Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Pemkab Ubah Pasar Cipanas Menjadi BUMD

Heri Febriyanto

Selasa, 21 Februari 2017 - 15:00 WIB

A A A

Bursa Calon Dirut BUMD Pasar Sudah Ramai Diperbincangkan

BERITACIANJUR.COM - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mengubah status Pasar Cipanas menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ramai diperbincangkan, termasuk beredarnya sejumlah pihak yang ingin mencalonkan sebagai Dirut di pasar terbesar di Cipanas itu.

Padahal, hingga kini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pembentukan BUMD Perdagangan masih dalam kajian Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menanggapi hal itu, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, dan Perdaganagn (Diskopperdagin) Kabupaten Cianjur, Yana Kamaludin menjelaskan, jika raperda bertajuk BUMD Perdagangan saat ini masih dalam proses penggodokan oleh biro hukum Pemprov Jabar.

"Sekarang masih dipelajari, mudah-mudahan akhir bulan ini akan dikembalikan lagi untuk dibahas kembali di kabupaten," jelas Yana, saat ditemui "BC" di ruang kerjanya, Senin (20/2/2017).

Terkait dengan mulai ramainya isu pencalonan Dirut BUMD Perdagangan , Yana menegaskan, pihaknya belum bisa berbicara tentang perekrutan personil karena lembaganya saja belum terbentuk. "Kalau sudah terbentuk, nantinya perekrutan personil pengurus langsung oleh BUMD itu sendiri," tegasnya.

Yana menyebutkan, jika raperda itu sudah disahkan nantinya akan ada turunan berupa Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang petunjuk pelaksanaan (juklak). Dimana nantinya akan mengatur tentang proses seleksi yang rencananya akan dilakukan oleh tim independen yang bekerja secara profesional. "Intinya kita belum mengarah kepada perekritan untuk calon direksi dan sebagainya, karena aturannya masih dalam kajian," katanya.

Diungkapkannya, siapapun bisa mendaftar sebagai calon Dirut BUMD sesuai dengan persyaratan nantinya. Hanya saja bagi PNS yang akan ikut seleksi, terlebih dahulu harus mengundurkan diri karena ini BUMD.

Secara terpisah, Kepala UPTD Pasar Cipanas, Kusmiaji saat dikonfirmasi mengatakan, jika sampai saat ini suasana di pasar masih adem ayem saja belum ramai dibicarakan oleh para pedagang. "Kalau diluar mungkin sudah ramai, tapi di dalam pasar masih biasa dan belum ada respon dari para pedagang," ujar Kusmiaji.

Kusmiaji mengakui,  jika Pemkab Cianjur memang sudah mewacanakan dibentuknya BUMD untuk mengelola pasar dan bahkan hal ini sudah diinformasikan ke para pedagang oleh para petugas. "Bagi saya dan petugas ok ok saja, mengikuti tapi kalau pedagang belum ada respon," katanya.

Saat ditanya apakah dirinya akan ikut mencalonkan sebagai Dirut BUMD, Kusmiaji belum mau berkomentar apakah akan ikut atau tidak.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Cipanas, Solihin menilai, rencana perubahan status Pasar Cipanas menjadi BUMD lebih kepada untuk mengoptimalkan pengelolaan pasar menjadi profesional dan menghasilkan PAD bagi Pemkab Cianjur. "Sudah saatnya pasar yang saat ini dikelola oleh Diskopperdagin, dikelola oleh BUMD atau perusahaan daerah pasar," katanya.

Dirinya ingin, ketika Pasar Cipanas berubah menjadi BUMD bisa lebih menjalin sinergitas dengan jajaran stakeholder termasuk mitra-mitra pelaku ekonomi beserta pasar yang dikelola oleh pihak swasta. "Kesimpulannya dengan BUMD pengelolaannya lebih positif ada peningkatan dan optimalisasi, sehingga inovasi bisnis serta usaha akan lebih muncul," katanya.

Hanya saja Solihin mengingatkan, Pasar Cipanas kedepan harus dikelola oleh orang-orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mengelola perdagangan. "Jangan sampai Bupati menunjuk Dirut BUMD yang tidak ada pengalaman di dunia perdagangan atau lebih kepada balas jasa politik," ucapnya.

Makanya, penunjukan pimpinan atau jajaran direksi BUMD harus dilakukan secara objektifitas yang memiliki kemampuan untuk berkontribusi membangun daerah. Sehingga proses seleksinya nanti perlu dilakukan secara terbuka melibatkan tim independen. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?