Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Singkong Ala Thailand Menjadi Salah Satu Menu Andalan yang Diburu Konsumen

Cr8

Senin, 20 Februari 2017 - 13:30 WIB

BC/CR8
BC/CR8
A A A

Dapur Kabita Mami Elin Tawarkan Kuliner Kreasi 

BERITACIANJUR.COM - Singkong itulah salah satu ciri khas masakan kuliner yang disajikan di Dapur Kabita Mami Elin. Berkat kepiawaiannya, singkong bisa diolah menjadi masakan yang memiliki citra rasa cukup tinggi. Sebut saja seperti singkong ala Thailand ada juga cilok kuah, tahu gejrot hingga mie so cool.

Menurut pemilik usaha kuliner Dapur Kabita Mami Elin, Elin Rismayanti (32), usaha yang dirintisnya di jalan Arif Rahman Hakim, Gang Abuya Ismu, Kampung Lembur Tengah, Kecamatan Cianjur itu bermula dari iseng mengembangkan hobi kulinernya.

“Dari iseng-iseng awalnya, dibagikan gratis ke tetangga dan kerabat untuk dicoba, ternyata hasilnya di luar dugaan, yang memesan cukup banyak. Awal buka saja yang memesan sampai 150 pesanan, akhirnya saya putuskan serius membuka usaha kuliner,” kata Elin saat ditemui "BC", Jumat (17/2/2017)

Dalam proses pembuatannya, seluruhnya dikerjakan di rumah, mengingat untuk menyewa tempat yang lebih strategis membutuhkan dana yang lumayan cukup besar baginya. Meski begitu, peminat yang memesan tiap hari selalu meningkat.

 
“Setiap harinya rata-rata 200 pesanan yang saya terima, dalam bulan ini, memang lebih banyak yang memesan singkong ala Thailand dan Mie So Cool,” terangnya.

 
Lebih rinci, Elin membeberkan mengenai Singkong ala Thailand dan Mie So Cool. Meski diberi nama Singkong ala Thailand sebenarnya hanya pengolahan Singkong saja yang ditiru, tetapi untuk krim dan topingnya kreasinya sendiri.

 
“Krim dapat disesuaikan selera, kami menyediakan krim susu, durian, santan, green tea hingga full susu. Variasi toping juga bermacam-macam, keju, silverqueen, kitkat, stroberi, melt coklat, hingga ceres. Kalau Mie So Cool, sebenarnya itu seperti sup buah, hanya saja jelly saya bentuk sepeti mie, sehingga seperti mie kuah tampilannya, ditambahkan pula jelly berbentuk telur yang dipotong setengah, ” jelasnya.

 
Promosi usahanya lebih diberatkan pada media sosial, oleh karena itu yang memesan kuliner kreasinya dari berbagai kalangan, hingga luar kota Cianjur. Namun untuk luar kota hanya menerima pesanan dalam jumlah besar. Mengingat kuliner kreasinya tidak tahan lama jika harus melalui pengiriman, dikhawatirkan basi dan rusak.

 
“Yang sering memesan biasanya pegawai BCA, BJB, perumahan, kompleks pertokoan, dan tetangga sekitar. Ini juga baru masuk pesanan untuk Ciranjang, kami juga mengantar pesanan jika jumlahnya banyak,” ujarnya.

 
Kuliner kreasinya dibagi berdasarkan tiga ukuran, yang kecil beratnya 200 gram, sedang 400 gram dan besar 650 gram. Sedangkan harga dibandrol antara Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu, sesuai kombinasi yang diinginkan pemesan.

“Ukuran beratnya sih rata-rata belum baku, kombinasi suka-suka yang pesan, mau pakai apa saja bisa, dengan biaya tambahan tentunya, sebutkan aja permintaannya, kami yang sajikan khusus buat anda,” ungkapnya sembari tersenyum. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 35 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 40 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…