Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Singkong Ala Thailand Menjadi Salah Satu Menu Andalan yang Diburu Konsumen

Cr8

Senin, 20 Februari 2017 - 13:30 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

Dapur Kabita Mami Elin Tawarkan Kuliner Kreasi 

BERITACIANJUR.COM - Singkong itulah salah satu ciri khas masakan kuliner yang disajikan di Dapur Kabita Mami Elin. Berkat kepiawaiannya, singkong bisa diolah menjadi masakan yang memiliki citra rasa cukup tinggi. Sebut saja seperti singkong ala Thailand ada juga cilok kuah, tahu gejrot hingga mie so cool.

Menurut pemilik usaha kuliner Dapur Kabita Mami Elin, Elin Rismayanti (32), usaha yang dirintisnya di jalan Arif Rahman Hakim, Gang Abuya Ismu, Kampung Lembur Tengah, Kecamatan Cianjur itu bermula dari iseng mengembangkan hobi kulinernya.

“Dari iseng-iseng awalnya, dibagikan gratis ke tetangga dan kerabat untuk dicoba, ternyata hasilnya di luar dugaan, yang memesan cukup banyak. Awal buka saja yang memesan sampai 150 pesanan, akhirnya saya putuskan serius membuka usaha kuliner,” kata Elin saat ditemui "BC", Jumat (17/2/2017)

Dalam proses pembuatannya, seluruhnya dikerjakan di rumah, mengingat untuk menyewa tempat yang lebih strategis membutuhkan dana yang lumayan cukup besar baginya. Meski begitu, peminat yang memesan tiap hari selalu meningkat.

 
“Setiap harinya rata-rata 200 pesanan yang saya terima, dalam bulan ini, memang lebih banyak yang memesan singkong ala Thailand dan Mie So Cool,” terangnya.

 
Lebih rinci, Elin membeberkan mengenai Singkong ala Thailand dan Mie So Cool. Meski diberi nama Singkong ala Thailand sebenarnya hanya pengolahan Singkong saja yang ditiru, tetapi untuk krim dan topingnya kreasinya sendiri.

 
“Krim dapat disesuaikan selera, kami menyediakan krim susu, durian, santan, green tea hingga full susu. Variasi toping juga bermacam-macam, keju, silverqueen, kitkat, stroberi, melt coklat, hingga ceres. Kalau Mie So Cool, sebenarnya itu seperti sup buah, hanya saja jelly saya bentuk sepeti mie, sehingga seperti mie kuah tampilannya, ditambahkan pula jelly berbentuk telur yang dipotong setengah, ” jelasnya.

 
Promosi usahanya lebih diberatkan pada media sosial, oleh karena itu yang memesan kuliner kreasinya dari berbagai kalangan, hingga luar kota Cianjur. Namun untuk luar kota hanya menerima pesanan dalam jumlah besar. Mengingat kuliner kreasinya tidak tahan lama jika harus melalui pengiriman, dikhawatirkan basi dan rusak.

 
“Yang sering memesan biasanya pegawai BCA, BJB, perumahan, kompleks pertokoan, dan tetangga sekitar. Ini juga baru masuk pesanan untuk Ciranjang, kami juga mengantar pesanan jika jumlahnya banyak,” ujarnya.

 
Kuliner kreasinya dibagi berdasarkan tiga ukuran, yang kecil beratnya 200 gram, sedang 400 gram dan besar 650 gram. Sedangkan harga dibandrol antara Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu, sesuai kombinasi yang diinginkan pemesan.

“Ukuran beratnya sih rata-rata belum baku, kombinasi suka-suka yang pesan, mau pakai apa saja bisa, dengan biaya tambahan tentunya, sebutkan aja permintaannya, kami yang sajikan khusus buat anda,” ungkapnya sembari tersenyum. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…