Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Singkong Ala Thailand Menjadi Salah Satu Menu Andalan yang Diburu Konsumen

Cr8

Senin, 20 Februari 2017 - 13:30 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

Dapur Kabita Mami Elin Tawarkan Kuliner Kreasi 

BERITACIANJUR.COM - Singkong itulah salah satu ciri khas masakan kuliner yang disajikan di Dapur Kabita Mami Elin. Berkat kepiawaiannya, singkong bisa diolah menjadi masakan yang memiliki citra rasa cukup tinggi. Sebut saja seperti singkong ala Thailand ada juga cilok kuah, tahu gejrot hingga mie so cool.

Menurut pemilik usaha kuliner Dapur Kabita Mami Elin, Elin Rismayanti (32), usaha yang dirintisnya di jalan Arif Rahman Hakim, Gang Abuya Ismu, Kampung Lembur Tengah, Kecamatan Cianjur itu bermula dari iseng mengembangkan hobi kulinernya.

“Dari iseng-iseng awalnya, dibagikan gratis ke tetangga dan kerabat untuk dicoba, ternyata hasilnya di luar dugaan, yang memesan cukup banyak. Awal buka saja yang memesan sampai 150 pesanan, akhirnya saya putuskan serius membuka usaha kuliner,” kata Elin saat ditemui "BC", Jumat (17/2/2017)

Dalam proses pembuatannya, seluruhnya dikerjakan di rumah, mengingat untuk menyewa tempat yang lebih strategis membutuhkan dana yang lumayan cukup besar baginya. Meski begitu, peminat yang memesan tiap hari selalu meningkat.

 
“Setiap harinya rata-rata 200 pesanan yang saya terima, dalam bulan ini, memang lebih banyak yang memesan singkong ala Thailand dan Mie So Cool,” terangnya.

 
Lebih rinci, Elin membeberkan mengenai Singkong ala Thailand dan Mie So Cool. Meski diberi nama Singkong ala Thailand sebenarnya hanya pengolahan Singkong saja yang ditiru, tetapi untuk krim dan topingnya kreasinya sendiri.

 
“Krim dapat disesuaikan selera, kami menyediakan krim susu, durian, santan, green tea hingga full susu. Variasi toping juga bermacam-macam, keju, silverqueen, kitkat, stroberi, melt coklat, hingga ceres. Kalau Mie So Cool, sebenarnya itu seperti sup buah, hanya saja jelly saya bentuk sepeti mie, sehingga seperti mie kuah tampilannya, ditambahkan pula jelly berbentuk telur yang dipotong setengah, ” jelasnya.

 
Promosi usahanya lebih diberatkan pada media sosial, oleh karena itu yang memesan kuliner kreasinya dari berbagai kalangan, hingga luar kota Cianjur. Namun untuk luar kota hanya menerima pesanan dalam jumlah besar. Mengingat kuliner kreasinya tidak tahan lama jika harus melalui pengiriman, dikhawatirkan basi dan rusak.

 
“Yang sering memesan biasanya pegawai BCA, BJB, perumahan, kompleks pertokoan, dan tetangga sekitar. Ini juga baru masuk pesanan untuk Ciranjang, kami juga mengantar pesanan jika jumlahnya banyak,” ujarnya.

 
Kuliner kreasinya dibagi berdasarkan tiga ukuran, yang kecil beratnya 200 gram, sedang 400 gram dan besar 650 gram. Sedangkan harga dibandrol antara Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu, sesuai kombinasi yang diinginkan pemesan.

“Ukuran beratnya sih rata-rata belum baku, kombinasi suka-suka yang pesan, mau pakai apa saja bisa, dengan biaya tambahan tentunya, sebutkan aja permintaannya, kami yang sajikan khusus buat anda,” ungkapnya sembari tersenyum. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Aktualita 14 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…