Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Rest Area Dadakan Bertebaran

Muhammad Kurnawan

Minggu, 19 Februari 2017 - 16:05 WIB

Foto: BC/Muhammad Kurnawan
Foto: BC/Muhammad Kurnawan
A A A

Tak Hanya Pedagang Diuntungkan, Penumpang Juga Terbantu

BERITACIANJUR.COM - Minimnya keberadaan tempat peristirahatan di Cianjur, mendorong sejumlah lokasi dijadikan rest area dadakan.

Ternyata, tak hanya pedagang yang diuntungkan namun juga para penumpang pun merasa ikut terbantu dengan keberadaannya itu.

Deretan ruko pedagang manisan Cianjur misalnya yang berada di kawasan perlintasan  Sadang, Kecamatan Karangtengah, selalu menjadi rest area dadakan terutama untuk angkutan bis.

Diakui Dicky (42), petugas parkir di lokasi tersebut bahwa areal parkirannya menjadi tempat istirahat bagi para penumpang bis yang melintas dari dua arah berlawanan.

“Tidak hanya bis umum, bis pariwisata juga kadang singgah di sini untuk beristirahat sejenak. Para penumpang juga turut istirahat dan berkeliling, sekadar melihat-lihat atau membeli oleh-oleh khas Cianjur, terutama manisan,” terangnya.

Dia menambahkan, pemilik toko manisan pada umumnya memberi hadiah kepada supir bis yang membawa penumpangnya untuk beristirahat sebentar di toko mereka.

“Ya saling menguntungkan, pedagang barangnya laku terjual, supir bis mendapatkan imbalan karena membawakan pelanggan. Kalau hanya menunggu pembeli lokal, omzet pedagang ga bakal terkejar,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang bis asal Jakarta, Yuyun Lisnawati (35) mengaku, jika dirinya merasa nyaman dengan adanya rest area dadakan tersebut. Lantaran  tidak perlu mencari-cari tempat untuk membeli buah tangan khas Cianjur.

“Di sini bisa beli oleh-oleh khas Cianjur, buat keluarga di rumah, jadi tidak perlu keliling ke tempat lain, mengingat waktu yang mepet,” ujarnya.

Ia berpendapat, bahwa harga yang ditawarkan juga tidak mahal, bahkan tergolong murah. Dirinya mengaku, baru pertama kali mengunjungi Cianjur, dan turun membeli manisan.

“Kalau numpang lewat sudah sering, tapi kalau turun seperti ini dan membeli oleh-oleh baru pertama kalinya,” terangnya. (ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.