Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Curah Hujan yang Tinggi Pengaruhi Kualitas Susu

Bisri Mustofa

Selasa, 21 Februari 2017 - 18:54 WIB

BC/Dok
BC/Dok
A A A

Kwantitas Produksi Susu Tetap Stabil

BERITACIANJUR.COM - Kualitas produksi susu dari peternak sapi perah di Cianjur utara mengalami penurunan. Hal itu disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi hingga pertengahan Februari 2016. Sementara untuk kuantitas susu, tidak banyak terpengaruh dengan cuaca.

Ketua Koperasi Peternak Susu (KPS) Cianjur Utara, Aan Supendi mengatakan, dampak akibat cuaca yang kurang bersahabat bagi kualitas susu sangat dirasakan. Sedangkan untuk kuantitas susu tidak banyak terpengaruh.

"Dampaknya luar biasa, dalam beberapa bulan terakhir terjadi penurunan kualitas susu  yang dihasilkan dari sapi perah terutama kadar lemak sama Solid non Fat (SNF) akibat perubahan cuaca. Kalau untuk kuantitas tidak begitu berpengaruh," kata Aan saat dihubungi, Senin (20/2/2017).

Aan yang memiliki 170 peternak dengan 470 ekor sapi perah tersebut  dalam mengatasi perubahan cuaca antisapasinya menambah makanan ternak dengan konsentrat. "Ya kita tambah konsentrat, bisa ampas tahu atau jenis lainnya," paparnya.

Hanya saja ia mengakui,sejauh ini menemui kendala untuk mendapatkan bahan baku konsentrat. Dampak cuaca juga berpengaruh banyak. "Biasanya kita mendapatkan bekatul dengan mudah, saat ini agak sulit kalau ada jumlahnya terbatas sedangkan pemakainnya banyak, seperti hukum ekonomi saja barang terbatas akan mempengaruhi harga," tegasnya.

Sulitnya bahan baku konsentrat untuk jenis bekatul itu tidak terlepas akibat sejumlah petani mengalami gagal panen dan penurunan produksi padi yang disebabkan hama dan faktor cuaca. "Kalau panennya menurun, jelas berpengaruh terhadap bekatul yang dihasilkan," kata Aan.

Sementara itu menurut Aan, untuk produksi susu setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 silam, produksi susu yang dihasilkan dari peternak yang tergabung dalam KPS Cianjur Utara  mencapai 3000 liter setiap harinya. "Saat ini ada peningkatan sekitar 3500 liter perhari susu yang dihasilkan," jelasnya.

Untuk pemasaran, pihaknya tidak mengalami kesulitan, karena sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan ternama yang dilakukan sejak tahun 2007 silam. "Awal kerjasamanya dua tahun, kemudian diperpanjang setiap lima tahun sekali dan berlangsung hingga saat ini," paparnya.

Hanya saja pihaknya berupaya tetap menjaga kualitas susu yang dihasilkan dari peternak. Karena kualitas akan mempengaruhi harga jual bagi perusahaan. "Saat ini kita diterima dikisaran harga Rp 5650 per liter, ini juga mengalami kenaikan harga dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 5550. Kita berharap harga dan kualitasnya juga tetap terjaga," tegas Aan. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.