Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Jambu Jamaika Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Heri Febriyanto

Senin, 20 Februari 2017 - 11:00 WIB

BC/Heri Febriyanto
BC/Heri Febriyanto
A A A

BERITACIANJUR.COM - Siapa sangka dibalik namanya yang unik, ternyata Jambu Jamaika memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan jambu ini menjadi salah satu buah favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Bagi pengguna kendaraan yang setiap hari melintas di Jalan Raya Cianjur-Cipanas, pasti akan sering melihat buah ini dijual di sepanjang jalan tepatnya di Desa Cijedil, Kecamatan Cugeunang.

Terdapat sedikitnya sepuluh pedagang yang membuka lapak menjual jambu berwarna khas merah itu, dengan harga yang bervariatif. Khusus jambu jamaika berukuran kecil dihargai Rp 20 ribu/kg dan yang berukuran sedang Rp 35 ribu/kg. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar bisa mencapai Rp 40 ribu/kg.

“Sekarang memang sedang musimnya, karena sudah mulai memasuki masa panen, apalagi kalau cuaca bagus bisa tiga sampai empat kali panen,” ujar Anas (25) salah seorang pedagang jambu Jamaika yang ditemui “BC”, Jumat (17/2/2017).

Pria yang mengaku sudah menjual Jambu Jamaika secara turun temurun dari kakeknya itu mengatakan, mendapat pasokan buah tersebut dari wilayah Rajamandala, Padalarang, Ciranjang dan Palabuhan Ratu, Sukabumi.

Menurutnya, dalam satu hari dirinya bisa menjual 20-25 kilogram Jambu Jamaika berukuran kecil dan sedang. Konsumennyapun beragam, dari yang menggunakan sepeda motor hingga mobil pribadi.“Kalau hari-hari biasa banyak pembeli yang menggunakan kendaraan pribadi, namun hari libur ada juga yang menggunakan bis pariwisata,” katanya.

Meski sebulan terakhir deretan lapak penjual jambu Jamaika di sepanjang Jalan Raya Cugeunang sempat tutup, namun beberapa hari ini sudah mulai buka kembali karena memasuki masa panen. “Biasanya kalau panen bisa dua sampai tiga kali, tergantung cuacanya,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, selain menawarkan rasa yang enak ternyata Jambu Jamaika memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Khasiatnya pun beragam, bisa untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, membantu melancarkan sistem pencernaan, sumber energi dan kabohidrat, membantu menguatkan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sariawan, menurunkan demam hingga mencegah terkena penyakit diabetes. (pur)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…