Minggu, 27 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Curah Hujan yang Tinggi Pengaruhi Kualitas Susu

Bisri Mustofa

Selasa, 21 Februari 2017 - 18:54 WIB

BC/Dok
BC/Dok
A A A

Kwantitas Produksi Susu Tetap Stabil

BERITACIANJUR.COM - Kualitas produksi susu dari peternak sapi perah di Cianjur utara mengalami penurunan. Hal itu disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi hingga pertengahan Februari 2016. Sementara untuk kuantitas susu, tidak banyak terpengaruh dengan cuaca.

Ketua Koperasi Peternak Susu (KPS) Cianjur Utara, Aan Supendi mengatakan, dampak akibat cuaca yang kurang bersahabat bagi kualitas susu sangat dirasakan. Sedangkan untuk kuantitas susu tidak banyak terpengaruh.

"Dampaknya luar biasa, dalam beberapa bulan terakhir terjadi penurunan kualitas susu  yang dihasilkan dari sapi perah terutama kadar lemak sama Solid non Fat (SNF) akibat perubahan cuaca. Kalau untuk kuantitas tidak begitu berpengaruh," kata Aan saat dihubungi, Senin (20/2/2017).

Aan yang memiliki 170 peternak dengan 470 ekor sapi perah tersebut  dalam mengatasi perubahan cuaca antisapasinya menambah makanan ternak dengan konsentrat. "Ya kita tambah konsentrat, bisa ampas tahu atau jenis lainnya," paparnya.

Hanya saja ia mengakui,sejauh ini menemui kendala untuk mendapatkan bahan baku konsentrat. Dampak cuaca juga berpengaruh banyak. "Biasanya kita mendapatkan bekatul dengan mudah, saat ini agak sulit kalau ada jumlahnya terbatas sedangkan pemakainnya banyak, seperti hukum ekonomi saja barang terbatas akan mempengaruhi harga," tegasnya.

Sulitnya bahan baku konsentrat untuk jenis bekatul itu tidak terlepas akibat sejumlah petani mengalami gagal panen dan penurunan produksi padi yang disebabkan hama dan faktor cuaca. "Kalau panennya menurun, jelas berpengaruh terhadap bekatul yang dihasilkan," kata Aan.

Sementara itu menurut Aan, untuk produksi susu setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 silam, produksi susu yang dihasilkan dari peternak yang tergabung dalam KPS Cianjur Utara  mencapai 3000 liter setiap harinya. "Saat ini ada peningkatan sekitar 3500 liter perhari susu yang dihasilkan," jelasnya.

Untuk pemasaran, pihaknya tidak mengalami kesulitan, karena sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan ternama yang dilakukan sejak tahun 2007 silam. "Awal kerjasamanya dua tahun, kemudian diperpanjang setiap lima tahun sekali dan berlangsung hingga saat ini," paparnya.

Hanya saja pihaknya berupaya tetap menjaga kualitas susu yang dihasilkan dari peternak. Karena kualitas akan mempengaruhi harga jual bagi perusahaan. "Saat ini kita diterima dikisaran harga Rp 5650 per liter, ini juga mengalami kenaikan harga dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 5550. Kita berharap harga dan kualitasnya juga tetap terjaga," tegas Aan. (bis)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 25/05/2018 09:42 WIB

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 25/05/2018 00:23 WIB

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:22 WIB

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:21 WIB

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 25/05/2018 00:13 WIB

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:09 WIB

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:08 WIB

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:07 WIB

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…