Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Niat Ibadah, Dede Bersihkan Jalan Puncak Simun

Heri Febriyanto

Rabu, 22 Februari 2017 - 18:59 WIB

BC/Heri Febriyanto
BC/Heri Febriyanto
A A A

BERITACIANJUR.COM - Mungkin di era saat ini, sudah sangat jarang sekali menemukan orang yang bersedia melakukan kegiatan sosial tanpa mengharapkan pamrih. Salah satunya seperti yang dilakukan Dede Rosadi (47) warga Kampung Tegallega, Desa kubang, Kecamatan Sukaresmi.

Didasari niat ibadah, dirinya seorang diri membersihkan rumput ilalang yang tumbuh di sepanjang ruas jalan Puncak Simun selama tiga bulan. Bagi pengguna kendaraan yang melintas mungkin menganggap dirinya hanya orang biasa saja, namun siapa sangka ternyata dirinya merupakan Ketua RT 06/03 di Kampung Tegallaga.

Penasaran ingin bertanya lebih jauh alasan dirinya melakukan kegiatan ini, Berita Cianjur bersama rombongan dari Kecamatan Sukaresmi usai meninjau warga di Kampung Cicongkok langsung berhenti di tengah perjalanan tepatnya di Tanjakan Dewi.

Saat dihampiri, Dede tampak sedang sibuk membersihkan rumput ilalang yang tumbuh di tebing sepanjang jalan menggunakan sebuah parang. Dirinya baru sadar saat Camat Sukaresmi, Badru beserta rombongan menghampirinya.

Setelah berbincang sejenak dengan Camat, dirinya mengaku kalau selama tiga bulan ini membersihkan rumput yang tumbuh di jalan yang memiliki panjang sekitar 3 kilometer itu. “Sendiri saja tidak dibantu siapa-siapa, niatnya karena ibadah saja,” ujar Dede, kepada “BC”, Selasa (21/2/2017).

Menurutnya, dari panjang jalan tiga kilometer lebih itu, yang sudah dibersihkan sekitar 1,5 kilometer. Dede termotivasi melakukan aksi itu, selain kotor juga karena setiap malam jalan itu rawan aksi kejahatan. “Kalau malam sangat rawan, minimal setelah dibersihkan bisa lebih terang,” katanya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, tidak menampik jika ada saja pengguna kendaraan yang melintas memberikan uang sekedar untuk beli minum.”Ada aja rezeki Alhamdulillah diterima, kalau tidak juga gak apa-apa. Karena memang saya melakukannya niat ibadah agar jalan terlihat bersih,” katanya.

Hanya saja dirinya memiliki kendala, karena untuk membenarkan saluran air yang ada di sepanjang pinggir jalan memerlukan alat yang lebih bagus. Sedangkan dirinya selama ini hanya menggunakan sebuah parang saja. “Selain bersihkan rumput, juga perlu dibenarkan saluran airnya agar tidak melimpah ke jalan,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Sukaresmi, Badru mengapersiasi upaya yang dilakukan Dede membersihkan jalan sepanjang tiga kilometer selama tiga bulan dengan seorang diri tanpa dibantu oleh siapapun. “Saya tadi memberikan semangat, apalagi niatnya untuk ibadah. Ini harus menjadi contoh bagi semua warga,” tandasnya singkat seraya memberikan uang ala kadarnya untuk beli minum dan makanan. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 11 jam yang lalu

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.