Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:34

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Niat Ibadah, Dede Bersihkan Jalan Puncak Simun

Oleh: Heri Febriyanto - Rabu 22 Pebruari 2017 | 18:59 WIB

Niat Ibadah, Dede Bersihkan Jalan Puncak Simun

BC/Heri Febriyanto

BERITACIANJUR.COM - Mungkin di era saat ini, sudah sangat jarang sekali menemukan orang yang bersedia melakukan kegiatan sosial tanpa mengharapkan pamrih. Salah satunya seperti yang dilakukan Dede Rosadi (47) warga Kampung Tegallega, Desa kubang, Kecamatan Sukaresmi.

 

Didasari niat ibadah, dirinya seorang diri membersihkan rumput ilalang yang tumbuh di sepanjang ruas jalan Puncak Simun selama tiga bulan. Bagi pengguna kendaraan yang melintas mungkin menganggap dirinya hanya orang biasa saja, namun siapa sangka ternyata dirinya merupakan Ketua RT 06/03 di Kampung Tegallaga.

 

Penasaran ingin bertanya lebih jauh alasan dirinya melakukan kegiatan ini, Berita Cianjur bersama rombongan dari Kecamatan Sukaresmi usai meninjau warga di Kampung Cicongkok langsung berhenti di tengah perjalanan tepatnya di Tanjakan Dewi.

 

Saat dihampiri, Dede tampak sedang sibuk membersihkan rumput ilalang yang tumbuh di tebing sepanjang jalan menggunakan sebuah parang. Dirinya baru sadar saat Camat Sukaresmi, Badru beserta rombongan menghampirinya.

 

Setelah berbincang sejenak dengan Camat, dirinya mengaku kalau selama tiga bulan ini membersihkan rumput yang tumbuh di jalan yang memiliki panjang sekitar 3 kilometer itu. “Sendiri saja tidak dibantu siapa-siapa, niatnya karena ibadah saja,” ujar Dede, kepada “BC”, Selasa (21/2/2017).

 

Menurutnya, dari panjang jalan tiga kilometer lebih itu, yang sudah dibersihkan sekitar 1,5 kilometer. Dede termotivasi melakukan aksi itu, selain kotor juga karena setiap malam jalan itu rawan aksi kejahatan. “Kalau malam sangat rawan, minimal setelah dibersihkan bisa lebih terang,” katanya.

 

Lebih jauh dirinya mengatakan, tidak menampik jika ada saja pengguna kendaraan yang melintas memberikan uang sekedar untuk beli minum.”Ada aja rezeki Alhamdulillah diterima, kalau tidak juga gak apa-apa. Karena memang saya melakukannya niat ibadah agar jalan terlihat bersih,” katanya.

 

Hanya saja dirinya memiliki kendala, karena untuk membenarkan saluran air yang ada di sepanjang pinggir jalan memerlukan alat yang lebih bagus. Sedangkan dirinya selama ini hanya menggunakan sebuah parang saja. “Selain bersihkan rumput, juga perlu dibenarkan saluran airnya agar tidak melimpah ke jalan,” tandasnya.

 

Sementara itu, Camat Sukaresmi, Badru mengapersiasi upaya yang dilakukan Dede membersihkan jalan sepanjang tiga kilometer selama tiga bulan dengan seorang diri tanpa dibantu oleh siapapun. “Saya tadi memberikan semangat, apalagi niatnya untuk ibadah. Ini harus menjadi contoh bagi semua warga,” tandasnya singkat seraya memberikan uang ala kadarnya untuk beli minum dan makanan. 

Komentar