituding sebagai penyebab rusaknya ruas jalan kelas III milik Pemerintah Kabupaten Cianjur itu.


Berdasarkan pantuan di lapangan, ruas jalan kelas III milik Pemkab Cianjur, sepanjang 4,5 Km yang dimulai dari pertigaan Kampung Sipon sampai tempat wisata Calingcing, banyak yang berlubang mirip kubangan air disaat musim hujan, sehingga menyulitkan para pemilik kendaraan yang melintasi ruas jalan itu.


Kondisi ini disesalkan warga setempat dan pengguna jalan. Bahkan Pemerintahan Desa Sindangjaya, sempat menjadi sasaran kekecewaan warga.


Dikatakan Undang Muhidin (56), warga Desa Sindangjaya, ruas jalan menuju lokasi wisata Calingcing, sekarang kondisinya rusak berat. Banyak kubangan air di tengah jalan, apalagi di saat musim hujan seperti sekarang. Padahal, ruas jalan itu sekitar dua tahun lalu sempat diperbaiki.


“Ini sudah merugikan warga dan pengguna jalan. Selain kendaraannya cepat rusak, juga selalu sering kesiangan masuk kerja. Kita minta ini jadi perhatian Pemerintah Desa, kalau bisa segera ditanggulangi memanfaatkan alokasi dana yang ada di desa. Soalnya ini sangat pentingnya untuk diperbaiki," tegas Undang, Rabu (15/2/2017).

Sementara itu, Kepala Desa Sindangjaya, Sajaroh Napi tidak menampik, jika ruas jalan menuju lokasi wisata Calingcing sepanjang 4,5 Km saat ini kondisinya mengalami rusak berat. Dirinya mengaku, terkait kondisi itu, pihaknya sudah berupaya melayangkan surat ke Pemkab Cianjur, meminta OPD terkait untuk segera melakukan perbaikan.

“Ruas jalan itu kewenangannya ada di Pemkab Cianjur. Sebenarnya ruas jalan tersebut, 2 tahun yang lalu pernah diaspal yang dilaksanakan pihak ketiga (rekanan ). Selain melayangkan surat ke Pemkab, upaya yang sudah kita lakukan di lapangan melakukan pengurugan jalan, memanfaatkan dana Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun gotong royong bersama warga setempat,” bebernya.


Sajaroh menduga, rusaknya ruas jalan tersebut akibat padatnya arus lalulintas, khususnya kendaraan besar sejenis truk dengan muatan tonasenya melebihi kapasitas.


“Kita berharap, jangan ada kesan kalau Pemdes Sindangjaya berpangku tangan soal ini. Meskipun ruas jalan itu merupakan kewenangan Pemkab Cianjur, kita terus berupaya untuk kooperatif dan berinisiatif memperbaikinya,” tandasnya. (nuk)

Komentar