Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Niat Ibadah, Dede Bersihkan Jalan Puncak Simun

Heri Febriyanto

Rabu, 22 Februari 2017 - 18:59 WIB

BC/Heri Febriyanto
BC/Heri Febriyanto
A A A

BERITACIANJUR.COM - Mungkin di era saat ini, sudah sangat jarang sekali menemukan orang yang bersedia melakukan kegiatan sosial tanpa mengharapkan pamrih. Salah satunya seperti yang dilakukan Dede Rosadi (47) warga Kampung Tegallega, Desa kubang, Kecamatan Sukaresmi.

Didasari niat ibadah, dirinya seorang diri membersihkan rumput ilalang yang tumbuh di sepanjang ruas jalan Puncak Simun selama tiga bulan. Bagi pengguna kendaraan yang melintas mungkin menganggap dirinya hanya orang biasa saja, namun siapa sangka ternyata dirinya merupakan Ketua RT 06/03 di Kampung Tegallaga.

Penasaran ingin bertanya lebih jauh alasan dirinya melakukan kegiatan ini, Berita Cianjur bersama rombongan dari Kecamatan Sukaresmi usai meninjau warga di Kampung Cicongkok langsung berhenti di tengah perjalanan tepatnya di Tanjakan Dewi.

Saat dihampiri, Dede tampak sedang sibuk membersihkan rumput ilalang yang tumbuh di tebing sepanjang jalan menggunakan sebuah parang. Dirinya baru sadar saat Camat Sukaresmi, Badru beserta rombongan menghampirinya.

Setelah berbincang sejenak dengan Camat, dirinya mengaku kalau selama tiga bulan ini membersihkan rumput yang tumbuh di jalan yang memiliki panjang sekitar 3 kilometer itu. “Sendiri saja tidak dibantu siapa-siapa, niatnya karena ibadah saja,” ujar Dede, kepada “BC”, Selasa (21/2/2017).

Menurutnya, dari panjang jalan tiga kilometer lebih itu, yang sudah dibersihkan sekitar 1,5 kilometer. Dede termotivasi melakukan aksi itu, selain kotor juga karena setiap malam jalan itu rawan aksi kejahatan. “Kalau malam sangat rawan, minimal setelah dibersihkan bisa lebih terang,” katanya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, tidak menampik jika ada saja pengguna kendaraan yang melintas memberikan uang sekedar untuk beli minum.”Ada aja rezeki Alhamdulillah diterima, kalau tidak juga gak apa-apa. Karena memang saya melakukannya niat ibadah agar jalan terlihat bersih,” katanya.

Hanya saja dirinya memiliki kendala, karena untuk membenarkan saluran air yang ada di sepanjang pinggir jalan memerlukan alat yang lebih bagus. Sedangkan dirinya selama ini hanya menggunakan sebuah parang saja. “Selain bersihkan rumput, juga perlu dibenarkan saluran airnya agar tidak melimpah ke jalan,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Sukaresmi, Badru mengapersiasi upaya yang dilakukan Dede membersihkan jalan sepanjang tiga kilometer selama tiga bulan dengan seorang diri tanpa dibantu oleh siapapun. “Saya tadi memberikan semangat, apalagi niatnya untuk ibadah. Ini harus menjadi contoh bagi semua warga,” tandasnya singkat seraya memberikan uang ala kadarnya untuk beli minum dan makanan. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…