Selasa, 24 Oktober 2017 - Pukul 00:04

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Pesona Pantai di Agrabinta

Oleh: Nuki Nugraha - Selasa 21 Pebruari 2017 | 17:30 WIB

Pesona Pantai di Agrabinta

Istimewa

Bupati Tinjau Lokasi Pantai Lugina dan Sinar Laut

 

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah lokasi wisata di Kecamatan Agrabinta diyakini berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Seperti halnya Pantai Lugina di Desa Wanasari dan Sinar Laut di Desa Sinar Laut. Kedua pantai di Agrabinta ini masih sangat alami dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama dengan keluarga.

 

Kunjungan wisatawan ke lokasi diperkirakan masih terbilang kurang. Minimnya publikasi dan promosi terkait keberadaan pantai itu besar kemungkinan menjadi penyebabnya. Padahal pesona pemandangan alami yang dimiliki kedua pantai cukup menjanjikan dan mampu bersaing dengan pantai yang dimiliki daerah lain.

 

Melihat besarnya potensi wisata pantai di Agrabinta, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar langsung meninjau ke lokasi. Merasa penasaran, didampingi istri (Ratu Eliesye,red) bersama jajaran Pemkab Cianjur, orang nomor satu di Cianjur itu menyempatkan diri untuk melihat secara langsung potensi wisata yang berada di Desa Sinar Laut dan Pantai Lugina.

 

 

Kunjungan ke pantai di Desa Sinar Laut, Bupati dan rekan mengambil rute dari Bojong terong Desa Mekarsari dengan menggunakan Congkreng ( perahu kecil ) menelusuri Sungai Cisokan melewati Leuwi Salatri, Leuwi Kincir, Muara Cikanang dan Sungai Citoe dan akhirnya sampai di kampung Tipar II Rt 05 Rw 02 Desa Sinar Laut.

 

“Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kita disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain panorama alam bentangan pantai disana terdapat tanaman mangrove eskosistem hutan khas pantai,”ujar  Ketua Komisi Pohon Indonesia (KPI) Cianjur, Mudrik yang turut mendampingi Bupati ke lokasi.

 

Rombongan juga disuguhkan sebuah pemandangan unik yaitu berupa alat penangkap ikan yang biasa digunakan masyarakat setempat. Mereka biasa menyebut Anco (alat tersebut terbuat dari bambu dan jaring), dengan menggunakan Jodang ( terbuat dari kawat ) juga dengan Pintur ( seperti sarang burung). Selin itu, ada juga tradisi unik yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat. Pada waktu tertentu mereka mengadakan sebuah acara dinamakan Pesta Bugel. 

 

“Jadi pesta Bugel itu digelar menjelang musim kemarau panjang dilokasi pasir Cisokan yang terbendung secara alami. Berbondong-bondong warga datang kesana untuk menangkap ikan, udang, kepiting dan hewan lainnya,”kata Mudrik.

 

Masih disekitar desa Sinar Laut, Bupati mengunjungi loaksi gunung Raga Diam, disana ada tanaman pohon kelapa yang rindang, tempat orang berjiarah, bila dilihat dari tempat itu pesisir pantai dan pemukiman penduduk terlihat dengan jelas.

 

Melihat aneka potensi itu, Bupati berkeinginan mengintegrasikan menjadi satu kesatuan yang utuh saling terhubung, tanpa merubah ciri khasnya daerah tersebut, sehingga pada akhirnya akan menjadi sebuah destinasi wisata yang berbeda dengan tempat lainnya di Cianjur.

 

“Saya ingin mengintegrasikan semuanya jadi satu kesatuan. Intinya, dengan semua potensi itu mudah-mudahan akan dapat terasa manfaatnya bagi semua,” ujar Bupati.

 

 

Tinjauan ke Pantai Lugina

Setelah ke lokasi pantai di Desa Sinar Laut, rombongan lanjut meninjau potensi wisata pantai Lugina yang berada di Desa Wanasari Kecamatan Agrabinta.

 

Pantai Lugina ini bila ditempuh dari jalan Lintas Selatan bisa ditempuh kurang dari 15 menit dengan jarak tempuh 2,5km bisa menggunakan rute jalan Lintas Selatan masuk ke wilayah desa Wanasri kampung pasir waringin kemudian ke kampung Cibadak sampailah ke daerah pantai Lugina.

 

Masih di sekitar pantai Lugina Bupati mengunjungi sebuah bungker atau istilah warga setempat menyebutnya Gedong Peuteng ( bangunan tua peninggalan jaman belanda ) kalau dilihat dari tata bangunan mungkin dulunya merupakan sarana pengintai musuh.

 

Masih di daerah pantai Lugina terakhir Bupati berkunjung ke pasar tradisional yang hanya satu hari buka dalam seminggu yakni hari sabtu saja. (nuk)

Komentar