Minggu, 25 Juni 2017 - Pukul 14:05

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

aktualita

Ketiga Paslon 'PeDe' Pasang Target Tingkatkan PAD

Oleh: Putra Lugina Sukma - Kamis 03 September 2015 | 07:00 WIB

Ketiga Paslon 'PeDe' Pasang Target Tingkatkan PAD

cabup dan cawabup cianjur/BC

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Ketiga pasangan calon bupati/wakil bupati Cianjur yang akan berlaga di Pilkada tahun ini, Deni Sunarya alias Gawel, Irvan Rivano Muchtar alias Ipang dan Aldwin Rahardian alias Oki ternyata memiliki rencana yang hampir sama jika terpilih nanti, yakni sama-sama bertekad untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya.

 

Calon bupati nomor urut 1 dari jalur independen, Gawel menilai, PAD bisa naik jika sektor pariwisata dan pertanian benar-benar dikelola secara optimal. Namun agar kedua sektor tersebut bisa memberikan sumbangsih besar bagi kas daerah, perbaikani infrastruktur menjadi keniscayaan.

 

“Hasil bumi kita sangat kaya dan berlimpah termasuk juga potensi alamnya atau pariwisatanya. Jika keduanya bisa dimanfaatkan dengan baik saya yakin Cianjur ke depan akan menjadi kabupaten sejahtera,” tutur Gawel kepada ‘BC’, Rabu (2/9).

 

Jika dua sektor tersebut dikelola benar maka raihan PAD sebesar Rp 800 miliar, sebagaimana ditargetkannya jika terpilih nanti dapat tercapai. “Jika itu tercapai tentunya akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Cianjur,” ujarnya.

 

Karenanya, terpenting dari itu semua, perbaikan infrastruktur menjadi hal yang mutlak. “Ya atuh, yang paling utamanya mah (infrastruktur, red). Bikin jalan bagus dulu, soalnya siapa yang mau datang kalau jalannya jelek. Akibat jalan jelek juga mengakibatkan pembangunan selama ini tidak merata sehingga masih banyak wilayah di Kab. Cianjur ini yang tertinggal,” ungkapnya.

 

Sementara cabup nomor urut 2, Ipang tidak menargetkan raihan PAD yang spesifik. Namun ia berjanji akan mengoptimalkan raihan PAD yang sudah ada untuk sektor perbaikan infrastuktur dan pembangunan lainnya.

 

“Target PAD kita yang riil saja sesuai dengan apa yang kita lihat sekarang. Bukan kita tidak berani menargetkan besar, namun kita lihat realitanya sekarang. Sekitar 10 sampai 20 persen dari pendapatan sekarang saya kira mungkin bisa,” tutur Ipang seraya menilai sektor pariwisata sangat memungkinkan memberikan kontribusi besar bagi raihan PAD ke depannya.

 

Sedangkan cawabup nomor urut 3, Oki berpandangan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan daerah tentunya harus memiliki anggaran dari pendapatan yang cukup besar.  Untuk itu, ia optimis bisa meningkatkan PAD Cianjur hingga Rp 1 triliun per tahun.

 

“Kita harus bicara optimis, selain optimis kita pun bisa bicara realitis, dengan angka seperti itu, saya yakin Cianjur bisa mencapainya dengan mengembangkan potensi yang ada,” tekadnya.

 

Menurut Oki, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan tidak selalu harus bersumber dari PAD, namun juga bisa didapat melalui kerjasama dengan pihak-pihak swasta agar PAD yang ada bisa diperuntukkan bagi hal yang sifatnya urgen.

 

“Sektor pertanian juga bisa menjadi sumber PAD yang potensial. Karenanya sektor itu harus benar-benar dikelola dengan baik,” tukasnya. (fir)

Komentar