Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Buah Melon Asal Kubang, Tembus Pasar Asia

Rustandi Zaelani

Sabtu, 18 Februari 2017 - 06:40 WIB

Foto: BC/Rustandi Zaelani
Foto: BC/Rustandi Zaelani
A A A

BERITACIANJUR.COM - Siapa yang bisa menyangka, kalau hasil pertanian masyarakat di Desa Kubang, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, sanggup menembus pangsa pasar Asia. Padahal, selama ini masyarakat kota beranggapan, daerah yang berada jauh menjolok dari kawasan kota, hanya bisa menghasilkan produk pertanian alakadarnya untuk memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari.

Melon, ya varietas buah melon yang dikembangkan masyarakat di Desa Kubang, sudah diakui kualitasnya oleh masyarakat Asia. Keberhasilan mengembangkan buah melon, terbukti menjadi bantalan ekonomi petani di sana. Setidaknya, dengan harga yang lebih sedikit mahal, ketimbang dijual ke pasar lokal, Petani Desa Kubang, bisa menimati hasil lebih layak.

Kepala Desa Kubang, Misbah mengungkapkan, selama ini melon yang dihasilkan dari pertanian rakyat di desanya terdistribusi ke Malaysia, Singapura, bahkan Jepang. Terkait pengiriman, masyarakat biasanya menjual ke penampung yang telah dipercaya sejumlah perusahaan pemesan dari luar negeri. Melon yang dipanen, spesifikasinya telah ditentukan, agar tidak ada buah yang dikembalikan akibat tidak memenuhi standar.

“Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi desa kami yang berada begitu jauh dari Kota Cianjur. Bahkan, kedepan ada harapan agar pertanian melon yang selama ini dikelola petani, jadi bagian BUMDes,” kata Misbah saat dihubungi wartawan belum lama ini.

Meski begitu, Misbah mengakui, kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak seperti sekarang, jadi kendala dalam mempertahankan pertanian buah melon di Kubang. Tingginya intensitas hujan yang turun beberapa bulan terakhir ini, berimbas pada kualitas buah melon yang dihasilkan petani. Tak jarang, petani mengelus dada, karena hasil panennya tidak bisa begitu maksimal.

Misbah mengakui, pertanian melon memang sedikit lebih eklusif karena buah ini sangat rentan dengan berbagai penyakit tanaman, terutama saat musim penghujan. Kalau tidak benar-benar merawatnya, maka buah yang dihasilkan tidak akan menembus pangsa pasar seperti sekarang.

“Meski pertanian melon di sini maju, namun saya berharap kedepan, Pemerintah Daerah bisa iklut membantu dalam mengembangkan pangsa pasar baru. Semakin berkembang pertanian melon dengan meluasnya pesanan pasar, jelas berdampak terhadap pendapatan petani,” harap Misbah. (rst)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.