Minggu, 27 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Buah Melon Asal Kubang, Tembus Pasar Asia

Rustandi Zaelani

Sabtu, 18 Februari 2017 - 06:40 WIB

Foto: BC/Rustandi Zaelani
Foto: BC/Rustandi Zaelani
A A A

BERITACIANJUR.COM - Siapa yang bisa menyangka, kalau hasil pertanian masyarakat di Desa Kubang, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, sanggup menembus pangsa pasar Asia. Padahal, selama ini masyarakat kota beranggapan, daerah yang berada jauh menjolok dari kawasan kota, hanya bisa menghasilkan produk pertanian alakadarnya untuk memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari.

Melon, ya varietas buah melon yang dikembangkan masyarakat di Desa Kubang, sudah diakui kualitasnya oleh masyarakat Asia. Keberhasilan mengembangkan buah melon, terbukti menjadi bantalan ekonomi petani di sana. Setidaknya, dengan harga yang lebih sedikit mahal, ketimbang dijual ke pasar lokal, Petani Desa Kubang, bisa menimati hasil lebih layak.

Kepala Desa Kubang, Misbah mengungkapkan, selama ini melon yang dihasilkan dari pertanian rakyat di desanya terdistribusi ke Malaysia, Singapura, bahkan Jepang. Terkait pengiriman, masyarakat biasanya menjual ke penampung yang telah dipercaya sejumlah perusahaan pemesan dari luar negeri. Melon yang dipanen, spesifikasinya telah ditentukan, agar tidak ada buah yang dikembalikan akibat tidak memenuhi standar.

“Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi desa kami yang berada begitu jauh dari Kota Cianjur. Bahkan, kedepan ada harapan agar pertanian melon yang selama ini dikelola petani, jadi bagian BUMDes,” kata Misbah saat dihubungi wartawan belum lama ini.

Meski begitu, Misbah mengakui, kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak seperti sekarang, jadi kendala dalam mempertahankan pertanian buah melon di Kubang. Tingginya intensitas hujan yang turun beberapa bulan terakhir ini, berimbas pada kualitas buah melon yang dihasilkan petani. Tak jarang, petani mengelus dada, karena hasil panennya tidak bisa begitu maksimal.

Misbah mengakui, pertanian melon memang sedikit lebih eklusif karena buah ini sangat rentan dengan berbagai penyakit tanaman, terutama saat musim penghujan. Kalau tidak benar-benar merawatnya, maka buah yang dihasilkan tidak akan menembus pangsa pasar seperti sekarang.

“Meski pertanian melon di sini maju, namun saya berharap kedepan, Pemerintah Daerah bisa iklut membantu dalam mengembangkan pangsa pasar baru. Semakin berkembang pertanian melon dengan meluasnya pesanan pasar, jelas berdampak terhadap pendapatan petani,” harap Misbah. (rst)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 25/05/2018 09:42 WIB

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 25/05/2018 00:23 WIB

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:22 WIB

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:21 WIB

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 25/05/2018 00:13 WIB

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:09 WIB

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:08 WIB

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:07 WIB

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…