Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ketiga Paslon 'PeDe' Pasang Target Tingkatkan PAD

Putra Lugina Sukma

Kamis, 03 September 2015 - 07:00 WIB

cabup dan cawabup cianjur/BC
cabup dan cawabup cianjur/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Ketiga pasangan calon bupati/wakil bupati Cianjur yang akan berlaga di Pilkada tahun ini, Deni Sunarya alias Gawel, Irvan Rivano Muchtar alias Ipang dan Aldwin Rahardian alias Oki ternyata memiliki rencana yang hampir sama jika terpilih nanti, yakni sama-sama bertekad untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya.

Calon bupati nomor urut 1 dari jalur independen, Gawel menilai, PAD bisa naik jika sektor pariwisata dan pertanian benar-benar dikelola secara optimal. Namun agar kedua sektor tersebut bisa memberikan sumbangsih besar bagi kas daerah, perbaikani infrastruktur menjadi keniscayaan.

“Hasil bumi kita sangat kaya dan berlimpah termasuk juga potensi alamnya atau pariwisatanya. Jika keduanya bisa dimanfaatkan dengan baik saya yakin Cianjur ke depan akan menjadi kabupaten sejahtera,” tutur Gawel kepada ‘BC’, Rabu (2/9).

Jika dua sektor tersebut dikelola benar maka raihan PAD sebesar Rp 800 miliar, sebagaimana ditargetkannya jika terpilih nanti dapat tercapai. “Jika itu tercapai tentunya akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Cianjur,” ujarnya.

Karenanya, terpenting dari itu semua, perbaikan infrastruktur menjadi hal yang mutlak. “Ya atuh, yang paling utamanya mah (infrastruktur, red). Bikin jalan bagus dulu, soalnya siapa yang mau datang kalau jalannya jelek. Akibat jalan jelek juga mengakibatkan pembangunan selama ini tidak merata sehingga masih banyak wilayah di Kab. Cianjur ini yang tertinggal,” ungkapnya.

Sementara cabup nomor urut 2, Ipang tidak menargetkan raihan PAD yang spesifik. Namun ia berjanji akan mengoptimalkan raihan PAD yang sudah ada untuk sektor perbaikan infrastuktur dan pembangunan lainnya.

“Target PAD kita yang riil saja sesuai dengan apa yang kita lihat sekarang. Bukan kita tidak berani menargetkan besar, namun kita lihat realitanya sekarang. Sekitar 10 sampai 20 persen dari pendapatan sekarang saya kira mungkin bisa,” tutur Ipang seraya menilai sektor pariwisata sangat memungkinkan memberikan kontribusi besar bagi raihan PAD ke depannya.

Sedangkan cawabup nomor urut 3, Oki berpandangan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan daerah tentunya harus memiliki anggaran dari pendapatan yang cukup besar.  Untuk itu, ia optimis bisa meningkatkan PAD Cianjur hingga Rp 1 triliun per tahun.

“Kita harus bicara optimis, selain optimis kita pun bisa bicara realitis, dengan angka seperti itu, saya yakin Cianjur bisa mencapainya dengan mengembangkan potensi yang ada,” tekadnya.

Menurut Oki, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan tidak selalu harus bersumber dari PAD, namun juga bisa didapat melalui kerjasama dengan pihak-pihak swasta agar PAD yang ada bisa diperuntukkan bagi hal yang sifatnya urgen.

“Sektor pertanian juga bisa menjadi sumber PAD yang potensial. Karenanya sektor itu harus benar-benar dikelola dengan baik,” tukasnya. (fir)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…