Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Ketiga Paslon 'PeDe' Pasang Target Tingkatkan PAD

Putra Lugina Sukma

Kamis, 03 September 2015 - 07:00 WIB

cabup dan cawabup cianjur/BC
cabup dan cawabup cianjur/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Ketiga pasangan calon bupati/wakil bupati Cianjur yang akan berlaga di Pilkada tahun ini, Deni Sunarya alias Gawel, Irvan Rivano Muchtar alias Ipang dan Aldwin Rahardian alias Oki ternyata memiliki rencana yang hampir sama jika terpilih nanti, yakni sama-sama bertekad untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya.

Calon bupati nomor urut 1 dari jalur independen, Gawel menilai, PAD bisa naik jika sektor pariwisata dan pertanian benar-benar dikelola secara optimal. Namun agar kedua sektor tersebut bisa memberikan sumbangsih besar bagi kas daerah, perbaikani infrastruktur menjadi keniscayaan.

“Hasil bumi kita sangat kaya dan berlimpah termasuk juga potensi alamnya atau pariwisatanya. Jika keduanya bisa dimanfaatkan dengan baik saya yakin Cianjur ke depan akan menjadi kabupaten sejahtera,” tutur Gawel kepada ‘BC’, Rabu (2/9).

Jika dua sektor tersebut dikelola benar maka raihan PAD sebesar Rp 800 miliar, sebagaimana ditargetkannya jika terpilih nanti dapat tercapai. “Jika itu tercapai tentunya akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Cianjur,” ujarnya.

Karenanya, terpenting dari itu semua, perbaikan infrastruktur menjadi hal yang mutlak. “Ya atuh, yang paling utamanya mah (infrastruktur, red). Bikin jalan bagus dulu, soalnya siapa yang mau datang kalau jalannya jelek. Akibat jalan jelek juga mengakibatkan pembangunan selama ini tidak merata sehingga masih banyak wilayah di Kab. Cianjur ini yang tertinggal,” ungkapnya.

Sementara cabup nomor urut 2, Ipang tidak menargetkan raihan PAD yang spesifik. Namun ia berjanji akan mengoptimalkan raihan PAD yang sudah ada untuk sektor perbaikan infrastuktur dan pembangunan lainnya.

“Target PAD kita yang riil saja sesuai dengan apa yang kita lihat sekarang. Bukan kita tidak berani menargetkan besar, namun kita lihat realitanya sekarang. Sekitar 10 sampai 20 persen dari pendapatan sekarang saya kira mungkin bisa,” tutur Ipang seraya menilai sektor pariwisata sangat memungkinkan memberikan kontribusi besar bagi raihan PAD ke depannya.

Sedangkan cawabup nomor urut 3, Oki berpandangan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan daerah tentunya harus memiliki anggaran dari pendapatan yang cukup besar.  Untuk itu, ia optimis bisa meningkatkan PAD Cianjur hingga Rp 1 triliun per tahun.

“Kita harus bicara optimis, selain optimis kita pun bisa bicara realitis, dengan angka seperti itu, saya yakin Cianjur bisa mencapainya dengan mengembangkan potensi yang ada,” tekadnya.

Menurut Oki, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan tidak selalu harus bersumber dari PAD, namun juga bisa didapat melalui kerjasama dengan pihak-pihak swasta agar PAD yang ada bisa diperuntukkan bagi hal yang sifatnya urgen.

“Sektor pertanian juga bisa menjadi sumber PAD yang potensial. Karenanya sektor itu harus benar-benar dikelola dengan baik,” tukasnya. (fir)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 39 menit yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 1 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 1 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…