Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Pesona Pantai di Agrabinta

Nuki Nugraha

Selasa, 21 Februari 2017 - 17:30 WIB

Istimewa
Istimewa
A A A

Bupati Tinjau Lokasi Pantai Lugina dan Sinar Laut

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah lokasi wisata di Kecamatan Agrabinta diyakini berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Seperti halnya Pantai Lugina di Desa Wanasari dan Sinar Laut di Desa Sinar Laut. Kedua pantai di Agrabinta ini masih sangat alami dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama dengan keluarga.

Kunjungan wisatawan ke lokasi diperkirakan masih terbilang kurang. Minimnya publikasi dan promosi terkait keberadaan pantai itu besar kemungkinan menjadi penyebabnya. Padahal pesona pemandangan alami yang dimiliki kedua pantai cukup menjanjikan dan mampu bersaing dengan pantai yang dimiliki daerah lain.

Melihat besarnya potensi wisata pantai di Agrabinta, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar langsung meninjau ke lokasi. Merasa penasaran, didampingi istri (Ratu Eliesye,red) bersama jajaran Pemkab Cianjur, orang nomor satu di Cianjur itu menyempatkan diri untuk melihat secara langsung potensi wisata yang berada di Desa Sinar Laut dan Pantai Lugina.

Kunjungan ke pantai di Desa Sinar Laut, Bupati dan rekan mengambil rute dari Bojong terong Desa Mekarsari dengan menggunakan Congkreng ( perahu kecil ) menelusuri Sungai Cisokan melewati Leuwi Salatri, Leuwi Kincir, Muara Cikanang dan Sungai Citoe dan akhirnya sampai di kampung Tipar II Rt 05 Rw 02 Desa Sinar Laut.

“Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kita disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain panorama alam bentangan pantai disana terdapat tanaman mangrove eskosistem hutan khas pantai,”ujar  Ketua Komisi Pohon Indonesia (KPI) Cianjur, Mudrik yang turut mendampingi Bupati ke lokasi.

Rombongan juga disuguhkan sebuah pemandangan unik yaitu berupa alat penangkap ikan yang biasa digunakan masyarakat setempat. Mereka biasa menyebut Anco (alat tersebut terbuat dari bambu dan jaring), dengan menggunakan Jodang ( terbuat dari kawat ) juga dengan Pintur ( seperti sarang burung). Selin itu, ada juga tradisi unik yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat. Pada waktu tertentu mereka mengadakan sebuah acara dinamakan Pesta Bugel. 

“Jadi pesta Bugel itu digelar menjelang musim kemarau panjang dilokasi pasir Cisokan yang terbendung secara alami. Berbondong-bondong warga datang kesana untuk menangkap ikan, udang, kepiting dan hewan lainnya,”kata Mudrik.

Masih disekitar desa Sinar Laut, Bupati mengunjungi loaksi gunung Raga Diam, disana ada tanaman pohon kelapa yang rindang, tempat orang berjiarah, bila dilihat dari tempat itu pesisir pantai dan pemukiman penduduk terlihat dengan jelas.

Melihat aneka potensi itu, Bupati berkeinginan mengintegrasikan menjadi satu kesatuan yang utuh saling terhubung, tanpa merubah ciri khasnya daerah tersebut, sehingga pada akhirnya akan menjadi sebuah destinasi wisata yang berbeda dengan tempat lainnya di Cianjur.

“Saya ingin mengintegrasikan semuanya jadi satu kesatuan. Intinya, dengan semua potensi itu mudah-mudahan akan dapat terasa manfaatnya bagi semua,” ujar Bupati.

Tinjauan ke Pantai Lugina

Setelah ke lokasi pantai di Desa Sinar Laut, rombongan lanjut meninjau potensi wisata pantai Lugina yang berada di Desa Wanasari Kecamatan Agrabinta.

Pantai Lugina ini bila ditempuh dari jalan Lintas Selatan bisa ditempuh kurang dari 15 menit dengan jarak tempuh 2,5km bisa menggunakan rute jalan Lintas Selatan masuk ke wilayah desa Wanasri kampung pasir waringin kemudian ke kampung Cibadak sampailah ke daerah pantai Lugina.

Masih di sekitar pantai Lugina Bupati mengunjungi sebuah bungker atau istilah warga setempat menyebutnya Gedong Peuteng ( bangunan tua peninggalan jaman belanda ) kalau dilihat dari tata bangunan mungkin dulunya merupakan sarana pengintai musuh.

Masih di daerah pantai Lugina terakhir Bupati berkunjung ke pasar tradisional yang hanya satu hari buka dalam seminggu yakni hari sabtu saja. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…