Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkatkan Pelayanan Melalui Kerjasama Lintas Instansi

Apip Samlawi

Senin, 20 Februari 2017 - 13:00 WIB

BC/Apip Samlawi
BC/Apip Samlawi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Pelayanan menjadi salah satu ukuran yang penting bagi intansi pemerintah. Baik buruknya kinerja para abdi Negara, dilihat dan dinilai langsung masyarakatnya melalui tingkat pelayanan yang diberikan.

Menyikapi hal itu, aparatur Kecamatan Bojongpicung terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yaitu dengan memaksimalkan keberadaan OPD dan lembaga lainnya yang ada di wilayah Bojongpicung, seperti jajaran Puskesmas Bojongpicung, Puskesmas Cikondang, MUI, para Kepala desa, UPK PNPM Mandiri dan UPTD Pertanian.

Dimana seluruh pelayanan dilaksanakan sesuai OPD dan lembaga yang membidanginya. Seperti pendatan ibu hamil dan pembinaan menekan Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan dan menekan Angka Kematian Bayi (AKB) dilakukan dengan jajaran pengurus Puskesmas Bojongpicung dan Cikondang. 

Di bidang keagamaan, bekerjasama dengan MUI dan para Kepala desa, mendorong masyarakat melaksanakan Sholat Subuh dan Ashar berjamaah. Sedangkan dibidang ekonomi,   bekerjasama dengan UPK melakukan penyuluhan, pembinaan kesetiap desa tentang bergulirannya Dana Simpan Pinjam.

“Untuk bidang pertanian, kita bekerja sama dengan UPTD Pertanian melakukan pembinaan terhadap  Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Bojongpicung,”ujar Camat Bojongpicung, Hendi Prasetyadhi kepada Berita Cianjur, Jumat (17/2/2017).

Kegiatan kerjasama pelayanan terhadap masyarakat itu, jelas Hendi, tiada lain bertujuan untuk mensejahtrakan seluruh warga Kecamatan Bojongpicung itu sendiri. Pihaknya berharap nantinya akan tumbuh kesadaran dari diri masyarakat, artinya mereka tidak hanya menunggu ajakan para OPD, para Kepala desa ataupun lembaga lainnya.

“Kalau semuanya tidak dilakukan bersama-sama maka tujuan pelayanan tidak akan tercapi sebagaimana yang diharapkan semua pihak,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Cikondang Sukar Wijaya (50) menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah Kecamatan Bojongpicung. seperti memberikan sosialisasi dan pembinaan tentang kesejahtraan masyarakat, khususnya dalam upaya menekan AKI-AKB kepada seluruh jajaran Puskesmas Cikondang, Bidan Desa, paraji (Dukun Beranak), PKK desa dan para kader Posyandu. 

“Upaya ini sangat bagus, jajaran Kecamatan dan puskesmas bersama-sama terjun langsung ke lapangan melaksanakan pembinaan terhadap paraji dan seluruh warga yang sedang hamil,”kata Sukar..

“Dengan adanya itu, semoga AKI dan AKB yang ada diwilayah kerja Puskesmas Cikondang, seperti halnya Desa Cikondang, Sukajaya, Sukarama dan Desa Jatisari,  bisa teratasi dengan baik dan keserjahtraan warganya benar meningkat,”tandasnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?